Kamis, 05 Januari 2023

Perubahan Diri Dimulai Dengan Konsisten Olahraga

 

Essay Ujian Akhir Semester (2022/2023)

Psikologi Inovasi

Destyara Zulfa Ramadhani (20310410054)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arudati Shinta, M.A

 

Olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang (Kuntjoro, 2020). Olahraga adalah salah satu cara sangat praktis dan sederhana guna menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan pun akan tetap terjaga. Melakukan olahraga tentunya sangat mempunyai manfaat yang begitu banyak. Melakukan kegiatan olahraga juga pasti ada tujuan tertentu, misalnya untuk menjaga kesehatan, untuk menghilangkan jenuh atau stress, untuk melatih diri agar konsisten, dan masih banyak lagi. Irianto (2018) mengatakan kebugaran fisik (physical fitness), yakni kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya.  Adapun cara yang paling tepat untuk memperoleh dan meningkatkan kebugaran fisik yaitu dengan berolahraga. Oleh karena itu, seseorang dalam pemenuhan kebutuhan fisik harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan olahraga agar dapat memperoleh dan meningkatkan kebugaran fisik.

Di dalam perkuliahan Psikologi Inovasi diharapkan mahasiswa mampu melakukan perubahan diri sebagaimana harus dirancang, dilakukan, dan juga dilaporkan. Perubahan diri yang dimaksud merupakan kegiatan olahraga selama 8 minggu dengan adanya prinsip nilai tambah. Dalam melakukan perubahan berarti harus berubah dalam cara mengerjakan atau berfikir tentang sesuatu, yang dapat menjadi hal sulit. Melakukan perubahan tentunya harus membiasakan diri dalam menjalaninya. Membiasakan diri yang saya lakukan yaitu melakukan olahraga rutin. Olahraga rutin yang saya lakukan berupa senam aerobic secara teratur dalam kurun waktu 8 minggu secara berurutan dan konsisten. Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, dapat dilakukan oleh banyak orang dan semua kalangan. Oleh karena itu senam aerobik menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih orang untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Selain itu senam aerobic mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Selain melakukan senam aerobic juga melakukan penambahan berupa skipping. Penambahan nilai yang saya lakukan untuk jumlah setiap skipping dalam setiap minggunya. Melakukan hal tersebut tentunya tidak mudah. Butuh konsisten dan kedisiplinan agar mampu melawan rasa malas yang ada. Berusaha untuk lebih banyak jumlah dalam melakukan tiap skipping dari minggu sebelumnya agar mampu memacu diri untuk lebih semangat dari minggu sebelumnya.

Adapun cara agar kegiatan olahraga tetap berlangsung meskipun sudah tidak mengambil mata kuliah Psikologi Inovasi yaitu sebagai berikut:

a.       Konsisten dalam melakukan olahraga

Berusaha untuk disiplin dan konsisten dalam melakukan olahraga. Jika sudah konsisten nantinya akan terbiasa untuk melakukan hal tersebut.

b.      Manfaat olahraga

Manfaat dari senam aerobic sangat banyak sekali sehingga dapat menjaga agar tubuh teteap fit dan tentunya sehat. Jika tubuh fit maka penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh kita.

c.       Menumbuhkan jiwa sosial

Kegiatan olahraga dapat lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman maupun keluarga. Sambil berbincang dan bertukar cerita dapat menikmati setiap sesi olahraga. Dengan begitu, jiwa sosial akan tumbuh, terutama jika bergabung dengan sebuah komunitas olahraga.

            Menurut saya, melaksanaan kegiatan olahraga itu juga berkaitan dengan readiness to change (kesiapan untuk berubah). Kesiapan individu dalam berubah ialah seberapa besar individu secara kognitif dan emosional menampilkan penerimaan dan usaha untuk dapat melaksanakan rencana dalam rangka melakukan perubahan terhadap kondisi saat itu.

 

Daftar Pustaka

Irianto, D. P. (2018). Dasar-dasar latihan olahraga untuk menjadi atlet juara. Pohon Cahaya.

Kuntjoro, B. F. T. (2020). Rasisme dalam olahraga. Jurnal Penjakora, 7(1), 69-77.

0 komentar:

Posting Komentar