Kamis, 09 Desember 2021

Perlunya Siapkan Bekal Ketrampilan Untuk Masa Depan yang Cemerlang

Perlunya Siapkan Bekal Ketrampilan Untuk Masa Depan yang Cemerlang

Essay Prestasi

Psikologi Manajemen dan Organisasi

(Semester Ganjil 2021/2022)

 

Rifa Rufianti (20310410053)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

 

Memperoleh beasiswa adalah dambaan setiap mahasiswa yang mengalami hambatan dalam persoalan finansial. Memperoleh informasi pendaftaran beasiswa adalah sebuah harapan untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan. Tentu saja, saya adalah salah satu di antara sekian banyak mahasiswa yang mendaftar beasiswa My Skill. Alhamdulillah selang beberapa minggu setelah pendaftaran, saya memperoleh informasi bahwa saya lolos pada tahap pertama. Hal ini tentu saja memacu semangat saya untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti tahap ke dua seleksi beasiswa My Skill. Beasiswa My Skill merupakan program yang dibuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia. Beasiswa ini diadakan untuk sedikit meringankan beban biaya pendidikan atau bekal dana yang digunakan untuk keperluan pendidikan. 


Adapun syarat umum untuk mengikuti beasiswa My Skill yaitu sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia

2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif atau cuti. Selain itu, tidak terbatas pada tingkat atau jurusan atau universitas dari dalam maupun liar negeri.

3. Tanpa syarat minimal IPK tertentu.

4. Tanpa batasan sedang menerima beasiswa lainnya.

5. Tanpa syarat tingkat ekonomi keluarga..

 

Beasiswa ini terdiri dari:

1. Uang pendidikan bulanan.

2. Akses gratis pelatihan bersertifikat dari MySkill.id.

3. Akses gratis E-Learning bersertifikat MySkill.id.

4. Mentorship persiapkan karir dan studi pasca sarjana.


Untuk mendaftar beasiswa tersebut, saya melakukan registrasi di website MySkill.id. Beasiswa ini memberikan manfaat yang luar biasa. Pada tanggal 25 November 2021 saya memperoleh informasi bahwa saya lolos tahap 1 seleksi penerimaan Beasiswa My Skill 2021 dan berhak mengikuti seleksi tahap 2. Informasi itu saya peroleh dari pesan email.  Adapun pada tahap 2 tersebut, saya diminta untuk membuat video presentasi berdurasi maksimal 1 menit. Dalam video presentasi singkat tersebut, saya wajib menjelaskan tentang diri saya, pentingnya meningkatkan skill demi masa depan bagi anak muda, dan bagaimana MySkill.id bisa menjadi solusi untuk meningkatkan skill. Tentu saja, tanpa pikir panjang saya segera menyiapkan keperluan untuk mengikuti seleksi tahap 2. Setelah selesai, video tersebut saya upload di dua media sosial saya yaitu instagram dan youtube. Adapun batas pengumpulan video ini yaitu pada tanggal 10 Desember 2021.

 


Dengan memperoleh keringanan ekonomi, apabila saya bisa lolos tahap selanjutnya harapan saya yaitu mampu mencukupi segala keperluan saya dalam menunjang pendidikan. Selain itu, adapun benefit yang saya peroleh yaitu akses pelatihan yang dapat menunjang ketrampilan diri. Apalagi di masa depan akan ada segala tantangan yang mestinya dihadapi. Tantangan dalam dunia kerja maupun masyarakat, saya rasa tidak hanya memerlukan kemampuan kognitif saja, tetapi ketrampilan dan bakat pada diri juga diperlukan. Oleh karena itu, ketrampilan adalah bekal untuk menyambut masa depan yang cemerlang. Masa depan yang akan digapai tidak mungkin dicapai secara instan. Perlu ada niat dalam diri sendiri, kemauan untuk keluar dari zona nyaman meskipun sangat berat, dan keuletan dalam belajar sangat diperlukan untuk menyiapkan masa depan yang cemerlang.

 


0 komentar:

Posting Komentar