Selasa, 30 April 2019

MENGGALI POTENSI DIRI




MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DIRI

Nir Bita Melani
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Description: C:\Users\User\Documents\FOTO IPHONE\IMG_0062.JPG
Assalamualaikum ,kak bita.
Nama saya B (nama di inisialkan) salah satu siswi yang pernah mengikuti acara latihan dasar kepempinan di SMK kesehatan dan kebetulan waktu itu kakak sebagai alumni untuk memberikan motivasi.
Kak,saya bingung sekali setelah lulus nanti saya mau melanjutkan dimana,orang tua saya menginginkan saya menjadi perawat,sedangkan saya sama sekali tidak menyukai profesi itu.
Saya menyukai Seni kak,saya ingin sekali melanjutkan ke perguruan tinggi Seni,tetapi selalu dibantah orang tua saya,mereka selalu memberikan argument bahwa “besok mau bekerja dimana kalau hanya lulusan Seni” .Saya sudah mencoba menjalankan amanat orang tua saya untuk sekolah di SMK Kesehatan,namun hasilnya berpengaruh sekali dengan nilai saya,nilai saya selalu jelek dan mendapat ranking bawah.Itu juga saya selalu dimarahi orang tua dan selalu saja dibandingkan dengan anak tetangga. Bisakah kakak memberi saya sedikit pencerahan kak? Saya benar-benar galau.

B (Nama di inisialkan)
Desember 2018,Kulon Progo,Yogyakarta


Waalaikumsallam dik B.
Sedikit cerita untuk adik juga,dulu kakak juga pernah mengalami hal serupa.Orang tua kakak juga menginginkan kakak  sebagai perawat.Bahkan  kakak  masuk di SMK Kesehatan juga jarang mendapat nilai baik.Kakak lebih menyukai kegiatan seni.

Tetapi,lambat laun kakak mulai sadar,bahwa usia kita juga tak akan selamanya muda,selagi muda pergunakan waktu itu untuk hal-hal yang baik.Walaupun kita tidak suka masuk ke sekolah kesehatan,paling tidak kita mampu mempertanggung jawabkan pilihan kita.Misalkan,saat kelulusan nanti minimal kita bisa mendapatkan nilai rata-rata,kalau bisa mendapat nilai tinggi itu bonus.
Dan kembali lagi harus membangun komunikasi yang baik dengan orang tua,seperti sebuah semboyan “tempat curhat terbaik adalah orang tua”,jangan malu untuk mengutarakan pendapat kepada orang tua,semakin kita intens berkomunikasi dengan orang tua,orang tua akan memahami kita.
Alhamdulillah,dengan begitu apapun yang kakak lakukan selalu mendapat dukungan dari orang tua asal menghasilkan sesuatu yang positif.
Kakak juga sama dik,sangat menyukai seni,tapi lama-lama kakak juga mengalami kejenuhan,secara bertahap kakak berusaha merefleksikan diri.Ternyata kakak,sesuatu yang kakak gemari adalah  mendengarkan curhat orang lain,memahami karakter orang lain,memberi motivasi untuk orang lain.Kembali lagi kakak bicarakan dengan orang tua,Dan akhirnya kakak menemukan pilihan yang insyaallah  menjadi pilihan terbaik kakak,melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dengan prodi Psikologi.
            Jadi,hal utama yang harus dik B lakukan adalah mengutarakan pendapat dengan orang tua,orang tua pasti akan senantiasa senang mendengar apa yang dik B keluh kesahkan.seperti teori dari Thomas M Scheidel (dalam Mulyana ,2003) mengatakan orang berkomunikasi terutama untuk mengatakan dan mendukung identitas diri,untuk membangun kontak sosial dengan orang-orang sekitarnya.
            Tetapi saran kakak,dik B juga harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah dipilih saat ini,jangan lupa untuk selalu rajin belajar agar tidak menyesal dikemudian hari.

Salam,
Nirbita Melani


Referensi :
Thomas M Scheidel (dalam Mulyana ,2003).Peranan Komunikasi Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak.Jounal Article


0 komentar:

Posting Komentar