Jumat, 22 Maret 2024

ESSAY 1 PSIKOLOGI INOVASI : MERINGKAS FILM "THE AVIATOR" OLEH FAIS FIRMANSYAH (21310410182)

 

MERINGKAS FILM DAN OPINI SAYA TENTANG FILM

THE AVIATOR

Psikologi Inovasi Essay 1 Meringkas Film

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

 



 

Fais Firmansah

21310410182

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Topik

 Film ini menggambarkan hidup dari 1927-1947 di mana saat itu Hughes menjadi produser film yang sukses dan tokoh penerbangan terkenal yang secara bersamaan mengalami hidup tidak stabil karena gangguan obsesif-kompulsif yang parah.

Sumber

The Aviator | Full Movie | 170 menit

https://youtu.be/qmsYCD_gVZk?si=yzyDajobP6zvFDth

Ringkasan

The Aviator bercerita tentang pengusaha, pembuat film dan pembuat sekaligus penerbang pesawat yang bernama Howard Hughes. Hughes menderita OCD (Obsessive-compulsive disorder) saat dewasa.  Ibunya mengatakan pada Hughes yang berusia 9 tahun bahwa ia tidak aman, karena pada saat itu amerika sedang dilanda wabah Kolera.13 tahun kemudian yaitu tahun 1927 Hughes yang berusia 22 tahun membuat film perang, Hell's Angels. Hughes terobsesi pada dunia penerbangan dan pembuatan film, bahkan ia menjadi kameramen saat pembuatan film perang itu. Obsesi Hughes pada pesawat tidak berhenti sampai sini, ia kemudian membuat pesawat tercepat di dunia saat itu. Ia juga meraih rekor penerbangan tercepat mengelilingi dunia, yaitu empat hari.

Seiring berjalannya waktu Hughes mulai menunjukkan perilaku yang mengkhawatirkan. Hughes terkadang mengulang-ulang kalimat yang ia ucapkan dan seperti fobia terhadap debu. Suatu saat rumah Hughes  digeledah FBI. Hughes diduga menggelapkan uang pemerintah dalam pembuatan pesawat, perusahaannya terancam bangkrut. Kejadian ini menyebabkan trauma pada Hughes. Ia mengalani depresi berat setelahnya, mengucilkan dirinya di ruang bioskop pribadinya selama tiga bulan.

Setelah keluar dari kesendiriannya itu, Hughes mengikuti sidang atas kasus penggelapan uang itu. Pemerintah menuduh Hughes melakukan pemborosan uang untuk membuat pesawat yang tidak bisa terbang (Hercules). Hughes akan membuktikan bahwa pesawat itu bisa terbang. Hughes akhirnya sukses dengan penerbangan pesawat Hercules dan mendapat perhatian dunia.

Permasalahan

The Aviator menceritakan perjuangan sosok Howard dalam mencapai segala keinginannya. Dalam film ini, Howard mengidap penyakit OCD, yaitu dimana ia terobsesi dengan kebersihan dan kerapian yang ada di lingkungan sekitar. Mulai dari obsesinya untuk menciptakan film dengan banyak pesawat, hingga kamera untuk setiap adegannya.

Opini Saya

Film ini memiliki pesan kehidupan yang sangat baik untuk para penontonnya. Di sini disebutkan bahwa seseorang yang memiliki kelemahan, tetap bisa berkarya dan menciptakan sesuatu yang mereka inginkan.

 

0 komentar:

Posting Komentar