Senin, 15 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI "LOMBA POSTER DAN ESSAY"

Reading Builds Your Future

Tegar Chandra Surya Perdana

22310410028

Reguler A1

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta






 

Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsQIlANyKm6/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Pendahuluan

Society 5.0 adalah konsep yang memungkinkan umat manusia menggunakan ilmu pengetahuan berbasis teknologi modern seperti AI dan robot untuk memenuhi kebutuhan dan mempermudah kehidupan manusia.

Komponen utama Society 5.0 adalah manusia yang dapat menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi. Perkembangan ini diharapkan dapat meminimalisir kesenjangan sosial dan masalah ekonomi.

Permasalahan

Kita mulai memasuki era yang dimana manusia sudah menggembangkan ilmu pengetahuan berbasis teknologi modern seperti AI. Sayangnya masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi yang rendah, maka dari itu kita harus terus meningkatkan literasi kita dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat supaya kita tidak tertinggal, dan mampu bersaing di era yang di sebut era Society 5.0.

Penyelesaian dan Pembahasan

Literasi memiliki beragam definisi, salah satunya dari UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa). Literasi adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, menghitung, mengomunikasikan, dan menggunakan informasi yang disajikan melalui berbagai bentuk media.

Saat ini kita telah memasuki era digital, yang mana pada era ini teknologi masa lalu telah digantikan dengan teknologi yang lebih modern dan canggih.

Melihat perubahan dunia yang amat cepat, generasi muda perlu mempersiapkan masa depan dari sekarang dan harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dunia tersebut.

Menghadapi perubahan dunia, perkembangan teknologi, bahwa manusia perlu memiliki kemampuan atau kompetensi tertentu untuk bisa beradaptasi dan survive (berkembang dan bersaing). Kompetensi yang wajib dimiliki yaitu berorientasi tindakan, berprinsip, inovatif, berkomitmen, mandiri, reflektif, bekerja sama, komunikatif, dan cerdas.

Sesuatu yang baru tersebut akan menghasilkan sebuah ide. Ide bukanlah hal yang datang dengan sendirinya, ide itu harus dicari. Ide bisa muncul karena berasal dari pikiran yang kreatif, dan kunci dari keberhasilan untuk bisa survive adalah kreatifitas. Dengan kreatifitas manusia mampu menghasilkan sesuatu yang baru, sehingga akan lebih mudah untuk survive di dunia yang begitu cepat berubah.

Kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide secara jelas dan efektif merupakan salah satu komponen penting dari literasi. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dipahami, baik melalui lisan maupun tulisan. Hal ini juga meliputi kemampuan untuk memahami audiens yang dituju dan menggunakan bahasa yang tepat dan efektif untuk berkomunikasi dengan mereka.

Menulis dapat membantu seseorang meningkatkan kreativitas mereka. Dalam menulis, seseorang dapat mengeksplorasi ide dan gagasan yang lebih luas dan mengembangkan keterampilan dalam mengekspresikan ide dan gagasan secara kreatif.

Dalam proses menulis, seseorang dapat menciptakan dunia imajiner yang berbeda dan mengeksplorasi ide-ide baru. Hal ini memungkinkan seseorang untuk membuka pikiran mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir secara kreatif.

Literasi bukanlah sebatas membaca saja tetapi memiliki pengertian yang jauh lebih luas. Dalam era informasi saat ini, kemampuan menulis sebagai salah satu bentuk literasi produktif menjadi keterampilan yang semakin penting untuk dimiliki. khususnya sebagai pendamping aktivitas membaca. Dengan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, analitis, dan kreativitas, menulis menjadi bentuk literasi produktif yang sangat penting untuk pengembangan pribadi dan profesional. Menulis membantu seseorang untuk merenung, memikirkan gagasan, mengembangkan kemampuan analisis, dan mengekspresikan ide dengan jelas dan persuasif. Keterampilan menulis yang baik juga sangat dihargai dalam banyak profesi dan bisnis. Dalam rangka mencapai keberhasilan, penting bagi individu untuk memperbaiki keterampilan menulis mereka dan melatih kemampuan literasi produktif mereka secara terus-menerus.

 

Pustaka dan Daftar Pustaka

Hermawati, A. (2022, June 6). Pentingnya Literasi Digital di Era Digital. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/user-11052022163534/pentingnya-literasi-digital-di-era-digital-1y3VcgyxLYl

https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/draft-postliterasi-itu-bukan-membaca-saja/. (2022, May 22). Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan, Penguatan Literasi Itu Sebaiknya Bukan Hanya Membaca. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/draft-postliterasi-itu-bukan-membaca-saja/

Masa Depan Adalah Milik Mereka yang Mempersiapkan Hari Ini. (2021, December 7). Retrieved from Kemenkeu.com: https://komunita.kemenkeu.go.id/post/detail/news/masa-depan-adalah-milik-mereka-yang-mempersiapkan-hari-ini

Sitanggang, D. D. (2022, December 14). Society 5.0 Adalah: Pengertian dan Penerapannya. Retrieved from Detik.com: https://www.detik.com/bali/berita/d-6461103/society-50-adalah-pengertian-dan-penerapannya

 


0 komentar:

Posting Komentar