Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial : Lomba Foto dan Essay “ Quality Time With Family “ Naufal Mukhtarom Akbar Lubis 22310420087

QUALITY TIME FAMILY

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI SOSIAL

NAUFAL M A LUBIS 

22310420087


Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta














DENGAN WANITA HEBAT DALAM KELUARGA


Link Photo Challenge : 

https://www.instagram.com/p/CsOfmwiSE7E/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Pendahuluan : 

Defenisi keluarga adalah sebuah unit sosial yang terdiri dari individu yang saling terkait melalui hubungan darah, pernikahan, atau adopsi. Keluarga biasanya terdiri dari orang tua (ayah dan ibu) dan anak-anak mereka, meskipun konfigurasi keluarga dapat bervariasi tergantung pada budaya dan lingkungan.

Anak adalah keturunan atau keturunan dari orang tua yang lebih tua. Secara umum, anak adalah individu yang belum mencapai usia dewasa atau independen secara finansial. Namun, definisi anak dapat berbeda-beda tergantung pada konteks sosial dan budaya, serta undang-undang di negara yang bersangkutan.

Untuk menciptkan sebuah rumah tangga atau keluarga yang harmonis, beberapa cara bisa dilakukan seperti salah satunya adalah memberikan waktu atau quality time pada keluarga. Guna quality time tersebut menurut Despasya Yolanda (2022) dalam artikel yang diupload di Cleanipedia.com adalah :

  1. Menguatkan ikatan emosional antara keluarga. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa saling mengasihi dan memehami satu sama lain.

  2. Menimbulkan kepedulian sesama anggota keluarga ditengah sela-sela waktu kesibukan yang ada.

  3. Mengetahui permasalahan dan perkembangan atau pencapaian pribadi seluruh anggota keluarga.

  4. Memaksimalkan performa masin-masing untuk anggota keluarga untuk urusan sekolah, bekerja, berbisnis, atau mengurus rumah tangga.

  5. Meningkatkan kesehatan fisik seluruh anggota keluarga. Manfaat lainnya bisa melakukan hal diluar rumah seperti olah raga bersama dan lainnya. 

  6. Meningkatkan kesehatan mental seluruh anggota keluarga karena setiap anggota keluarga merasa nyaman berinteraksi satu sama lain. 

Dalam keluarga sebisa mungkin harus menyempatkan quality time bersama. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa quality time sangat berguna untuk kesehatan hubungan kekeluargaan. Peran ayah, iibu, anak, kakek, dan nenek sangat lah penting. 

Permasalahan :

Peran wanita dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera dengan quality time.

Pembahasan : 

Wanita merupakan makhluk yang dimuliakan oleh Tuhan sebagai perantara lahirnya manusia dibumi ini. Wanita diberi kelebihan untuk bisa mengandung, melahirkan, memelihara calon manusia, serta mendidiknya. Wanita sebagai ibu adalah pendidik paling utama bagi manusia. Kaum ibu yang ideal tidak sekedar dapat mengandung, namun seorang ibu harus berkualitas. Anak-anak mereka tidak cukup dijamin kebutuhan jasmaninya, namun rohaninya juga lebih penting. 

Wanita hebat dalam keluarga bisa membangun hubungan yang sangat kuat terhadap anak selain dapi peran seorang ayah. wanita hebat bukan hanya dari seorang ibu yang mengurus anaknya, tetapi juga peran seorang nenek. Wanita hebat dalam peran sebagai ibu dan nenek dalam keluarga adalah mereka yang memiliki kualitas kepemimpinan yang kuat dan mampu memberikan pengaruh positif kepada anak-anak dan cucu-cucu mereka. Wanita hebat dalam peran ini biasanya :

  1. Memberikan kasih sayang yang tulus: Seorang ibu dan nenek yang hebat selalu memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak-anak dan cucu-cucunya. Mereka mampu membuat anak-anak dan cucu-cucunya merasa dicintai dan dihargai.

  2. Menjadi teladan : Wanita hebat dalam peran sebagai ibu dan nenek adalah teladan bagi keluarga mereka. Mereka mampu menunjukkan sikap yang positif dan memberikan inspirasi kepada anak-anak dan cucu-cucunya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  3. Mendorong perkembangan : Seorang ibu dan nenek hebat mampu mendorong perkembangan anak-anak dan cucu-cucunya. Mereka memberikan dukungan yang diperlukan untuk membuat anak-anak dan cucu-cucunya berkembang menjadi individu yang mandiri dan berkualitas.

  4. Menjaga harmoni keluarga : Wanita hebat dalam peran ini mampu menjaga harmoni dalam keluarga. Mereka mampu mengatasi masalah dan mempertahankan hubungan yang baik antara anggota keluarga.

  5. Berperan sebagai penghubung : Seorang ibu dan nenek yang hebat mampu berperan sebagai penghubung antara generasi yang lebih tua dan lebih muda dalam keluarga. Mereka mampu mempertahankan tradisi dan nilai-nilai keluarga yang penting untuk diteruskan ke generasi berikutnya.

Penyelesaian :

Terlepas dari peran ayah dalam keluarga dalam menciptakan hubungan sejahtera dengan melakukan keluarga, terkadang peran ibu dalam keluarga sangat bisa diandalkan. Bentuk quality time bisa berupa kegiatan keluarga diluar rumah seperti makan bersama, olahraga, rekreasi, menonton film, berbelanja, dan mendidik anak dengan pendekatan antara orang tua. 

Seorang wanita hebat memiliki peran penting dalam menciptakan dan memastikan terjadinya quality time keluarga yang sejahtera dan berkualitas. Beberapa peran yang dapat dilakasanakan oleh seorang wanita dalam quality time keluarga antara lain :

  1. Membuat jadwal kegiatan bersama dengan mengatur jadwal keluarga dan memastikan bahwa setiap anggota keluarga dapat berpartisipasi dalam kegiatan quality time. 

  2. Dapat membentuk atau menciptakan permainan atau kegiatan dalam quality time. Misalnya : permainan keluarga, olahraga, atau aktivitas kreatif yang disukai oleh anggota keluarga.

  3. Menciptakan suasana menyenangkan dalam keluarga dengan cara menyediakan makanan dan minuman yang disukai oleh anggota keluarga, serta menata perabotan atau mendesain rumah dengan nyaman dan tenang.

  4. Memberikan interaksi positif guna mendorong keharmonisan keluarga agar menciptakan keluarga yang saling memahami dan mengenal satu sama lain.

  5. Berperan aktif dalam keterlibatan keluarga dengan komunikasi yang baik, untuk membuat kegiatan menjadi menarik dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluaraga.

Dengan cara tersebut diharapkan selain peran seorang ayah yang penting, tetapi peran wanita hebat yang baik dapat menciptkan interaksi sosial terhadap anggota keluarga. Wanita juga dapat dipandang hebat, bukan hanya handal dalam mengurus anak tetapi handal dalam melakukan interaksi sosial sesama anggota keluarga dan dapat menciptkan kesejahteraan keluarga. 

Refrensi : 

https://sulselprov.go.id/welcome/post/peran-wanita-sebagai-ibu-menurut-konsepsi-islam


https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html


https://www.halodoc.com/artikel/ibu-bekerja-bagaimana-quality-time-dengan-anak


https://sulselprov.go.id/welcome/post/peran-wanita-sebagai-ibu-menurut-konsepsi-islam


https://www.ibudanbalita.com/artikel/9-cara-menciptakan-quality-time-orang-tua-dan-anak


0 komentar:

Posting Komentar