Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : LOMBA FOTO DAN ESSAY “QUALITY TIME WITH FAMILY”

 

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : LOMBA FOTO DAN ESSAY “QUALITY TIME WITH FAMILY”

  “QUALITY TIME “

 

 

MICO ALAN SEBASTIAN 22310410013

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Link Photo Challange :
https://www.instagram.com/p/CsOVGdmJ2AQ/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Pendahuluan

 Quality time juga merupakan serangkaian kegiatan dari yang sangat terencana dan kegiatan dalam jangka waktu panjang hingga kegiatan ritual dan rutin dalam menggunakan waktu untuk berbagi sesuatu dengan orang lain khususnya keluarga. Bagian yang paling esensial dalam quality time adalah kebersamaan atau aktivitas yang dilakukan bersama-sama, interaksi satu sama lain, dan juga komunikasi (Marchena, 2004).


Permasalahan

Aktivitas bekerja yang cenderung padat menimbulkan waktu luang sangat berkurang sehingga waktu quality time bersama keluarga sangat sulit terealisasikan dan konflik antar keluarga seperti orangtua-anak terjadi.


 Pembahasan

 Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama bagi setiap individu, sehingga keluarga merupakan agen sosialisasi yang pertama dan utama pula. Sejak dilahirkan, seorang bayi sudah berhubungan dengan kedua orang tua nya dan saudara-saudara dekatnya yang lain. Seorang anak akan mengenal lingkungan sosial budayanya serta pola pergaulan hidup seharihari melalui keluarga. Di dalam keadaan normal, lingkungan pertama yang berhungan dengan anak adalah kedua orang tuanya, saudara-saudaranya yang lebih tua (kalau ada), serta mungkin kerabat dekatnya yang tinggal serumah. Melalui lingkungan itulah si anak mengenal dunia sekitarnya dan pola pergaulan hidup yang berlaku sehari-hari. Melalui lingkungan itulah anak mengalami proses sosialisasi awal. orang tua, saudara, maupun kerbat terdekat lazimnya mencurahkan perhatian untuk mendidik anak supaya anak memperoleh dasar-dasar pola pergaulan hidup yang benar dan baik, melalui penanaman disiplin dan kebebasan serta penyerasiannya (Mas’udi, 2015).

Melalui adanya pertemuan antara ibu dan anak yang berkualitas atau yang biasa disebut dengan quality time, berbagai sikap positif akan mudah ditiru oleh anak remaja, dan ketika sikap negatif orang tua yang ditiru, orang tua dapat segera mengoreksi sikap tersebut. Quality time ibu dan anak adalah frekuensi pertemuan antara ibu dan anak untuk melakukan kegiatan yang berkualitas bersama-sama, seperti membaca, bermain, belajar, berkebun, memasak, dan makan malam. Quality time antara ibu dan anak adalah waktu yang mencakup semua aktivitas dimana anak-anak memberikan fokus secara primer terhadap semua kegiatan dan bertanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan (Sintha Dewi Aryaningrat & Marheni, 2012).

Terlepas dari tren dan apa yang sudah dianggap biasa oleh masyarakat, menghabiskan quality time bersama dengan keluarga mash sangat penting. Selain untuk menjaga hubungan, manfaat lain dari quality time bersama keluarga adalah memberikan orang tua kesempatan untuk menunjang pertumbuhan yang positit pada anak. Berikut adalah bagaimana rutinitas dan ritual keluarga membantu anak tumbuh secara maksimal. Quality time juga merupakan serangkaian kegiatan dari yang sangat terencana dan kegiatan dalam jangka waktu panjang hingga kegiatan ritual dan rutin dalam menggunakan waktu. Untuk berbagi sesuatu dengan orang lain khususnya keluarga. Bagian yang paling esensial dalam quality time adalah kebersamaan atau aktivitas yang dilakukan bersama-sama, interaksi satu sama lain, dan juga komunikasi (Marchena, 2004).

 

Penyelesaian

 Dengan padatnya aktivitas seperti permasalahan di atas ada perlunya untuk mengatur waktu bersama kaluarga jauh-jauh hari sehingga quality time dengan keluarga bisa terlaksana seperti memasak dan makan bersama, berlibur bersama, belajar bersama, dll.

Terealisasinya quality time dengan keluarga akan mendapatkan manfaat yang banyak seperti mempererat hubungan keluarga, menjaga kesehatan mental, dan lain sebagainya.

  

Daftar pustaska

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_IdYEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&d q=quality+time+dengan+keluarga&ots=kbEuUsgHdS&sig=CWSHmjC3NHrSV- AuEqVVWFTxmkY&redir_esc=y#v=onepage&q=quality%20time%20dengan%20keluarga&f= false

https://www.google.com/search?q=jurnal+quality+time&sxsrf=APwXEdePRCJhoRL7i9 sgzHMUf6ZAHmGUGg%3A1684064982502&ei=1spgZKmoHt_D4-EP9u- p8AM&ved=0ahUKEwip67343vT- AhXf4TgGHfZ3Cj4Q4dUDCA4&uact=5&oq=jurnal+quality+time&gs_lcp=Cgxnd3Mtd2l6LX NlcnAQAzIECCMQJzIECCMQJzIECCMQJzoKCAAQRxDWBBCwAzoFCAAQgAQ6BwgA




0 komentar:

Posting Komentar