Rabu, 01 April 2020

PISAHKAN SEBELUM SAYANG


Oleh                            : Windha Nurhidayati
Nim                             : 183104101176
Mata Kuliah                : Psikologi Lingkungan
Dosen Pengampu        : Dr.,Dra.Arundati Shinta,MA


Garbage atau yang disebut sampah merupakan sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.(World Health Organization)
            Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat akan mengakibatkan
daerah pemukiman-pemukiman semakin luas dan padat oleh jumlah penduduk dan, faktor peningkatan aktivitas manusia yang lebih lanjut akan menyebabkan bertambahnya jumlah sampah yang akan dibuang. Terkadang sampah pun bisa menjadi nilai jual yang tinggi, asalkan kita bisa memanfaatkan serta mengolahnya dengan baik dan telaten. Beberapa jenis sampah yang dapat kita manfaatkan kembali seperti halnya sampah plastik, di mana sampah yang berasal dari plastik tersebut apabila kita buang malah akan menjadi penyebab tidak suburnya tanah di sekitar. Namun, apabila kita bisa memanfaatkannya maka sampah plastik itupun dapat menjadi sumber ekonomi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
            Pengelolaan  sampah secara benar dilingkungan sekitar dimulai dari memilih dan memilah jenis-jenis sampah organik dan anorganik. Selain itu juga cara tersebut dilakukan dengan tanpa biaya, hal tersebut akan memberikan manfaat bagi kehidupan kita sendiri dan orang lain. Cara yang lainnya seperti menyiapkan dua tempat sampah yang satu untuk organik dan yang satunya lagi anorganik, tujuannya agar sampah yang organik atau yang mudah membusuk langsung dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman. Sebab apabila kedua jenis sampah tersebut sudah tercampur maka nilai dan kualitasnya sudah berkurang. Bahkan apabila memang tidak memiliki bakat kreatifitas pada diri maka sampah yang sudah tidak digunakan lagi kita pilih dan ditabung pada bank sampah maka hal tersebut dapat menjadi tambahan pendapatan serta lingkungan rumah pun tetap bersih.
            Sampah anorganik seperti plastik, botol-botolan yang sudah tidak digunakan dan dibuang, apabila tidak dikelola dengan baik dan benar maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi alam dan masyarakat sekitar, dan menyebabkan sumber penyakit bagi tubuh. Mengingat, hal tersebut akan mengundang kuman-kuman dan sangat berbahaya apabila sampai masuk kedalam pemukiman, sampah yang dibuang sembarangan dan menyangkut  pada saluran-saluran air seperti sungai dan got maka itu akan menyumbat dan mengakibatkan banjir. Jadi sebaiknya sampah anorganik di pilih dan bahkan jika bisa didaur ulang atau malah mampu dijadikan sesuatu benda yang baru seperti kerajinan-kerajinan tangan, maka hal tersebut akan memiliki nilai fungsi seperti, membuat kerajinan bunga dari sedotan bekas. Namun apabila memang tidak memiliki bakat kreatifitas pada diri maka sampah yang sudah tidak digunakan lagi kita pilih dan kita tabung di bank sampah terdekat, maka hal tersebut dapat menjadi tambahan pendapatan serta lingkungan rumah pun tetap bersih. Sehingga kejadian yang sangat disayangkan tidak terjadi lagi .





Refrensi :

1.       https://www.zonareferensi.com/pengertian-sampah/ (Diakses 25 maet 2020)


0 komentar:

Posting Komentar