Iklim
Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan
Essay
I Persyaratan Ujian Tengah Semester
Psikologi
Management dan Organisasi
(Semester
Ganjil 2021/2022)
Ni Putu Diah Sinta Kartika (20310410005)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A
https://images.app.goo.gl/tHfK617cdDz5xtyb8
Pada
era industri 4.0 membuat persaingan yang ketat pada perkembangan industri.
Perusahaan sering kali dituntut agr bisa bersaing dalam hal strategi penawaran
produk dan kualitas kinerga perusahaan.
Yang dimaksud dengan kualitas kinerja perusahaan adalah dimana
perusahaan dapat memberikan pelayanan yang baik serta produk bermutu bagi
konsumen. menciptakan keunggulan yang
berbeda dari perusahaan lain yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen
yang dimana hasilnya akan membawa keuntungan juga bagi perusahaan.
Sumber
daya manusia adalah faktor utama yang bisa menentukan keberadaan dan kemampuan
sebuah perusahaan. Setiap perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang
berprestasi yang bisa bekerja sebaik mungkin untuk kepentingan perusahaan.
Dalam perusahaan sumber daya manusia merupakan aset penting perusahaan. Hasil
kerja dari sumber daya manusia sangat berdampak pada penilaian konsumen
terhadap kualitas sebuah perusahaan. Oleh karen itu peningkatan kualitas sumber
daya manusia merupakan sebuah keharusan guna tercapainya tujuan dari
perusahaan, ( Imam & Erika, 2013).
Semakin
sengitnya persaingan antara sebuah perusahaan membuat perusahaan berusaha
mencari cara untuk mempertahankan kelangsungan dari perusahaan-Nya. Salah satu
cara atau upaya yang dilakukan adalah memenuhi kepuasan kerja karyawan. Kepuasan
kerja karyawan merupakan salah satu masalah yang penting untuk diperhatikan
oleh pimpinan dalam suatu perusahaan, karena in i menyangkut perasaan positif
karyawannya pada pekerjaan yang diambil, (Yudhi, 2005). Dengan memelihara dan
menciptakan kepuasan kerja bagi karyawan, maka karyawan secara langsun g akan
bekerja dengan baik, dan setia pada perushaan, (Ahim & Taofik, 2008). Kepuasan
kerja merupakan rasa suka atau tidak suka pada sebagian atau seluruh pekerjaan,
(Muhammad, 2019). Dalam memelihara kepuasan kerja ada beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Salah satunya adalah iklim dari
sebuah organisasi.
Leigh
(1996), iklim organisasi merupakan suatu keadaan lingkungan organisasi yang
dirasakan oleh para karyawan yang dapat mengarah pada aspek psikologis yang
meliputi kemampuan individu dalam berpikir dan perasaan karyawan untuk
mengembangkan diri mereka tanpa ada rasa takut dalam dirinya sendiri. Iklim organisasi
yang bagus dapat menimbulkan rasa nyaman dalam bekerja, saling menghargai,
terbuka antar sesama, saling menghormati, dan kebersamaan uyang bagus dalam
bekerja, (Imam & Erika, 2013). Sinungan (1987), jadi dengan terciptanya iklim
organisasi yang bagius pada sebuah perusahaan, makaa akan meningkatkan kepuasan
kerja para karyawan. Jika iklim organisasi dan kepuasan kerja karyawan
terpenuhi maka akan memberi dampak positif pada perusahaan yang bisa membuat
peningkatan dalam produksi dan produktivitas kerja, (Yudhi, 2005).
Referensi
A, R. Y. (2005). Hubungan
Antara Komitmen Organisasi Dan Iklim Organissi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan
Universitas Muhammadiyah Surakarta. Benefit. 9, (2) .
Aryansah, I., & Kusumaputri, E. S. (2013). Iklim
Organisasi Dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan. Humanitas. X, (1) .
Surachim, A., & Firdaus, T. (2008). Pengaruh Iklim
Organisasi Terhadap Kepuasan Keja Karyawan Pada Divisi Pharmaserve Di PT
COMBIPHAR Jakarta. Jurnal Strategic. 7, (13) .
0 komentar:
Posting Komentar