Minggu, 14 Mei 2023

Essay UTS Psikologi Sosial Topik Quality Time with Family

 

Quality Time With Family

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

                                                                                  Ade setiawan

                                                                                   22310410066

                                               Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, Ma

                                            Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsPpsWqP-75CH-RG_xKchb-6mF7Ylpef9bGIKo0/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

 

 

Pendahuluan

Quality time bersama keluarga merupakan sebuah pemanfaatan waktu yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan saying dan cinta terhadap keluarga. Quality time yang dilakukan setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang pergi berlibur bersama keluarga, menyisikhan waktu untuk makan bersama, hingga berusaha berkumpul disebuah tempat hanya untuk saling bercengkrama dan saling memancarkan kebhagiaan.

Permasalahan 

Kesibukan, tentu menjadi masalah utama dalam menghambatnya Quality time ini. Kesibukan  biasanya dialami mereka yang memiliki tingkat jam kerja yang sangat tinggi sehingga sulit sekali untuk membersamai keluarga di dalamnya. Kesibukan ini faktor yang sangat berpengaruh pada nilai Quality time, karena dengan sibuknya tentu komunikasi antar keluarga akan menjadi berantakan yang bias menyebabkan berbagai macam permasalahan lain seperti kurangnya perhatian terhadap anggota keluarga satu dengan lainnya.

Pembahasan

Dari foto diatas yang saya ambil ketika moment lebaran idul fitri tahun ini, dimana ini merupakan momen yang menjadi berkesan karena tiap tahunnya kita berkumpul bersama keluarga untuk saling mengungkapkan perasaan, saling bermaaf-maafan, bahkan saling memberi uang atau THR kepada keluarga. Moment ini adalah Quality time yang sangat langka tapi sangat mebahagiakan karena dengan adanya Idulfitri ini semua keluarga seperti kembali hadir menjadi satu dan saling melengkapi. Dari sabang sampai merauke  bahkan keluarga yang dari luar negeri pun biasanya akan hadir dalam acara yang sakral ini.

Penyelesaian

Untuk hal ini, komunilkasi menjadi acuan penting dalam membangun hubungan keluarga yang harmonis dan bahagia. Dengan adanya komunikasi ini juga kita bias terhindar dari prasangka-prasangka yang tidak-tidak. Oleh karena itu sebaiknya luangkan waktu anda untuk sebisa mungkin mengobrol dengan anggota keluarga. Dengan adanya obrolan ini kita menjadi tahu apa saja yang akan dilakukan dan rencan-rencana apa yang bisa membuat sebuah keluarga menjadi  lebih bahagia.

Kesimpulan

Membina hubungan yang harmonis antar anggota keluarga merupakan suatu hal yang penting di lakukan khususnya bagi orang tua, karena akan sangat berpengaruh terhadap keadaan psikologis anggota keluarga yang lain terutama bagi seorang anak. Perasaan bahagia pada anak akan membuat harga diri anak menjadi tinggi hal ini dikarenakan didalam keluarga terjadi interaksi yang positif, saling menghargai satu sama lain sehingga anak melakukan perilaku modeling yaitu anak dapat menghargai dirinya sendiri. Terkait dengan hal tersebut, hendaknya orang tua dapat menjadwalkan kegiatan bersama (quality time) dan saling sharing serta memberikan contoh perilaku yang dapat membuat anak dapat menghargai diri sendiri maupun orang lain.

Daftar Pustaka

https://katadata.co.id/agung/berita/62bab54319efe/5-cara-meningkatkan-quality-time-bersama-orang-tersayang

 

              

 

0 komentar:

Posting Komentar