Sabtu, 28 Desember 2024

UAS_PSI.Inovasi : Elia Putri Utami / 22310410111

UJIAN AKHIR SEMESTER


PSIKOLOGI INOVASI

PENGARUH NEED FOR ACHIEVEMENT DENGAN PENCAPAIAN KARIR MASA DEPAN PADA MAHASISWA

DOSEN PENGAMPU : Dr. Dra. ARUNDATI SHINTA, MA



ELIA PUTRI UTAMI

22310410111/SP


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

DESEMBER 2024


Need for Achievement (kebutuhan untuk berprestasi) adalah suatu motivasi atau dorongan psikologis yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai standar tinggi, mengatasi tantangan, dan meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Individu dengan need for achievement cenderung ingin berhasil dalam tugas yang sulit, berfokus pada pencapaian pribadi, dan mengukur keberhasilan berdasarkan prestasi yang dapat diukur, daripada faktor eksternal seperti imbalan sosial atau finansial.(McClelland 1960).ada beberapa ciri ciri individu dengan need for achievement tinggi seperti memiliki ambisi yang kuat dan harus mencapai hasil,menyukai tantangan dalam pekerjaan,berusaha mengatasi kesulitan dengan Solusi yang maksimal,cenderung menghindari tugas yang mudah atau terlalu sulit.

Saat ini pengangguran di Indonesia yang tercatat oleh badan pusat statistik terdapat 5,18 juta orang berusia 15-29 tahun.walaupun di Indonesia banyak juga orang yang melanjutkan Pendidikan nya di perguruan tinggi namun saat ini masih kesulitan untuk mencari pekerjaan.pengangguran disebabkan oleh minimnya jiwa kewirausahaan Masyarakat.dengan Nach ini atau Need for Achievement mereka dapat lebih berkomitmen untuk bekerja keras belajar lebih banyak dan mencapai hasil yang lebih baik,mahasiswa dengan need for achievement akan berusaha mengembangkan keterampilan dan kompetensi untuk karir,lebih mandiri dalam menghadapi tantangan,ketahanan mental dan kemampuan mengelola stress.dengan hal ini mahasiswa tidak perlu risau dan kawatir apalagi takut.ada beberapa cara untuk menciptakan need for achievement diantaranya mahasiswa yang sudah lulus dan bingung akan melakukan apa untuk mencapai karir bisa dilakukan dan diawali dengan meningkatkan kepercayaan diri dan kompetensi contohnya seperti mengikuti kesempatan untuk pelatihan,magang atau workshop yang dapat meningkatkan keterampilan,mendorong kemandirian dan pengambilan Keputusan,menciptakan lingkungan yang mendukung,mencoba tantangan yang sesuai keterampilan dan kemampuan,dan yang jelas selalu berusaha hal hal baru yang positif. Menciptakan need for achievement pada mahasiswa membutuhkan pendekatan yang holistik dan berfokus pada pemberian tantangan yang sesuai, tujuan yang jelas, dukungan, serta pengakuan atas pencapaian mereka. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan motivasi dan keberhasilan akademik, mahasiswa akan lebih terdorong untuk berprestasi dan meraih tujuan karir mereka di masa depan.

DAFTAR PUSTAKA :

McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. Van Nostrand.

IGAKG Suasana,IGK Warmika(2023) pendekatan psikologis dalam menentukan minat berwirausaha mahasiswa. ejournal.stiesia.ac.id






Related Posts:

  • KENAKALAN REMAJA Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE … Read More
  • Semarak Pemilihan Umum 2019 SEMARAK PEMILIHAN UMUM 2019 Hesmi Nurhidayatun Psikologi Sosial Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi Yogyakarta Pada tanggal 17 april 2019 lalu seluruh masyarakat Indonesia serentak melakukan pemilihan um… Read More
  • Membandingkan Diri Menyebabkan Iri Hati Meysella Al Firdha Hanim Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta “Kak, usia saya 19 tahun merasa saya tidak mengenal diri saya dengan baik. Kadang saya cerewet kadang di lain tempat saya pendiam, kada… Read More
  • ANOREKSIA NERVOSA PADA GADIS REMAJA Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE … Read More
  •            ARTIKEL PSIKOLOGI LINGKUNGAN         Nama: Emiliano Domingos Lemos.                  Nim: 16.310.410.1150  &n… Read More

0 komentar:

Posting Komentar