Rabu, 03 Juli 2024

Tugas Abnormalitas_observasi ke Rumah PABM Nawacita Jogja

Tugas Abnormalitas 

Observasi ke Rumah PABM Nawacita Jogja

Jl. Raya Kadisoka, Kadisoko, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Dosen pengampu :   FX. WAHYU  WIDIANTORO S.Psi., MA





Disusun Oleh:

1. Asmi Wati 22310410123

2. Riska Nurul Fadillah 22310410122

3. Akeng arbi putra 22310410130

4. Ester Therecia H Rumbewas 22310410103

5. Maulana Malik Ibrahim 22310410091

6. Depen Telenggen 22310410128

7. Moh.Ammar Farhan Majid 22310410021



Rumah PABM ini merupakan sebuah Lembaga rehabilitasi yang menawarkan program pemulihan adiksi berbasis Masyarakat. Tempat ini bertujuan untuk membantu individu yang mengalami masalah adiksi agar dapat pulih dan Kembali berintegrasi ke dalam Masyarakat. Proses rehabilitasi merupakan langkah penting bagi seseorang yang ingin memulihkan diri dari ketergantungan zat-zat tertentu seperti rokok, alkohol, dan narkotika.  Proses rehabilitas ditempat ini  dimulai dengan :

Penerimaan Awal dan Proses Pendaftaran 

Ruang tunggu menjadi tempat di mana proses pendaftaran dilakukan. Calon klien akan mengisi data administrasi yang diperlukan. Selanjutnya, dilakukan proses "screaming" untuk mengetahui tingkat ketergantungan klien terhadap zat-zat tertentu. Berdasarkan hasil "screaming", tingkat ketergantungan klien akan diklasifikasikan sebagai ringan, sedang, atau berat.

Program Rehabilitasi 

 Tingkat Ringan: Klien akan menerima edukasi singkat.
- Tingkat Sedang: Klien akan menjalani program rehabilitasi intensif, misalnya rawat jalan selama 3 bulan.
- Tingkat Berat: Klien akan menjalani perawatan rawat inap selama 6 bulan.

Assessment dan Rencana Tindak Lanjut

Setelah proses pendaftaran, dilakukan assessment menyeluruh terkait dengan 7 domain seperti kesehatan, pekerjaan, sosial, hukum, dan aspek psikologis. Hasil assessment ini akan menjadi dasar untuk menentukan rencana tindak lanjut yang sesuai.

Program Rehabilitasi Selama 6 Bulan
 
Program ini melibatkan pengisian data registrasi, pengecekan barang bawaan, pemeriksaan kesehatan, dan tes urine. Selain itu, program mencakup fasilitas seperti ruang tidur, ruang laundry, ruang makan, kamar mandi, serta ruang psikoedukasi dan terapi. Klien akan menjalani metode 12 langkah dengan jadwal kegiatan harian yang ketat. 
Dukungan dan Edukasi 
Selama program berlangsung, keluarga klien juga akan diberikan edukasi terkait dengan adiksi dan cara mendukung proses rehabilitasi klien. Acara "Saturday night activity" menjadi momen bagi klien untuk bersantai dan beraktivitas hingga larut malam.

Evaluasi dan Edukasi Tambahan

Pada akhir program, dilakukan evaluasi untuk menilai perkembangan klien. Jika diperlukan, akan diberikan edukasi tambahan untuk mendukung proses pemulihan klien. 
Proses rehabilitasi ini bertujuan untuk membantu klien memulihkan diri dan mendukung mereka dalam perjalanan menuju kehidupan yang lebih baik. Dengan dukungan keluarga dan tim rehabilitasi yang komprehensif, diharapkan klien dapat pulih dan kembali ke kehidupan yang sehat dan bermakna.


0 komentar:

Posting Komentar