Senin, 12 Juni 2023

Meringkas Jurnal 1

 

Tugas Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr. Arudati Shinta, M.A.

 

Rifa Rufianti (20310410053)

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Intensitas mengakses internet, perilaku phubbing

Sumber

Raharjo, D. P. (2021). Intensitas mengakses internet dengan perilaku phubbing. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. 9(1), 1-12.

Permasalahan

Siswa yang membawa dan menggunakan smartphone di sekolah menjadi lebih asyik sendiri. Sehingga jarang terjadi interaksi antara siswa satu dengan yang lainnya. Padahal bersosial pada usia remaja merupakan tahapan yang penting untuk mengembangkan kemampuan dan pengalaman dalam berinteraksi dengan orang lain. Namun, penggunaan smartphone  untuk akses internet membuat siswa menjadi ketergantungan atau kecanduan. Hal ini disebabkan karena intensitas dalam mengakses internet sehingga membuat mereka nyaman dan memilih asyik bermain smartphone.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan intensitas mengakses internet dengan perilaku phubbing.

 

Isi

·       Phubbing merupakan perilaku menjauhi lawan bicara dengan sengaja dan menggunakan smartphone dalam setiap momen sosial yang terjadi.

·       Berdasarkan hasil skrining di SMA Negeri X Tenggarong terdapat 34 siswa atau 68% melakukan perilaku phubbing.

·       Intensitas menggunakan internet merupakan ketertrikan seseorang dalam menggunakan internet. Hal ini melibatkan perasaan emosional yang berkaitan dengan minat dan penghayatan.

·       Akses internet yang memudahkan telah mengubah pola hidup seeorang. Kemudahan ini memfasilitasi seseorang untuk bertukar pesan, berbagi informasi, dan fitur lainnya yang menarik. Sehingga membuat penggunanya menjadi kecanduan.

Metode

·       Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket, dimulai dari pengumpulan data hingga penafsiran terhadap data, dan hasilnya.

·       Rancangan penelitian menggunakan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua fenomena atau lebih.

·       Subjek penelitian adalah 100 siswa-siswi di SMA Negeri X Tenggarong dengan kriteria memiliki smartphone dan berusia 16-18 tahun.

·       Metode pengumpulan data menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku phubbing dan intensitas mengakses internet.

·       Teknik analisis data yaitu dengan melakukan uji asumsi sebelum uji analisis hipotesis. Uji asumsi ini terdiri atas uji normalitas dan uji liniearitas. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi parsial dengan keseluruhan teknik analisis data menggunakan SPSS versi 21.

Hasil

·       Hasil penelitian pada analisis R Correlation menunjukkan bahwa intensitas mengakses internet diperoleh hasil positif dengan perilaku phubbing dengan r hitung = 0,730 dan nilai sig = 0,000 (p < 0,05). Hipotesis H1 diterima, ada hubungan antara intensitas mengakses internet dengan perilaku phubbing pada siswa SMA Negeri X Tenggarong dan H0 ditolak, tidak ada hubungan antara intensitas mengakses internet dengan perilaku phubbing pada siswa SMA Negeri X Tenggarong.

Diskusi

·       Hasil uji deskriptif menunjukkan hasil pengukuran melalui skala intensitas mengakses internet yang diperoleh mean empirik sebesar 99,50 lebih tinggi dari mean hipotetik sebesar 80 dan termasuk kategori tinggi.

·       Frekuensi data untuk skala intensitas mengakses internet memiliki rentang nilai 88 – 104 dan frekuensi sebanyak 85 siswa atau 82,5%. Sehingga menunjukkan bahwa siswa sekolah X memiliki intensitas mengakses internet yang tinggi.

·       Perilaku phubbing siswa di sekolah X termasuk pada kategori tinggi dengan nilai mean empirik 103,34 dan mean hipotetik 80. Sedangkan rentang nilai skala perilaku phubbing yaitu 88 – 104 dan frekuensi sebanyak 71 siswa atau 68,9%.

·       Perilaku phubbing dapat dianalisis menggunakan teori ketergantungan mengakses internet. Semakin penting peranan internet maka akan memberikan pengaruh terhadap penggunanya.

 

0 komentar:

Posting Komentar