Senin, 18 Maret 2024

Esai 1 Psikologi Inovasi : Meringkas Film Youtube " A Beautiful Mind" Puji Astutik ( 21310410164 )

 

A BEAUTIFUL MIND

Oleh Puji Astutik

NIM : 21310410164

Esai 1 : Meringkas Film dari Youtube

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Topik

Kesehatan mental berpengaruh besar terhadap kehidupan seseorang. Mental yang sehat membuat orang lebih bisa berpikir positif serta produktif. Mental yang sakit menyebabkan berbagai gangguan dalam kehidupan utamanya kehidupan sosial.

 

Sumber

A Beautiful Mind |Full Movie |Russell Crowe |A Ron Howard Film -  2:05:52

https://youtu.be/emrL_OG-br0?si=3spI2_72ApWwFohL

 

Ringkasan

John Nash adalah seorang mahasiswa pasca sarjana di Universitas Princeton. John muda merupakan seorang mahasiswa yang genius dan misterius. John mempunyai sahabat seasrama bernama Charles Herman.

Setelah menyelesaikan kuliahnya, John punya karir bagus sebagai peneliti dan pengajar di MIT. Sepulang bekerja John didatangi seorang agen rahasia bernama William Parcher. John diminta memecahkan kode rahasia yang dikirim Uni Soviet.

Di salah satu kelasnya, John bertemu seorang mahasiswi cantik Bernama Alicia. Mereka jatuh cinta dan akhirnya menikah. Saat Alicia hamil, John yang berada di dalam mobil bersama William terlibat baku tembak dengan mata-mata yang hendak membunuh mereka. Hal tersebut memicu ketakutan John dan dia ingin mundur menjadi agen rahasia namun William tidak mengijinkan.

Saat John mengisi acara seminar di Universitas Harvard,  ia ketakutan karena merasa akan ditangkap mata-mata Rusia. Saat berlari keluar , ia diberikan suntikan penenang oleh seorang psikiater bernama Dr Rosen. John dibawa ke rumah sakit jiwa. Dr Rosen menyatakan ke Alicia bahwa John mengidap skizofrenia paranoid. Beberapa kejadian yang dialaminya merupakan halusinasi. Charles herman dan William Parcher adalah tokoh halusinasi John. 

John melakukan pengobatan di rumah sakit dan dilanjutkan di rumah dengan rutin minum obat antipsikotik yang harus diminum tepat waktu. Diam-diam John tidak meminum obat tersebut karena efek obat tersebut membuat tubuhnya lemah dan pikirannya tidak setajam dulu. Dampaknya, tokoh-tokoh halusinasi John muncul Kembali sehingga anaknya hampir tenggelam di dalam Bath up dan mereka juga meminta John menghabisi Alicia. Namun akhirnya John menyadari mereka hanya tokoh halusinasinya.

Perlahan John berdamai dan mengabaikan tokoh halusinasinya. Atas bantuan teman kuliahnya dahulu yang bernama Hansen, John mulai belajar bersosialisasi dan membangun karirnya kembali sebagai pengajar di Universitas Princenton.

Pada Desember 1994, saat usia John sudah tua, ia terpilih sebagai peraih Nobel dalam bidang ekonomi.

 

Permasalahan

Skizofrenia paranoid membuat John terpuruk baik dalam karir atau kehidupan keluarga. Halusinasinya mengganggu seluruh aspek kehidupannya. Butuh waktu lama bagi John untuk berdamai dan mengabaikan halusinasinya. Dukungan sosial dan sikap berdamai dengan penyakit berperan besar dalam proses “penyembuhan” dan menaikkan mental penderita gangguan mental seperti kasus John. Dari keadaan sakit dan gagal mampu termotivasi untuk bangkit.

 

Opini Saya

Ada keadaan dimana saat kondisi sedang baik tiba-tiba ujian penyakit atau lainnya membuat terpuruk. Untuk hal-hal seperti itu sikap terbaik yang dilakukan adalah menerima dan berdamai lalu mencari berbagai alternatif solusi. Keadaan terpuruk tidak boleh membuat kita menyerah. Seperti tokoh John yang  bangkit Kembali membangun karirnya hingga meraih nobel ekonomi. Kitapun harus seperti itu tetap bangkit meski jatuh terpuruk dan berusaha sebaik mungkin melakukan yang bisa dilakukan. Tidak ada usaha yang sia-sia. Dukungan sosial juga hal yang penting untuk membangun motivasi sembuh bagi pasien gangguan mental.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar