Jumat, 22 Maret 2024

ESSAY 1 PSIKOLOGI INOVASI : MERINGKAS FILM "A BEAUTIFUL MIND" OLEH DESTI FITRIA SUCI (21310410157)

 

MERINGKAS FILM ‘’ A BEAUTIFUL MIND 2001’’

 

Psikologi Inovasi Essay 1 Meringkas Film YouTube

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 



 

Nama : Desti Fitria Suci

NIM : 21310410157

Kelas : Psikologi SJ

 

 

 

 

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

 

 

 

 

Film A Beautiful Mind ini dibuka dengan Nash muda di tahun 1948 yang memulai hari-hari pertama kuliahnya di Universitas ternama, Princeton University. Nash adalah sosok yang sederhana, jenius, penyendiri, pemalu, rendah diri, introvert, sekaligus aneh. Disamping itu, sosok Nash juga dikenalkan sebagai pribadi yang arogan karena kepandaian yang dia miliki. Hal ini ditujukan ketika Nash lebih memilih untuk meninggalkan kelas dan belajar di luar kelas sendiri, Nash beranggapan bahwa dengan dia mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas, maka hal itu akan membuat otaknya tumpul dan dapat menghilangkan ide orisinal yang dia miliki. Hal inilah yang membuat dia juga tertinggal dari teman-temannya untuk menerbitkan jurnal-jurnal untuk bidang ilmu yang mereka tekuni, karena dia menganggap untuk sekedar menerbitkan sebuah jurnal maka ide yang diangkat untuk menjadi jurnal itu haruslah ide orisinal yang lahir dari pemikiran sendiri, tidak dipengaruhi oleh gaya berpikir tokoh lain.

Di saat kondisi Nash semakin terhimpit karena dia belum juga menemukan ide orisinal untuk laporan disertasinya, di saat itulah Nash bertemu dengan Charles Herman yang tak lain adalah teman sekamar Nash (pada pertengahan cerita diketahui bahwa sosok Charles ini hanyalah delusi yang dialami oleh Nash). Obsesi Nash untuk menciptakan sebuah teori baru digambarkan dari kegiatannya yang suka sekali menulis rumus-rumus persamaan di jendela kamarnya, selain itu Nash juga mencari inspirasi untuk teorinya dari hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya, seperti pergerakan burung merpati yang sedang berebut makan di halaman taman ataupun kejadian pencopetan yang terjadi di jalan raya.

Dengan hadirnya Charles di kehidupan Nash, membuat kehidupan Nash menjadi lebih hidup. Nash mempunyai teman untuk membicarakan keluh kesahnya dan semua beban yang mengganjal di pikirannya. Setelah Nash akhirnya dapat meraih gelar doktornya, Nash mengajar di MIT. Dan pada saat itulah Nash diminta untuk datang ke Pentagon untuk memecahkan sandi rahasia yang dikirimkan tentara Sovyet. Kemudian Nash bertemu dengan agen rahasia William Parcher. Oleh Parcher, Nash diberikan tugas untuk memecahkan sandi-sandi lainnya yang bisa ditemukan dari beberapa surat kabar, sekaligus menjadi mata-mata. Pekerjaan baru Nash inilah yang akhirnya membuat Nash terobsesi dan mengesampingkan hubungannya dengan orang lain di sekitarnya, Nash lebih berfokus dan sibuk dengan dunianya sendiri.

 

Analisis Film perspektif Psikologi

Dalam film A Beautiful Mind, diketahui bawa Nash menderita skizofrenia paranoid, dimana penyakit mental ini membuat penderitanya menyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya. Selain itu, keadaan ini juga didefinisikan sebagai gangguan mental yang ditandai dengan kecurigaan yang tidak rasional atau logis.

Dalam segi psikologi inovasi film "A Beautiful Mind" menciptakan inovasi melalui pemaparan dan pengembangan konsep psikologi terhadap skizofrenia. Film ini menggambarkan skizofrenia, seperti delusi perseguan, waham kebesaran, dan waham pengaruh, yang merupakan bagian dari kondisi pendidikan dan pengalaman yang dihadapi oleh Nash.

Film ini menunjukkan bagaimana pendekatan psikologi dan terapi dapat membantu penderita skizofrenia mengatasi penyakitnya, seperti pendekatan pengembangan keluarga dan perilaku yang mengancam pendidikan. Selain itu, film juga menggambarkan bagaimana pendekatan matematika dan ilmu ekonomi dapat membantu penderita skizofrenia mengatasi penyakitnya.

Dalam hal ini, film "A Beautiful Mind" menggunakan analisis wacana kritis untuk menggambarkan representasi ruang dalam dalam, yang menciptakan inovasi dalam pemahaman psikologi terhadap skizofrenia.

 

 

 

Sumber Film : YouTube

Judul Film : A Beautiful Mind

Durasi Film : 135 menit

https://youtu.be/emrL_OG-br0?si=irHXro7IZEMSZ_70

 

 

0 komentar:

Posting Komentar