Jumat, 22 Maret 2024

Essay 1 Meringkas Film Youtube Nurul Ari Hidayah

 

FREEDOM WRITERS 

Tugas Essay1 Psikologi Inovasi : Meringkas Film dari Youtube

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


NURUL ARI HIDAYAH

21310410173

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Topik

Film ini menceritakan tentang seorang wanita yang berpendidikan tinggi, datang ke Woodrow Wilson High School sebagai guru Bahasa Inggris di kelas 203, di mana terdapat beragam gank ras yang selalu mengelompok, seperti ras kamboja, kulit hitam, latin, dan kulit putih, dan pada saat itu sedang hangat diperbincangkan tentang isu rasisme.


Sumber


 https://www.youtube.com/watch?v=ZLLW0sIMLuo


Ringkasan

Freedom Writers merupakan film yang diambil dari kisah nyata dan disutradarai oleh Richard La Gravenese. Freedom writers mengangkat kejadian pada tahun 1994, di mana Erin Gruwell diperankan oleh Hilary Swank seorang guru baru yang mengajar Bahasa inggris di Sekolah Menengah Woodrow Wilson di Long Beach. Sekolah Menengah Woodrow Wilson merupakan sekolah berprestasi, namun berubah sejak kerusuhan rasial di Amerika pada tahun 1992, karena sekolah harus mengadakan program integrasi multi-rasial yang mengharuskan sekolah menampung pelajar korban kekerasan geng rasial.

Alkisah, Erin Gruwell hadir di SMA Woodrow Wilson sebagai guru baru untuk pelajaran bahasa dan sastra. Menjalani debut mengajar, sang guru muda itu semula memasuki kelas dengan semangat bergelora sebagai pendidik. Namun, Erin segera menyadari bahwa tugas barunya bukan hal yang gampang saat melihat anak-anak bengal sekaligus gemar gelut menjejali bangku kelas. Tetapi dihari pertama sekolah Erin terkaget-kaget ketika para siswa segera memisahkan meja mereka menjadi kelompok ras sampai perkelahian pecah selama pelajarannya. Kejadian dihari itu jelas menimbulkan kegelisahan dan keputusasaan di hatinya. Jelas pengalaman ini tidak seperti yang dia pikirkan. Akan tetapi, dia memutuskan untuk terus berjuang,terlepas dari saran ayahnya dan kekhawatiran suaminya. Dia percaya ada cara untuk mengubah masyarakat menjadi lebih baik. Sikap yang dia tunjukan membuat ayahnya (Steve Gruwell) melunak dari waktu ke waktu sampai dia mendukung impian putrinya. Ketika dia menemukan gambar rasis yang digambar oleh salah satu siswa, dia menggunakan momen itu untuk mengajar para siswa tentang Holocaust. Selain itu Erin juga menyuruh mereka untuk menulis apapun di buku dan membaca literatur The Diary of Anne Frank. Seiring dengan berjalannya waktu Erin Gruwell berhasil menangani ketegangan rasial di kelas dan mengubahnya menjadi zona keluarga. Untuk mencapai hasil ini, banyak tantangan yang harus Erin Gruwell hadapi. Dari harus memiliki 3 profesi untuk mencari tambahan dana mengajar muridnya,pihak sekolah tidak mendukung dengan program mengajar Erin Gruwell.

Suaminya yang kecewa dan menceraikannya. Peraturan sekolah membuat Erin Gruwell tak bisa mengajar lagi di kelas selanjutnya.Dari tantangan yang ada, Erin Gruwell tak menyerah dia terus berjuang sampai titik ia bisa kembali mengajar muridnya di kelas berikutnya. Usaha itu pun berhasil, dan Erin Gruwell bisa terus mengajarkan mereka sampai akhir. Untuk tugas akhir Erin Gruwell menugaskan siswanya untuk menulis cerita harian mereka di komputer yang akan dijadikan buku berjudul The Freedom Writers Diary oleh Erin Gruwell.


Permasalahan

Isu general yang ditampilkan dalam Freedoms Writers adalah isu ras. Kita bisa melihatnya di awal film ketika seorang kerabat Eva (murid Erin keturunan Hispanic dan kulit hitam) ditembak oleh seseorang dari ras lain, dan penangkapan ayahnya oleh polisi kulit putih. Kondisi Amerika di tahun 1990-an masih kental dengan nuansa rasisme, dimana masing-masing ras saling berlomba untuk mendapatkan pengakuan. Dengan kondisi keluarga yang kacau balau, masing-masing anak melakukan pelarian dengan bergabung bersama gank yang senasib dan tentu saja beranggotakan satu ras yang sama. Ketika Erin kali pertama melihat situasi sekolah, yang dilihatnya adalah adanya perbedaan antara kelas unggulan (didominasi oleh kulit putih, dan hanya ada satu kulit hitam). Fasilitas kelasnya pun berbeda, mulai dari kursi, papan tulis, hingga buku-buku. Diskriminasi ras yang dilakukan oleh pihak sekolah juga terlihat dari pemberian buku-buku teks bahan ajar. Kelas yang terdiri dari berbagai ras hanya mendapat buku-buku bekas dan usang. Ketika Erin disibukkan dengan aktivitasnya mengubah pola pikir anak didiknya, keutuhan rumah tangganya malah tidak bisa dipertahankan. Suami Erin yang lebih sering berada di rumah merasa dirinya yang menjadi “istri”. Sebetulnya, sang suami sebelumnya mendukung ia menjadi guru, tapi lama-kelamaan ia keberatan karena Erin tidak memiliki waktu banyak untuk melayaninya. Ternyata, pola pikir suami Erin masih seperti orang kebanyakan, cenderung rasis.

 

Opini

Film tersebut menyisipkan pesan moral mengenai semangat dan keinginan anak-anak dalam menggapai pendidikan, sifat pantang menyerah, dan harapan untuk menggapai cita- cita .

Inovasi Pendidikan dalam Film “Freddom Writers” ini dilakukan oleh Erin Gruwell memberikan keuntungan relatif yaitu, nilai siswa-siswa kelas 203 Woodrow Wilson High School yang semula mendapatkan nilai F, pada akhirnya meningkat nilai para siswanya menjadi B, dan hal terpenting dari inovasi yang dilakukan oleh Erin Gruwell menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan  memberi kepuasan bagi para siswanya.

Erin Gruwell juga melakukan inovasi yang disesuaikan dengan pengalaman yang dialami oleh para siswanya, yaitu tentang kekerasan rasis. Dalam proses pembelajarannya Erin memberikan inovasi, misalnya memutarkan video tentang kekerasan dan berkunjung ke museum dengan tujuan siswanya faham bagaimana dampak dari kekerasan.

0 komentar:

Posting Komentar