Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL: ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME

 Quality Time With Family
Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Maulana Nor Ikhsan (22310410083)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta









Meningkatkan kesehatan mental anak dengan menjaga quality time family

a.                   Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsOceMmvXiE/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==



b.      Pendahuluan

Perhatian dan kasih sayang yang orang tua tunjukkan kepada anak mereka, tentu akan berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Anak harus sadar dan tahu bahwa mereka dicintai oleh orang tua mereka. Orang tua juga tidak hanya memberi tahu bahwa mereka mencintai anak-anak mereka, tetapi juga menunjukkannya. Ini penting, lho! Kasih sayang dan cinta yang orang tua tunjukkan juga bukan hanya di waktu-waktu penting saja, seperti Hari Anak atau hari ulang tahun, tetapi di kehidupan sehari-hari secara teratur, salah satunya dengan cara quality time.



c.       Permasalahan

Mengapa menjaga kesehatan mental anak jadi hal penting yang harus diperhatikan oleh kedua orangtua? Bukan tanpa alasan, kesehatan mental yang baik dan terjaga memungkinkan anak untuk berpikir jernih, berkonsentrasi, berkembang lebih baik secara sosial dan lebih mudah mempelajari keterampilan baru. Dapat kita lihat pekerjaan orang tua anak tersebut anggota polri dan perawat di RS yang bisa kita tau jadwal kerjanya tidak pasti dan waktu untuk bersama anak anaknya tidak seperti yang lain.

d.       Pembahasan

Quality time family berdasarkan foto diatas menunjukan bahwa seorang ibu sedang menggendong anaknya dengan penuh kasih sayang dan si anak juga merasakan kasih sayang yang diberikan. Foto tersebut juga menunjukan anak dibawa ke kondangan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan menengenai interaksi sosial dan berujuan agar anak bisa mengenal lingkungkungan sekitar. Hal tersebut juga termasuk dalam meningkatkan kesehatan mental anak sejak dini.



e.       Penyelesaian

Orang tua yang memiliki pekerjaan yang waktunya tidak pasti tentu akan mengganggu waktu Quality time kepada anaknya dan saya setuju kepada ibu tersebut yang membawa anaknya serta menghibur anaknya hal tersebut bertujuan agar anak tersebut tidak merasa kurang kasih sayang dari orang tuanya. Dengan membagi waktu menjaga anak itu juga termasuk hal yang baik dan tetap menjaga quality time untuk anak.



f.        Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dalam essay di atas adalah selain kita sebagai orang tua perlu mengenalkan quality time with family sejak dini ke keluarga , kita juga harus dapat meluangkan waktu kita untuk keluarga dengan bercerita apa yang terjadi hari ini kepada kedua orang tua kita dan meminta saran jika ada permasalahan yang sifatnya harus dengan orang tua. Maka dari itu pentingnya kita sebagai anak harus tetap menjaga komunikasi kepada orang tua kita agar mengetahui bagaimana kondisi orangtua dan keluarga.

 

Daftar Pustaka

https://www.halodoc.com/artikel/sering-diabaikan-ini-pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-anak

https://www.gramedia.com/blog/ini-alasan-kenapa-quality-time-bersama-anak-sangat-penting/amp/



  

0 komentar:

Posting Komentar