Jumat, 20 Desember 2024

E-3 : BERPRILAKU INOVATIF_ NAUFAL M A LUBIS 22310420087

 E-3 : BERPRILAKU INOVATIF

 

KEGIATAN INOVATIF : MEMBUAT BAHAN SEDERHANA DAN DAUR ULANG PEMBUATAN KEYCAHIN

NAUFAL M A LUBIS 22310420087

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.



 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

FAKULTAS PSIKOLOGI

YOGYAKARTA

2024

 

Psikologi Inovasi : Menciptakan Peluang dengan Keychain dengan memanfaatkan bahan sisa produksi tas.

Inovasi berawal dari kemampuan kita untuk berpikir kreatif dan melihat peluang di sekitar kita. Psikologi inovasi mencakup bagaimana cara kita berpikir, menilai risiko, dan mengubah ide menjadi produk atau layanan yang sukses. Hal ini juga melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang berbeda atau lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya.

Berinovasi bukan hanya tentang ide-ide yang mengubah dunia atau lingkungan saja. Inovasi juga bisa dimuali dengan hal hal sederhana yang dekat dengan kehidupan sekitar dan memanfaatkan sesuatu hal yang berguna. Berprilaku inovasi dapat dimulai dengan menciptakan seuatu hasil atau kerajinan yang dapat dinikmati oleh orang lian. Usaha untuk menciptakan hal yang inovatif dengan cara membuka atau menciptakan produk yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga dapat dijual dan menghasilkan uang. Salah satunya adalah gagasan untuk membuat gantungan (keychain) yang mengungusng konsep kekinian atau modern. Produk yang dihasilkan tak hanya fungsional, tetapi juga estetis dan menarik bagi konsumen muda.

 

Little Prince : Nama usaha saya yang focus pada gantungan kunci atau gantungan tas yang dapat memeberika kesan aesthetic. Bahan yang digunakan adalah bahan daur ulang dari sisa produksi tas ataupun gantungan kunci yang dapat dirakit untuk memperhias gantungan yang ada.







 


 

Produk ini berfokus pada ikatan gantungan yang memiliki bahan yang terinspirasi indahnya bunga anggrek dan penggunakan ikan yang unik dengan sentuhan material tali china, mote-mote, rantai, dan item bintang ataupun evileyes. Mengikuti zaman yang ada dengan maksud memberikan inovasi yang baru dalam memberikan unsur keindahan dalam suatu objek yang ada.

 


 




 





 

            Dalam menciptakan produk yang ada, saya menciptakan keyakainan dengan melewati proses :

1.     Mengamati kebutuhan pasar dengan melihat tren tas yang semakin berkembang dan banyak orang yang mencari hal hal yang aesthetic.

2.     Memcari ide produk yang dimulai dengan menciptakan desain awal yang trendi, dimana membuat bahan yang anti air dan bahan yang ringan serta dapat digunakan dibagian tas, celana, kunci atau gantungan earphone dan lain-lain.

3.     Melakukan pengujian coba dengan rekan-rekan terdekan dan menerima saran dengan baik.

4.     Pemasaran produk dengan offline maupun online. Menggunakan foto-foto yang menarik dan menciptakan produk yang mudah diingat dan dikenal dengan arti lain memberikan kesan “signature” pada produk yang di buat. Adapun pemasaran produk yang saya buat :

-       Offline : RM Bang Rindu dan Sumor UGM (setiap hari minggu)

-       Online : Platform Instagram dan Tiktok

-       Harga : Keychain ikan 50.000 dan keychain Bungan 30.000.

Menciptakan produk yang inovatif seperti gantungan tas kekinian tidak hanya melibatkan keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan untuk melihat peluang dari perspektif psikologi inovasi. Melalui pengamatan, ide kreatif, dan evaluasi produk secara berkelanjutan, kita bisa menemukan solusi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga memberikan keuntungan ekonomi. Dengan sikap inovatif dan semangat berwirausaha, kita dapat menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan dari ide yang terkesan sederhana.

 




0 komentar:

Posting Komentar