Jumat, 22 Maret 2024

Essay 1 Meringkas Film Youtube - SACHUROH

                                                                         

                                                                            The Bilionaire

Psikologi Inovasi Esayy 1 Meringkas film

Dosen Pengampu Dr., Arundati Shinta MA



Sachuroh 21310410165

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 46

Yogyakarta


Topik:

Film ini menceritakan tentang seorang anak sma yang memberanikan diri meminjam uang di bank dengan alasan untuk membangun bisnis, yang bernama Top Itippat. Top ini mempunyai hobi bermain game, hingga ia berani meminjam uang di bank menggunakan rekening pamannya, hingga mampu membeli sebuah mobil, dan top ini selalu bergerak usah maunya sendiri.

Sumber :

https://youtu.be/bsHTAwuZuw0?feature=shared

Ringkasan :

 Tibalah waktu pengumuman kelulusan masuk perguruan tinggi namun top tidak lulus, Top pun mencoba berbisnis DVD hingga membeli banyak sekali namun barang tersebut mudah rusak dan tidak bisa dikembalikan ke tokonya sehingga ia mengalami banyak kerugian. Namun tetap melanjutkan sekolahnya dengan uang hasil menjual perhiasan ibunya, akan tetapi saat berkuliah ia sering bolos.  Top mendatangi food Expo dan di sana banyak sekali mesin-mesin pembuat makanan, iya tertarik membeli mesin pembuat kacang. Top mencoba belajar dari mana saja cara membuat kacang yang enak, dari mulai pedagang yang ada di jalan dan ia mencobanya sendiri. Tibalah ia mengolah kacang tersebut namun dengan beberapa kali percobaan yang gagal hingga akhirnya dapat membuat kacang yang enak, sampai menyewa tempat untuk berjualan kacang. Top tidak menyerah belajar strategi pemasaran dari mana saja akan tetapi pada saat hari pertama berjualan tidak ada yang membelinya hingga ia menemukan strategi yang baru yaitu lokasi berjualan. Ketika top sedang mengikuti ujian kuliah pamannya mengabari bahwa jualannya sangat ramai sehingga top pergi dari ujian tersebut.Suatu ketika pacar top mengenalkan kepadanya camilan rumput laut yang enak hingga terbesit ide untuk berbisnis camilan tersebut. Dan ia memulai untuk berbisnis camilan tersebut akan tetapi dengan percobaan pertama yang gagal hingga ia menjual beberapa barang-barang yang ada di rumah. Iya tidak menyerah sehingga dapat menghasilkan rumput laut yang enak dan berniat untuk mendaftarkan produknya ke seven eleven, datanglah ia ke kantor tersebut dan menjelaskan tentang produknya namun karena pengemasan yang terlalu besar dan harganya terlalu mahal produk tersebut ditolak oleh salah satu karyawan tersebut. Top tidak menyerah ,ia memperbaiki kemasan dan datang ke kantor itu lagi, hingga suatu ketika namanya dipanggil oleh relasi perusahaan untuk melakukan kontrak kerja sama. Namun dengan jumlah yang banyak dan dana yang banyak pula sehingga ia mengajukan pinjaman ke bank, namun karena usianya yang belum cukup pihak bank tidak bisa membantunya, hingga ia pun menjual mobilnya. Top menyewa ruko kosong untuk menjadikan pabrik pembuatan camilan tersebut dan kerja samanya  disetujui oleh pihak perusahaan hingga akhirnya setelah 2 tahun kemudian ia bisa bekerja sama dengan 7-eleven dan membayarkan hutang orang tuanya dan bisa dikatakan sukses sukses di usia muda.

Permasalahan :

Masalah – masalah sering kali menghampiri  top mulai dari kerugian membeli DVD yang hanya sekali pake dan langsung rusak, tidak diterima  di perguruan tinggi negeri, gagalnya bisnis  atau usaha kacanya,  dan proses perbuatan  camilan rumput laut yang belum sesuai dengan keinginan, serta pengajuan usaha nya yang di tolak oleh perusahaan  besar, bahkan ia rela menyewa ruko kosong untuk  produksi  camilannya itu hingga dapat menemukan  kesuksesan  dalam hidupnya.

Opini :

Inovasi merupakan  tujuan seseorang untuk menuju kesuksesan. Perilaku Inovasi ini berkaitan  dengan ide-ide yang kreatif dan menarik. Apapun permasalahan yang terjadi kita dapat mengolah itu menjadi hal yang kreatif dan inovatif dengan pemikiran pemikiran nya yang beda dari mahasiswa pada umumnya.


0 komentar:

Posting Komentar