Membangun Taman Bacaan Masyarakat Demi Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia
Butir
Prestasi Mata Kuliah Psikologi Lingkungan
(Semester
4 Genap 2022/2021)
Rahayu (20310410061)
Fakultas
Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen
Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A
Minat
membaca masyarakat Indonesia saat ini sangat rendah. Menurut Menteri
Koordinator Bidang Kesejahteraan H.R Agung Laksono prosentase minat baca atau
ketertarikan masyarakat Indonesia tentang bidang Literasi hanya sebesar 0,01%.
Artinya dari 10.000 orang Indonesia hanya 1 orang saja yang gemar membaca. Selain
itu pemerintah juga terus berupaya dan berusaha untuk mengembangkan
perpustakaan keliling dan koran desa. Harus membangun perpustakaan gampang
diakses dan bisa membuat masyarakat tertarik dengan perpustakaan, ungkapnya.
Diharapkan dengan adanya upaya itu minat baca masyarakat bisa terdorong naik.
Disisi
lain pemerataan pendidikan di indonesia sangatlah kurang terkhusus di kalangan
masyarakat miskin. Maka dari itu saya berinisiatif untuk mengikuti program yang
diadakan Indorelawan salah satu platform
besar atau wadah online untuk mempertemukan relawan dan organisasi/komunitas
sosial. Indorelawan sendiri memiliki program yaitu Generasi Bangun Literasi
tujuannya adalah mengadakan program volunteer selama enam minggu untuk
berpartisipasi aktif membangun ekosistem literasi di Indonesia dan salah satu
contohnya adalah menggalang donasi berbagai macam genre buku kemudian
disalurkan di taman bacaan masyarakat yang ada di Indonesia.
Kemudian
Indorelawan berinisiatif untuk membantu taman bacaan masyarakat yang ada di
indonesia karena peran taman bacaan dan Kehadiran TBM
di tengah-tengah masyarakat
dengan berbagai jenis kegiatannya telah
memberikan alternatif pilihan
bagi masyarakat dalam mengakses
ilmu pengetahuan, menggali dan
menganalisa informasi yang dibutuhkan
serta sebagai tempat rekreasi
keluarga yang aman. Selain itu TBM pun
berfungsi sebagai lembaga pendidikan nonformal
yang secara langsung memberikan kesempatan
kepada masyarakat untuk melaksanakan
pendidikan sepajang hayat.
Berdasarkan
hasil survei di TBM yang berada di kampung Kadu Oncog RT003/RW005 desa
Babakanlor Kecamatan cikedal-Pandeglang dan TBM tersebut bernama TBM Dalillah, peningkatan minat baca masyarakat di sekitar
TBM terlihat dengan
adanya peningkatan jumlah pengunjung
ke TBM dalam perminggunya.
Kunjungan tersebut ada yang bersifat resmi atau kunjungan biasa. Jika
minat kunjungan masyarakat
dapat dijaga secara langsung
akan mempengaruhi minat baca masyarakat di TBM, tingkat
pengetahuan dan wawasan masyarakat
akan meningkat bahkan tidak
tertutup kemingkinan akan menambah
jumlah penduduk yang
melek huruf setiap tahunnya.
Artinya TBM dapat membantu pemerintah
dalam menuntaskan agenda buta
huruf masyarakat. Selanjutnya untuk mempertahankan grafik pengunjung TBM naik
harus adanya program-program yang bisa membuat masyarakat tertarik, merubah
persepsi masyarakat bahwa membaca adalah hal yang membosankan atau monoton,
misal dari segi lingkungan TBM di percantik, atau diadakan lomba bagi anak-anak
yang berhubungan dengan literasi namun kegiatan tersebut dilaksanakan outdoor.
Daftar
Pustaka
Abdul Holik, PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) SUDUT
BACA SOREANG DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI KABUPATEN BANDUNG, Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 No.
1 Juli 2013.
Ade Irma Nursalina
& Tri Esti Budiningsih, HUBUNGAN
MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA PADA ANAK, Educational Psychology
Journal 3 (1) (2014).
Cahya Wulandari
& Rindia Fanny Kusumaningtyas, PEMBENTUKAN
TAMAN BACA SEBAGAI WUJUD PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK DI DESA BERTA,
KECAMATAN SUSUKAN, KABUPATEN BANJARNEGARA, Journal ABDIMAS Vol. 21 No. 1,
Juni 2017.
Azi Saputri & Elfiandri,
MINAT MEMBACA GENERASI MILLENIAL TERHADAP
MEDIA CETAK & MEDIA ONLINE DI KECAMATAN PUSAKO KABUPATEN SIAK, Jurnal
Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK), Vol. 1 No. 1, Maret 2019: Hal
01-00.
0 komentar:
Posting Komentar