Sabtu, 18 Juni 2022

Lakukan Kegiatan Before-After Untuk Jaga Kebersihan Lingkunganmu

Lakukan Kegiatan Before-After Untuk Jaga Kebersihan Lingkunganmu

Essay III Persyaratan Ujian Akhir Semester Psikologi Lingkungan

(Semester Genap 2021/2022)

Dwi Ratri Octavianita (20310410002)

Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Lingkungan yang bersih merupakan lingkungan yang didambakan oleh semua orang. Namun, lingkungan yang bersih tentunya tidak akan tercipta apabila tidak dibarengi dengan perilaku menjaga kebersihan lingkungan. Perilaku menjaga kebersihan lingkungan juga tidak muncul begitu saja, akan tetapi perlu adanya kepedulian dalam diri seseorang.

Kebersihan lingkungan merupakan kebersihan yang meliputi kebersihan tempat tinggal, tempat kerja, dan kebersihan berbagai sarana umum (Iskandar, 2018). Kebersihan lingkungan mengandung makna yaitu sebuah kondisi atau keadaan di mana di dalamnya bebas dari berbagai kotoran, seperti: sampah, debu, dan bau (Hardiana, 2018). Menurut Iswandi (dalam Hardiana, 2018) sumber sampah dikategorikan dalam sampah rumah tangga yang berupa bahan pembungkus, sisa makanan, plastik, kertas dan sebagainya, kemudian sampah perdagangan berupa bahan dagangan yang sudah rusak, karton, sayur, buah, dan sebagainya.

Persoalan mendasar yang berhubungan dengan perilaku menjaga kebersihan adalah mengenai dampak yang akan kita dapatkan ketika kita menjaga kebersihan lingkungan. Dampak yang akan kita dapat tentu saja lingkungan yang bersih dan nyaman. Namun, pada pembahasan kali ini akan lebih berfokus pada langkah kecil yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Lalu pertanyaan yang harus terjawab dalam pembahasan kali ini adalah bagaimana langkah kecil yang dapat generasi muda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan? Hal tersebut penting, mengingat kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua orang dan generasi muda termasuk di dalamnya.

Langkah kecil berupa kegiatan before-after dapat dilakukan oleh para generasi muda untuk andil dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Saya akan menunjukkan beberapa potret kegiatan before-after yang telah saya lakukan di bulan Juni 2022. 

Pada 4 Juni 2022, saya mengunjungi balai padukuhan yang ternyata bak sampahnya tergeletak sehingga sampah di dalam bak itu berserakan. Saat itu saya mulai untuk membersihkan pada pukul 08.00 WIB. Sebelum membersihkan halaman, saya memutuskan untuk mengepel bagian dalam. Sampah yang ada di halaman kebanyakan berupa sampah plastik.

Pada 5 Juni 2022, saya membersihkan jalanan di samping SD di dusun tempat tinggal saya. Saya mulai membersihkan area tersebut pada pukul 09.00 WIB. Sepertinya karena malam sebelumnya hujan, ada sampah plastik yang di dalamnya terdapat air. Saya memunguti sampah plastik dan dedaunan ke dalam plastik kemudian saya pisahkan.

Pada 11 Juni 2022 setelah saya membersihkan bagian dalam masjid yang saya mulai pukul 8.45, saya kemudian membersihkan bagian halaman masjid. Sampah yang ada di halaman masjid di dominasi oleh sampah plastik jajanan dan dedaunan. Sampah yang saya dapat tidak terlalu banyak seperti di tempat sebelumnya.

Pada 12 Juni 2022, saya membersihkan sampah berupa daun dan sampah plastik bekas kemasan jajanan di pinggir sungai, saya mulai melakukannya pukul 10.00 WIB. Dedaunan dan sampah tersebut basah. Setelah terkumpul, saya masukan ke dalam plastik yang berbeda.

Itulah tadi beberapa potret kegiatan before-after yang saya abadikan di 4 tempat yang berbeda. Yuk, mari bersama-sama mulai membuka mata dan lebih peka dengan lingkungan sekitar! Jagalah kebersihan lingkungan mulai dari diri sendiri!

DAFTAR PUSTAKA

Hardiana, D. (2018). Perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan pntai kecamatan Sasak Ranah Pasisie kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Buana. 2(2), 496-506.

Iskandar, A.A. (2018). Pentingnya memelihara kebersihan dan keamanan lingkugan secara partisipatif demi meningkatkan gotong royong dan kualitas hidup warga. Jurnal Ilmiah Pena. 1(1), 79-84. 


 


 


 


 

0 komentar:

Posting Komentar