Sabtu, 21 Maret 2020

JANGAN ADA LAGI CORONA DIANTARA KITA

Oleh                            : Windha Nurhidayati
Nim                             : 183104101176
Mata Kuliah                : Psikologi Abnormal
Dosen Pengampu        : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A



Severe acute respiratory syndrome corona virus merupakan jenis virus terbaru  yang menular ke diri manusia . Diketahui bahwa virus yang dikenal penyakitnya oleh masyarakat awam dengan nama corona tersebut,
menyerang pada sistem pernafasan dan, apabila sudah akut maka akan menyebabkan kematian pada penderitanya. (alodokter,16maret2020)
            Mengingat bahwa corona dapat menyerang dan menular pada siapa saja baik lansia, orang tua, orang dewasa, anak-anak, bayi,hingga ibu hamil dan menyusui sehingga, salah satu upaya penting yang harus dilakukan oleh kita terkhusus sebagai mahasiswa adalah dengan menghimbau orang-orang terdekat agar menjaga jarak sosial terlebih dahulu atau dengan mengurangi berpergian ketempat yang ramai. Namun apabila terdesak untuk keluar rumah maka gunakan masker dan sering-seringlah untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Bagi yang sedang sakit maka istirahatlah yang cukup perbanyak minum air putih dan makanan yang bergizi untuk proses penyembuhan.
 Menjadi hal yang penting kita sebagai mahasiswa psikologi untuk menenangkan orang-oang yang ditemui seperti keluarga terdekat dan menghimbau agar tidak mudah panik dengan kondisi ini dan, kita melakukan sosialisasi kepada tetangga-tetangga agar melakukan kesiapan dan kewaspadaan diri untuk melakukan kebersihan lingkungan baik secara gotong royong maupun secara individual dan supaya lebih hemat maka salah satu upaya yaitu melakukan pengajaran kepada tetangga-tetangga maupun keluarga untuk membuat sanitizer sendiri dirumah.
Bahan yang digunakan seperti: 
- Alkohol 70%
- Aloevera Gel 
- Air panas
- Minyak essensial
Alat yang diperlukan :
- Sendok makan, 
- Mangkok, 
- Botol yang kosong
Mengingat caranya mudah hanya dengan mencampur 4 sendok aloevera Gel kemudian dituangkan pada mangkok yang sudah disiapkan, ditambah dengan 7 sendok alkohol 70% dan, diaduk rata kemudian campur sedikit air panas dan setetes minyak essensial untuk pengharum, kemudian diaduk lagi dan, terakhir dimasukkan kedalam botol yang kosong.
Dengan begitu upaya untuk mencegah “jangan ada lagi corona diantara kita menjadi lebih efektif.”
Refrensi :
- https://www.alodokter.com/virus-corona (diakses pada 16 maret 2020)
- Dev. 2020. “Perlu Jaga Jarak”. KEDAULATAN RAKYAT,16 Maret 2020.


0 komentar:

Posting Komentar