Jumat, 22 Maret 2024

ESSAY 1 PSIKOLOGI INOVASI : MERINGKAS FILM "RUSH" OLEH IRFAN KUSUMA WARDANI (21310410187)

 

RINGKASAN FILM “RUSH (2013)”

PSIKOLOGI INOVASI ESSAY 1 MERINGKAS FILM

 

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta., M.A.

 



 

 

Oleh:

Irfan Kusuma Wardani

21310410187

 

 

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

 

 


 

TOPIK

Film “Rush” mengisahkan tentang dua legenda besar dalam dunia balap Formula 1. Film ini mengisahkan tentang persaingan antara James Hunt (diperankan oleh Chris Hemsworth) dan pembalap Austria, Niki Lauda (diperankan oleh Daniel Bruhl) di tahun 1970-an. Film Rush dirilis pada tahun 2013 dan disutradarai oleh Ron Howard, yang juga pernah sukses dengan film The DaVinci Code dan Angels and Demon.

SUMBER

Rush (2013) dengan durasi 1:52:40

https://www.youtube.com/watch?v=_zvGAeK4Z74&t=985s

RINGKASAN

Cerita film Rush dimulai pada tahun 1970, dimana James Hunt dan Niki Lauda masih sama – sama menjadi pembalap Formula 3. Hunt adalah pembalap dengan tipe menyerang yang banyak dikagumi wanita. Ia tidak memiliki modal (uang) besar untuk bisa memiliki tim balap Formula 1, sehingga nyali dan kemampuannya menjadi satu – satunya yang dapat ia jual. Sementara Lauda adalah anak pengusaha kaya, namun tidak mendapat dukungan dana dari keluarganya untuk jadi pembalap. Ia meminjam uang untuk dapat bergabung dengan tim balap F1, dan menjadikan kecerdasannya serta kemampuan balap yang penuh perhitungan sebagai sesuatu yang menjadi keunggulannya.

 

Film ini pertama kali tayang di London pada 2 September 2013 dan AS pada 27 September 2013. Film yang diproduksi dengan bujet US$38 juta ini mendapatkan US$98,2 juta dari box office global.
Film yang diarahkan Sutradara Ron Howard masuk 65 nominasi ajang penghargaan dan membawa pulang enam piala, salah satunya adalah Besti Editing dalam BAFTA Film Awards 2014.

PERMASALAHAN

Masalah dimulai saat mereka berdua sudah bergabung dengan dua tim besar, Hunt di McLaren dan Lauda di Ferarri. Persaingan keduanya mendominasi podium tiap balapan yang digelar. Hingga akhirnya Lauda mengalami kecelakaan hebat yang hampir menjadikan akhir dari karirnya. Namun ternyata, keberadaan Hunt sebagai rival, justru menjadi motivasi terbesar Lauda untuk kembali ke kokpit Formula 1.

 

Sukses di karir namun gagal di rumah tangga, James Hunt harus menghadapi kenyataan istrinya selingkuh. Mereka lalu bercerai bersamaan dengan didiskualifikasinya James Hunt dari posisi juara Grand Prix Spanyol. Tahun 1976 adalah kemunduran bagi McLaren dan James Hunt. Niki Lauda sendiri juga menghadapi masalah dengan keluarganya, sehingga khawatir jika ia harus bertanding kembali di ajang balap F1. Walau demikian, kedua pebalap tersebut tetap harus profesional dan berlaga di arena F1 yang keras.

 

Saat musim balap mendekati puncaknya, persaingan yang sudah panas memanas ketika keduanya berusaha untuk meraih gelar juara dunia. Tetapi sebuah insiden tragis mengubah segalanya. Saat balapan Grand Prix di Jerman, Lauda mengalami kecelakaan mengerikan yang membahayakan hidupnya. Film ini mengikuti kisah heroik Lauda yang berjuang untuk sembuh dan kembali ke arena balap, serta persaingan epik antara dua pria yang memiliki gaya hidup, pendekatan, dan keinginan yang sangat berbeda dalam mencapai kejayaan.

OPINI SAYA

"Rush" adalah penggambaran yang kuat tentang kegigihan, keberanian, dan obsesi dalam dunia balap Formula 1. Film ini tidak hanya menghadirkan aksi balapan yang memukau tetapi juga menyelipkan cerita dramatis tentang manusia di balik roda dan ketegangan yang melanda kehidupan mereka.

 

0 komentar:

Posting Komentar