Rabu, 01 April 2020

PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK UNTUK PUPUK KOMPOS


PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK UNTUK PUPUK KOMPOS

Heny Suprapti/18.310.410.1183
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing : Dr.Dra.Arundati Shinta,MA




    Di muka bumi ini selama masih ada kehidupan pasti ada sampah, hal ini sangat wajar akan tetapi tidak boleh mengabaikan hal ini karena jika sampah diabaikan maka akan menjadi permaslahan serius, sampah yang menggunaungkan memicu terbentuknya gas metan yang menyebabkan global warming (Dias, 2009; Sony, 2010: banowati, 2011). Sehingga alangkah baiknya kita memanfaatkan sampah tersebut menjadi sesuatu yang berguna. Sampah yang paling banyak kita temui adalah sampah rumah tangga, smapah tumah tangga dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan non orgnik. Sampah organik merupakan salah satu sampah yang bisa kita manfaatkan sebagai pupuk kompos untuk meningkatkan kesubuaran tanah, sampah organik berasal dari sampah sisa sayuran, nasi bekas, daun-daun kering. Pembuatan pupuk sampah kompos dari sampah organik menggunakan bakteri atau mikro organisme sebagai aktivitas yaitu EM 4, dalam hal ini fungsi aktivator adalah mempercepat proses pengomposan selain penambahan aktivator EM 4 ini membuat pupuk kompos sesuai standar SNI, hasil produk yang dihasilkan pun membuat tanah yang bergambut atau kurang subur menjadi lebih subur (Novi, Novrian 2011). Dalam proses pembuatan pupuk kompos selain di perlukan aktivator EM 4 dan organik, diperlukan juga media lain yaitu tanah serta kotoran hewan jika daun untuk mempercepat proses dekomposisi, semua bahan tersebut do campur jadi satu dalam suatu wadah tertutup kemudian diamkan selama kurang lebih 3 bulan untuk mendapatkan pupuk kompos yang baik, hasil pupuk kompos yang baik adalah tidak berbau dan warnanya sudah mulai menghitam sama dengan tanah yang dicampurkan.



Sumber :
Banowati, Eva, 2011. PengelolaanSampahBerbasisKomunitasUntukKonservasiLingkungan, LaporanPenelitian, Semarang: LP2M Unnes.
Dias. Pingkan, L,.2009. FasilitasPengolahanSampah di TPA Jatibarang. TugasAkhir, Semarang: FakutasTeknikJurusanArsitekturUndip.
Sony, 2008.Workshop on Community Based Solid Waste Management in Indonesia, Makalah, tanggal 16-17Januari 2008, Jakarta: BalaiKartini.
Novi, Novrian. 2011. .Pembuatanpupukorganikberbahansampahorganikrumahtanggadenganpenambahanaktivator em4 di daerahkayutangi. Volume 39 Nomor 1, Halaman 1-7






0 komentar:

Posting Komentar