Kamis, 30 Mei 2019

MEMBENTUK PRILAKU BELAJAR PADA ANAK


MEMBENTUK PRILAKU BELAJAR PADA ANAK
KLINIK PSIKOLOGI: DI LINGKUNGAN PERUMAHAN GRIYA WIROKERTEN
Rr.Sekarlangit Ayuningtyas Rahawarin

Dear mba sekar,
Saya R umur 35 tahun seorang wanita karir,di saat pulang dari kantor saya selalu menyempatkan diri untuk melatih anak saya untuk memasuki dunia sekolah, anak saya umurnya sudah memasuki pra sekolah tapi kenapa ya anak saya tidak mau belajar jika di suruh untuk belajar dia tidak mau?, mba sekar kan mahasiswa psikologi barangkali bisa memberi solusi. Terimakasih

Jawab

Hallo R, saya merasa terhormat biisa menjadi teman curhat ibu menurut Fisher, R. J. (1982).kita harus mampu membentuk motif ekstrinsik anak misalnya Agar anak mau baca buku  ia harus ”dipancing” dahulu dg reward (kue, uang , dsb). Cara tsb untuk membentuk kondisi bahwa ‘baca buku = reward = menyenangkan’. Bila hal itu sudah terbentuk maka akan muncul motif intrinsik -> baca buku = menyenangkan. Jadi motif ekstrinsik (reward) diubah menjadi motif intrinsik. Semoga bisa membanntu 

Referensi
Shinta,Arundati.(2019).Teori-teori dalam psikologi sosial. Yogyakarta:Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Fisher, R. J. (1982). Social psychology: An applied approach. New York: St. Martin Press.


0 komentar:

Posting Komentar