Senin, 16 Maret 2020

FIELD STUDY DI RSJ GRHASIA


FIELD STUDY DI RSJ GRHASIA




Oleh Marsum
NIM 183104101187
Mata Kuliah Psikologi Abnormal
Dosen Pengampu FX Wahyu Widiantoro,S.Psi.,MA


Study Visit dan Field Study di RSJ Grhasia merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, sebanyak 64 mahasiswa dan 1 Dosen pendamping dari Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta turut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memahami gangguan kejiwaan dan cara penanganannya. Kegiatan ini dilaksanakan pekan lalu Sabtu, 07 Maret 2020. Yang di ikuti oleh 64 mahasiswa dari berbagai angkatan, ini juga merupakan field study bagi mata kuliah Psikologi Abnormal.
Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 ini diawali dengan pengarahan dan materi yang disampaikan oleh pihak Rumah sakit Jiwa Grhasia. Pengarahan yang diberikan berupa prosedur K3 (Kesehatan dan keselatan kerja) selama di dalam Gedung, alur pelayanan dan tata tertib kunjungan.
Psikolog Klinik dari pihak Rumah sakit Jiwa Grhasia adalah Aril Halida, S.Psi., M.Psi. Aril menyampaikan bahwa saat ini masyarakat harus melek tentang kesehatan mental dengan memahami indikator antara sehat jiwa dan sakit jiwa. Setiap orang mempunyai potensi mengalami gangguan jiwa. Menurut WHO, 1 dari 4 orang mengalami mental illeness.
Jenis gangguan jiwa secara umum yang terlihat saat usia masih balita yaitu ADHD, Anxiety dan OCD. Obsessive Compulsive Disorder atau OCD bisa berbentuk karena faktor orang tua yang memiliki gangguan OCD. Gangguan jiwa yang muncul saat usia Remaja diantaranya adalah Bipolar, Depresi dan Skizofrenia.

 Field study di Rumah sait jiwa grhasia memberikan banyak pengetahuan dan mengenal gangguan kejiwaan secara spesifik, bagaiman suatu depresi terjadi dan tata laksana pada pasien gangguan jiwa.



0 komentar:

Posting Komentar