Selasa, 20 Juni 2023

Essay Prestasi psikologi sosial : Syahrul Rizqi 22310410077 : Menjadi Mc Di pengajian muda mudi Bersih desa

Nama : Syahrul Rizqi 

Nim    : 22310410077

Prodi  : Psikologi






Topik

Menjadi Mc di Pengajian bersih desa untuk pemuda dan pemudi adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama dan moralitas di kalangan pemuda dan pemudi desa Patoman Barat

Sumber

Syahrul Rizqi , Jawa timur Banyuwangi Desa Patoman Barat rt 01 rw 03 16 April 2023

Ringkasan

Pengajian Bersih Desa untuk Pemuda dan Pemudi merupakan sebuah inisiatif yang sangat baik untuk memajukan kebersihan dan kesadaran lingkungan di komunitas Desa Patokan Barat. Namun, dalam melaksanakan tugas sebagai MC dalam acara tersebut, saya juga menghadapi beberapa permasalahan dan tantangan yang perlu diatasi. Contohnya saja Kurangnya persiapan Untuk Menjadi Mc dan Belum Menguasai

1. Koordinasi dan Persiapan Acara:

Sebagai MC, saya menghadapi tantangan dalam melakukan koordinasi dan persiapan acara Pengajian Bersih Desa. Mulai dari menentukan jadwal, menghubungi pembicara, hingga memastikan kelancaran alur acara, semuanya memerlukan perencanaan yang matang. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana saya menghadapi tantangan ini dengan melakukan koordinasi yang efektif, komunikasi yang baik, dan persiapan yang teliti.

2. Menjaga Suasana Enerjik dan Interaktif:

Sebagai MC, penting bagi saya untuk menjaga suasana acara tetap energik dan interaktif. Tantangan yang muncul adalah bagaimana menghadirkan materi yang menarik, mengajak partisipasi pemuda dan pemudi, dan menjaga agar acara tidak monoton. Artikel ini akan menjelaskan strategi yang saya gunakan, seperti penggunaan humor, keterlibatan aktif hadirin, dan penggunaan teknik penyampaian yang menarik untuk menjaga suasana acara tetap hidup dan menyenangkan.

3. Menghadapi Tantangan Teknis:

Dalam setiap acara, tantangan teknis dapat muncul, seperti masalah teknis dengan peralatan suara, pencahayaan, atau multimedia. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana saya mengatasi tantangan ini dengan melakukan persiapan teknis sebelum acara, memiliki rencana cadangan, dan bekerja sama dengan tim teknis untuk memastikan kelancaran acara.

4. Mengatasi Tantangan Partisipasi:

Tantangan lain yang mungkin saya hadapi adalah kurangnya partisipasi dari pemuda dan pemudi dalam acara tersebut. bagaimana saya berusaha mengatasi tantangan ini dengan mengajak partisipasi aktif melalui pertanyaan, diskusi kelompok, atau kegiatan interaktif lainnya. Saya juga akan menyoroti pentingnya mengkomunikasikan manfaat dan tujuan acara kepada hadirin untuk meningkatkan motivasi mereka dalam berpartisipasi.

  

Ringkasan

(Lanjutan)

Sebagai MC dalam Pengajian Bersih Desa untuk Pemuda dan Pemudi, saya memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan kebersihan dan kesadaran lingkungan di komunitas desa Patokan Barat. Artikel ini akan menggambarkan pengalaman saya sebagai MC dalam acara tersebut dan bagaimana inisiatif ini berperan penting dalam membangun kesadaran lingkungan di desa tersebut.

1. Peran MC dalam Acara Pengajian Bersih Desa:

Peran saaya sebagai mc di pengajian sudah menjadi ketiga kalinya saya menjadi mc di berbagai acara dan jadi melihat acara2 desa Ingin saya Menyalurkan ilmu Saya kepada Masyarakat desa. Dan saya Ingin berkontribusi bagi masyarakat Untuk Meneyelenggarakan Pengajian Tersebut

2. Menggugah Kesadaran Lingkungan melalui Pidato dan Presentasi:

Di acara tersebut saya menggunakan pidato dan presentasi sebagai MC untuk menggugah kesadaran lingkungan di kalangan pemuda dan pemudi. Saya akan berbagi informasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, praktik kebersihan pribadi, pengelolaan sampah, dan perlindungan sumber daya air. Melalui pidato dan presentasi yang interaktif, saya berharap dapat menginspirasi pemuda dan pemudi untuk menjadi agen perubahan dalam menjaga lingkungan.

3. Memotivasi Partisipasi

sebagai MC, saya berperan dalam memotivasi partisipasi dan aksi nyata dari pemuda dan pemudi. Saya akan membahas strategi yang saya gunakan untuk mendorong mereka agar terlibat dalam kegiatan kebersihan desa, seperti gotong royong membersihkan area umum atau penanaman pohon. Melalui aksi nyata, kita dapat melihat hasil konkret dari inisiatif ini dan mendorong perubahan yang berkelanjutan.

4. Dampak Positif dan Harapan di Masa Depan:

dampak positif yang dihasilkan oleh Pengajian Bersih Desa untuk Pemuda dan Pemudi dan harapan kita di masa depan. Saya akan berbagi cerita sukses tentang pemuda dan pemudi yang terinspirasi oleh acara ini dan mengambil inisiatif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Saya juga akan menyampaikan harapan kita untuk melihat perubahan yang berkelanjutan di komunitas desa Patoman Barat dan bagaimana inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain.

Sebagai MC dalam Pengajian Bersih Desa untuk Pemuda dan Pemudi, sayamerasakan betapa pentingnya inisiatif ini dalam mempromosikan kebersihan dan kesadaran lingkungan di komunitas desa Patokan Barat. Melalui pidato, presentasi, dan memotivasi partisipasi, saya berharap dapat menginspirasi pemuda dan pemudi untuk menjadi agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan membangun kesadaran yang lebih baik. Dengan kolaborasi dan upaya bersama, kita dapat mencapai lingkungan yang bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

Permasalahan

Permasalahan Ketika saya Menjadi Mc Kemarin Adalah Kurangnya Persiapan Karena saya DI pilih dan ditunjuk dadakan, jadi Materi yang saya dapat Kurang menguasai

Opini saya

Sebagai MC, memiliki peran kunci dalam menyampaikan pesan-pesan penting tentang kebersihan dan kesadaran lingkungan kepada pemuda dan pemudi. saya dapat menjadi penghubung antara para pembicara, pemuda, dan pemudi, serta menginspirasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Melalui acara ini, saya memiliki kesempatan untuk menyampaikan informasi yang relevan dan penting tentang praktik kebersihan, pengelolaan sampah, dan pelestarian lingkungan kepada pemuda dan pemudi. Dengan memberikan edukasi yang baik, saya dapat membangun kesadaran mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan di desa Patokan Barat.

Peluang untuk Belajar dan Berkembang: Menjadi MC dalam acara seperti ini juga memberikan peluang bagi saya untuk belajar dan berkembang.saya akan mengasah keterampilan public speaking, kemampuan berkomunikasi, serta memperluas pengetahuan tentang kebersihan dan lingkungan. Pengalaman ini dapat menjadi modal berharga dalam karir saya dan memberikan kepuasan pribadi dalam berkontribusi pada masyarakat.

 


0 komentar:

Posting Komentar