Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial Quality Time With Family

 

Essay Tentang Quality Time With Family

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI SOSIAL

QUALITY TIME WITH FAMILY

Dosen pengampu : Dr., Dra. Arundanti Shinta, MA

Poppy Priscila

222310410117

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Link pastipasi lomba

https://www.instagram.com/p/CsPWefeyJ3G/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Pendahuluan

Menurut penulis buku berjudul Five Love Language asal Amerika, Dr. Gary Chapman, ada 5 jenis bahasa cinta, yang diaplikasikan kedalam berbagai jenis hubungan antara lain, percintaan, keluarga, dan pertemanan. Salah satunya adalah Quality Time. Love language sendiri adalah cara seseorang untuk mengekspresikkancintanya kepada orang lain. Kelima bahasa cinta tersebut adalah sebagai berikut:

·         Words of affirmation (kaliamat-kalimat positif seperti pujian, apresiasi, dan kata- kata lain yang mengugkapkan rasa sayang).

·         Quality time (tindakan menghabiskan waktu bersam orang-orang yang disayang).

·         Receiving gifts (insisatif memberikan sesuatu kepada orang- orang yang disayangi, tetapi tidak selalu identik dengan kado mahal)

·         Acts of service (berbagai perilaku yang menunjukkan kasih sayang, misalnya rutin mengantar pasangan pergi kerja, menemani teman yang mengalami kedukaan, dan lainnya).

·         Physical touch (kontak fisik dengan orang-orang yang disayang, misalnya menggenggam tangan, berpelukan, memegang bahu, mencium, dan lainnya)

Permasalahan

Di era modern yang serba canggih dengan teknologi smartphone yang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan,  ditambah dengan kesibukan yang sangat padat, telah menjadi penghalang bagi kita untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Masih banyak lagi hambatan-hambatan lainnya yang menghambat quality time bersama keluarga, bagaimana menghadapi situasi tersebut?

Pembahasan

Mewujudkan quality time keluarga secara teratur memang bukan perkara mudah. Oleh sebab itu sebagai keluarga kita harus cermat mengatasi beberapa hambatan quality time berikut ini agar tidak kehilangan momen menyenangkan bersama keluarga:

  •  Ketergantungan berlebihan terhadap gadget yang membuat seseorang untuk enggan beranjak dari layar gadget untuk beraktivitas bersama keluarga.
  •  Kesibukan masing-masing anggota keluarga sehingga waktu bertemu di rumah jadi semakin sedikit, misalnya orang tua sibuk bekerja atau berbisnis dan mengabaikan kebersamaan dengan anak-anak atau anak-anak justru sibuk beraktivitas diluar rumah.
  •  Perasaan malas berrkumpul dengan anggota keluarga karena kerap mendapat perlakuan yang menyebalkan, misalnya  dibanding-bandingkan dengan anggota keluarga lain (antar anak atau sepupu) atau selalu dimarahi karena dianggap sering melakukan kesalahan.
  • Kekurangan empati dalam diri masing-masing anggota keluarga sehingga kepedulian terhadap keluarga semakin berkurang. Hal ini rentan terjadi bila ada anggota keluarga yang merasakan pengalaman buruk berkaitan dengan hubungan antar keluarga.
  •  Hubungan antar keluarga yang terasa hambar dan kurang harmonis . biasanya waktu berkumpul bersama kelurga malah memicu konflik dan adu mulut karena tidak berusaha memahami satu sama lain. Setiap anggota keluaga harus menahan ego sementara waktu agar bisa berkomunikasi secara efektif.
  •  Keterbatasan kondisi finanasial yang membuat tulang punggung keluarga harus lebih giat mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga. Akibatnya tulang punggung keluarga sering tidak berada dirumah karena menganggap bahwa upaya untuk memenhi kebutuhan keluarga jauh lebih penting daripada quality time.
Memiliki waktu yang cukup untuk untuk bercengrama dengan keluarga merupakan kunci utama hubungan kekeluargaan yang erat dan harmonis. Menciptakan quality time dalam keluarga sesungguhnya dapat menciptakan pembelajaran dalam bingkai kebersamaan yang tidak terlupakan bagi setiap anggota kelurga

P    Penyelesaian

SeSetiap keluarga pasti pasti punya cara masing-masing untuk melakukan quality time.Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

     · Meluangkan waktu secara teratur untuk quality time keluarga, misalnya menetapkan hari minggu sebagai waktu berkumpul keluarga dirumah. Dengan demikian seluruh anggota keluarga bisa melakukan aktivitas pribadi pada hari lain dan meluangkan waktu pada hari quqlity time yang telah ditentukan.

     · Menjauhkan diri sendiri dan keluarga dari berbagai ganguan quality time, misalnya bermain gadget dan tumpukan pekerjaan. Anda bisa membuat permainan sederhana yang menantang selama qualiry time. Contohnya, anggota keluarga yang pertama kali tergoda menggunakan gadget saat quality time harus mentraktir seluruh anggota keluarga.

     · Mengajak seluruh anggota keluarga merencanakan kegiatan seru secra bergantian. Sehingga semua angota keluarga dapat aktivitas yang menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama.

      · Menahan ego untuk membicarakan hal-hal yang bersifat sensitive ( misalnya bertanya tentang rencana menikah , prestasi, atau pekerjaan angota kelurga lain) sehingga momen quality time berlangsung menyenangkan tanpa menyinggung perasaan salah seorang anggota kelurga.

      · Menyisihkan uang tabungan secara disiplin supaya anda sekeluarga bisa merasakan quality time diluar rumah, misalnya staycatiaon atau mengunjungi destinasi wisata impian.

Referensi

https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html

https://satupersen.net/blog/love-language-quality-time

https://www.gramedia.com/best-seller/quality-time/




0 komentar:

Posting Komentar