Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL, Lomba Foto dan Essay : QUALITY TIME WITH FAMILY

 

Quality Time with Family

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Ferdi Zidhane Agibhran

22310410085

Program Studi Psikologi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Berkumpulnya Keluarga di Saat Momen Hari Raya Idul Fitri

Link Postingan Partisipasi Kontes Foto

https://www.instagram.com/p/CsNCXxsv6XG/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Pendahuluan

Quality time adalah cara mengekspresikan perasaan sayang kepada pasangan dengan menghabiskan waktu bersama mereka. Bagi seseorang yang memiliki bahasa cinta ini, menghabiskan waktu yang dimaksud bukan hanya sekadar duduk berdua dalam satu ruang yang sama. Tapi, menghabiskan waktu dilakukan tanpa gangguan dengan dunia luar dan terfokus pada pasangan.

Sementara itu, Family Quality Time bisa didefinisikan sebagai waktu yang Anda gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah; yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan.

Permasalahan

Permasalahan quality time dalam keluarga terutama terjadi pada keluarga yang sibuk dan memiliki jadwal yang padat. Banyak orang tua yang merasa sulit untuk menemukan waktu bersama dengan anak-anak mereka karena pekerjaan, tugas rumah tangga, dan aktivitas lainnya. Ketergantungan pada teknologi, perbedaan minat dan usia antara anggota keluarga juga dapat menjadi hambatan sehingga interaksi keluarga akan terganggu dan quality time sulit dicapai.

Pembahasan

Dalam kehidupan saat ini yang menjadi hambatan quality time bersama keluarga yaitu seperti kesibukan dalam bekerja ataupun aktivitas lain membuat sulitnya menentukan waktu untuk berkumpul Quality time bersama keluarga. Majunya teknologi menjadikan masing-masing sibuk berselancar di internet dan komunikasi hanya terjalin melalui medsos. Pentingnya quality time ini terletak pada kualitas interaksi dan komunikasi yang terjalin antara anggota keluarga. Dalam kehidupan yang serba sibuk seperti sekarang, seringkali waktu bersama keluarga menjadi terabaikan, sehingga quality time harus dijadikan sebagai prioritas. Ayah, ibu, adik, dan seluruh keluarga berkumpul meluangkan waktunya pada momen Hari Raya Idul Fitri karena selain sebagai momen berkumpul bersama, juga sebagai momen yang sarat dengan makna kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran bersama dan komitmen untuk mengatasi permasalahan tersebut agar dapat mengoptimalkan quality time bersama keluarga.

Beberapa manfaat yang bisa sekeluarga dapatkan jika meluangkan quality time secara teratur adalah sebagai berikut:

·         Menguatkan ikatan emosional antara keluarga. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa saling mengasihi dan memahami satu sama lain. Hal ini membuat masing-masing anggota keluarga tak segan mengutarakan permasalahannya karena anggota keluarga lain pasti turut membantu mencarikan solusi. Quality time juga sangat penting untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan.

·         Menunjukkan kepedulian kepada keluarga, terutama di sela-sela rutinitas kerja atau bisnis yang super sibuk. Menghabiskan waktu senggang bersama keluarga adalah cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa anggota keluarga saling menyayangi antar anggota keluarga.

·         Mengetahui perkembangan atau pencapaian pribadi seluruh anggota keluarga. Orang-orang yang lalai menyediakan quality time keluarga biasanya tidak mengetahui perkembangan anggota keluarga, misalnya prestasi anak di sekolah, pekerjaan pasangan di kantor, atau kondisi kesehatan orang tua. Jangan sampai hal ini terjadi berlarut-larut hingga membuat hubungan keluarga makin renggang.

·         Memaksimalkan performa masing-masing anggota keluarga untuk urusan sekolah, bekerja, berbisnis, atau mengurus rumah tangga. Keluarga yang bahagia merupakan motivasi utama untuk meraih berbagai hal baik saat beraktivitas.

·         Meningkatkan kesehatan fisik seluruh anggota keluarga. Manfaat ini bisa diperoleh bila sekeluarga mengisi quality time dengan hal-hal bermanfaat, misalnya olahraga bersama, jalan-jalan, bersepeda, atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Hal ini tentu turut memperpanjang usia harapan hidup.

·         Meningkatkan kesehatan mental seluruh anggota keluarga karena setiap anggota keluarga merasa nyaman berinteraksi satu sama lain. Hal ini membuat risiko stres, depresi, gangguan kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya dapat diminimalkan.

 

Penyelesaian

Bagaimana menciptakan quality time bersama keluarga?

Pada dasarnya, semua waktu yang dilalui bersama keluarga adalah quality time. Akan tetapi, dalam membuat quality time bersama keluarga dapat berjalan teratur maka ada beberapa cara/tips sebagai berikut:

·         Buat jadwal tetap

Diskusikan dan tetapkan jadwal yang tetap untuk quality time bersama keluarga. Misalnya, menonton film atau sekedar jalan-jalan saat malam minggu, dan sebagainya. Anda juga bisa menjadikan waktu sarapan, makan siang, ataupun makan malam sebagai waktu bersama keluarga.

·         Atur tanggung jawab di rumah

Bila semua anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing dan kewalahan dalam mengatur rumah, sulit merealisasikan hal ini. Oleh karenanya, atur tanggung jawab tiap anggota keluarga saat di rumah agar waktu yang terpakai efisien dan bisa menyisakan untuk waktu bersama keluarga.

·         Cari aktivitas yang bisa dilakukan Bersama

Saat akan melakukan waktu bersama keluarga, cobalah untuk mencari kegiatan yang menarik untuk tiap anggota keluarga. Contohnya, jika satu keluarga hobi bersepeda, maka dapat bersepda bersama tiap Sabtu atau Minggu pagi bisa menjadi waktu spesial bersama keluarga.

·         Bentuk keluarga sebagai satu tim

Quality time baru dapat dibentuk bila tiap anggota keluarga menyadari pentingnya kebersamaan dan memiliki keinginan yang sama untuk menerapkannya. Tekankan bahwa keluarga adalah sebuah tim dan bukan kumpulan individu yang kebetulan tinggal dalam satu rumah.

·         Jangan padatkan jadwal anak

Jangan sampai anak kewalahan karena jadwal les atau pekerjaan rumah yang menumpuk. Perhatikan apakah anak memiliki kegiatan sehabis sekolah yang terlalu banyak atau tidak.

·         Biarkan anak memilih hal-hal yang ingin dilakukan

Untuk mencegah jadwal keseharian anak yang terlalu padat, biarkan anak memilih hal-hal yang ingin ia lakukan atau geluti seusai sekolah, contohnya, anak suka menyanyi, karenanya biarkan anak mengikuti les menyanyi.

 

Refrensi

https://www.puriindahmall.co.id/news/pentingnya-family-quality-time-untuk-anak-anak

https://satupersen.net/blog/love-language-quality-time

https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html

https://www.sehatq.com/artikel/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-perlu

 

 

0 komentar:

Posting Komentar