Kamis, 30 Mei 2019

CARA MENGATUR ANAK AGAR MAU MENGERJAKAN SOLAT


CARA MENGATUR ANAK AGAR MAU MENGERJAKAN SOLAT
KLINIK PSIKOLOGI: DI LINGKUNGAN PERUMAHAN GRIYA W
Rr.sekarlangit ayuningtyas rahawarin

Dear,mbak sekar
Nama saya N saya seorang ibu rumah tangga kan di bulan Ramadhan kita harus banyak mengerjakan solat baik itu solat sunah maupun yang lain,anak saya ini tidak mau solat mbak,bagaimana ya caranya agar anak saya mau mengerjakan solat? apalagi di bulan Ramadhan mbak kan mahasiswa psikologi mungkin tau solusinya

JAWAB
Hallo bu N ,saya merasa terhormat menjadi teman curhat saya & mengerti mengerjakan ibadah solat memang penting dilakukan bagi kita umat muslim,menurut saya coba ibu terapkan teori sosial learning dari albert bandura tentang pembentukan prilaku. menurut Albert Bandura (1984 ) proses perubahan perilaku dapat terjadi dg cara melihat pada orang lain (observational learning). Perihal individu selalu mengamat-amati semua perilaku orang lain (model), itu termasuk penguat (reinforcement) yang kemudian individu akan mengikutinya. Mengamati idola = menyenangkan.Proses belajar ini  dapat berlangsung tanpa ada campur tangan dari si pengamat, sec langsung /tidak langsung. Dalam hal ini yang dapat di jadkan (model) oleh anak ibu bisa dari diri ibu sendiri dengan cara mengerjakan solat 5 waktu dan bisa mengajaknya untuk ikut solat berjamaah dengan cara ini anak ibu akan mengamati dan akan menjadi penguat perilaku anak ibu sehingga mau mengerjakan solat

Referensi
Shinta,Arundati.(2019).Teori-teori dalam psikologi sosial. Yogyakarta:Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45


0 komentar:

Posting Komentar