Jumat, 06 Januari 2023

Olahraga Lebih Menyenangkan Jika Bersatu Dengan Alam

 

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

Psikologi Inovasi

(Semester Ganjil 2022/2023)

Ridhwan Fajar (20310410028)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

 


Mata kuliah Psikologi Inovasi mengajak kami untuk melakukan sebuah perubahan diri kita melalui olahraga. Olahraga itu sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Meski sudah tua, kita tetap membutuhkan sesuatu yang disebut aktivitas fisik. Manfaat olahraga bagi kesehatan jelas banyak dan dapat dirasakan oleh semua orang. Tidak dapat disangkal bahwa berolahraga adalah gaya hidup yang harus dilakukan setiap orang agar tetap bugar dan sehat.

Arung jeram adalah olahraga air rekreasi di mana perahu digunakan untuk mengapung di sungai. Banyak orang menyukai olahraga air ini karena menantang dan dapat dilakukan secara berkelompok.

Meski kesannya hanya untuk bersenang-senang, namun olahraga memiliki banyak manfaat baik untuk pikiran maupun tubuh. Jadi, selain bersenang-senang, Saya mendapatkan banyak keuntungan. ingin tahu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini! Manfaat kesehatan dari arung jeram

Selain seru dan menantang, olahraga air ini membuat saya memiliki perubahan pada diri saya yaitu

1. Membangun otot

Arung jeram merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan dan menantang. Anda harus menggunakan tubuh bagian atas untuk mengayuh dengan cepat dan keras menyeberangi sungai.

Tindakan mendayung ini melatih lengan, punggung, dan bahu Anda. Saat kecepatan sungai meningkat dan daya tahan air meningkat, begitu pula kekuatan otot saat Anda mencoba melawan arus.

2. Memberikan kesehatan jantung

Arung jeram adalah aktivitas berat yang membutuhkan daya tahan. Sama seperti olahraga kardio lainnya, arung jeram mampu meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga ini sangat baik untuk melatih kekuatan jantung.

 

Manfaat olahraga arum jeram bagi Kesehatan Mental saya berikut beberapa di antaranya:

 

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Selama proses arung jeram, Anda akan memainkan peran khusus dan memimpin tim untuk menyelesaikan perjalanan. Tentunya hal ini menambah rasa percaya diri anda ketika anda merasa bahwa anda dan tim anda akan sampai tujuan dengan selamat.

 

2. Meredakan stres

Beberapa orang menyukai arung jeram karena menawarkan bentuk pelarian. Semua aktivitas yang Anda lakukan saat rafting efektif untuk mengurangi stres.

 

3. Lepaskan adrenalin

Arung jeram akan memberi Anda kesempatan untuk memompa adrenalin Anda. Adrenalin membuat Anda tetap fokus pada kegembiraan. Karena itu, arung jeram lebih merupakan kegiatan yang menyenangkan daripada olahraga yang berat.

 

4. Berikan pengalaman psikologis

Arung jeram bisa menjadi kegiatan terapi, memberikan pengalaman psikologis yang luar biasa. Itu membebaskan Anda dari semua kekhawatiran, memberi Anda kekuatan untuk menjadi diri sendiri, dan membuat perbedaan besar dalam kerja sama tim. Plus, Anda bisa lebih dekat dengan alam. Selama perjalanan Anda, Anda akan mengalami hambatan, tantangan, dan banyak hal lainnya sebelum Anda mencapai tujuan akhir Anda.

 

5. Bangun kerja sama tim

Arung jeram juga bagus untuk melatih kerja sama tim. Ini akan meningkatkan keterampilan sosial Anda, yang berguna dalam banyak aspek kehidupan sehari-hari. Contohnya termasuk membangun disiplin, keterampilan kepemimpinan, dan menghormati kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota tim.

 

6. Membuat lebih bahagia

Pergi keluar, menghirup udara segar, dan berjemur di bawah sinar matahari dapat sangat memengaruhi suasana hati Anda. Dengan cara ini, arung jeram bisa membuat suasana hati Anda lebih menyenangkan.

 

Daftar pustaka

1.    Fadli, Rizal. (2022). Ini Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental. Halodoc.

2.    Adzani, Fadli. (2020). Mengapa Kita Harus Berolahraga? Ini 10 Alasannya!. Sehatq

0 komentar:

Posting Komentar