Minggu, 28 Mei 2023

Essay prestasi pengabdian masyarakat ikut serta menyongsong kirab budaya desa Karangasem

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA


Topik

Kirab budaya yang masih dilakukan di desa Karangasem guna menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan bagi warga masyarakat khususnya para generasi muda.

Sumber

Putri Arumsari, Karang Taruna Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. 24 Mei 2023

Ringkasan

- Kirab budaya atau festival budaya atau karnaval adalah istilah umum yang merujuk kepada perarakan, berjalan bersama-sama atau beriring-iringan secara teratur dan berurutan dari depan sampai ke belakang dalam suatu rangkaian acara, semisal upacara adat, keagamaan, dan lain-lain.

- Kirab juga bisa disebut sebuah acara yang diikuti oleh banyak peserta dengan berjalan berbaris secara teratur dan beriringan, biasanya kirab sangat erat kaitanya dengan budaya lokal atau para peserta mengenakan pakaian adat atau pakaian yang sengaja didesain unik untuk menambah suasana menjadi meriah

- Selain untuk memberikan ruang dan aktualiasasi bagi para pelaku kesenian, kegiatan kirab wasbang tersebut juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan bagi warga masyarakat khususnya para generasi muda.

 

 

Ringkasan

(Lanjutan)

- Puncak perayaan Rasulan adalah dengan diselenggarakannya kirab, yaitu kegiatan seperti karnaval dengan arak-arakan mengelilingi kampung. Tentunya hasil panen berupa sayur-mayur, padi, jagung, singkong, buah-buahan dan tumpeng besar dibawa pada acara kirab ini.

-  Pada saat diadakannya kirab biasanya masyarakat memakai kostum bermacam macam seperti : orang tua yang menjadi anak SD, remaja menjadi simbok simbok ( orang tua ) , memakai pakaian luar Jawa seperti adat Bali, adat Papua , dan masih banyak lagi.

Didalam acara kirab budaya tersebut saya bertugas makeup anak-anak serta beberapa ibu-ibu dari RT 02 Karangasem. Saya bersama dengan teman teman saya lainnya mempersiapkan seperti kostum yang akan dipakai dan make up bagaimana yang cocok untuk mereka. 

- Selain makeup anak-anak dan ibu-ibu saya dan teman-teman juga bergantian makeup in satu sama lain karena kita juga ikut serta dalam kirab ini menjadi orang Papua. Kami menghias diri sesuai seperti tema tersebut. Saya dan teman-teman start make up dari jam 9:30 sampai dengan jam 12:30. Suka dan duka kita lakukan bersama , pujian dari orang dengan hasil karya kita dan orang yang memberi saran ke kita juga kita tampung untuk kirab di tahun depan.

- Terdapat tujuan lain yang tidak kalah penting dari sekadar kirab,yakni memunculkan budaya masyarakat sebagai penyeimbang terhadap perkembangan teknologi.

Permasalahan

Artikel ini deviasi positif, kegiatan kirab budaya ini membawa dampak baik pada masyarakat khususnya remaja. Karena masyarakat masih nguri-uri (merawat, menjaga agar hidup subur, melestarikan) kebudayaan Jawa yang ditinggalkan oleh orang jaman dulu. Selain itu, kirab budaya juga termasuk wujud syukur para masyarakat yang bekerja sebagai petani karena hasil dari panen nya berhasil.

Opini saya

-  Dengan adanya acara kirab budaya ini masyarakat bisa lebih menghargai peninggalan orang jaman dulu

- Kegiatan ini membawa dampak positif bagi masyarakat luar dan masyarakat dalam desa Karangasem

- Memberikan manfaat seperti,peningkatan pembelajaran dan kesehatan, peningkatan toleransi, dan kesempatan untuk berkumpul bersama orang lain , budaya meningkatkan kualitas hidup kita dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan baik bagi individu maupun masyarakat.




0 komentar:

Posting Komentar