Jumat, 12 Juli 2024

ESSAY 6 - MELAKUKAN PERUBAHAN DIRI- SACHUROH

 PSIKOLOGI INOVASI

ESSAY 6 PERUBAHAN DIRI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A


Sachuroh

21310410165

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Olahraga merupakan suatu kegitan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia, dengan berolahraga badan kita mmenjadi sehat dan bugar. Olahraga yang sehat umumnya dilakukan pada pagi hari agar mendapat paparan sinar matahari pagi. Umumnya manfaat yang dirasakan dapat berupa jangka pendek maupun jangka Panjang. Pada esai ini membahas perubahan diri dengan olahraga, perubahan diri merupakan sebuah peralihan dari masa yang kurang baik menjadi lebih baik, perubahan diri ini membuat seorang yang dulunya malas menajdi rajin contohnya saja dalam berolahraga, setelah mengetahui  manfaat dari berolahraga seseorang yang dulunya tidak suka berolahraga menjadi suka dan kecanduan.

Disela-sela sesibukan saya sebagai seorang karwayan dan harus bekerja, saya berusaha menyempatkan untuk dapat melakukan kegitan olahraga sebagai wujud perubahan diri kearah yang lebih baik dan sehat, kegitan ini saya lakukan selama 8 minggu berturut-turut, karena dengan kita berolahraga secara rutin merupakan salah satu bentuk tangguang jawad diri untuk tetap sehat. Serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Saat berolahraga tubuh akan bebas bergerak, hal ini memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancer, dan hasilnya tubuh jauh lebih sehat seta kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Pada kegitan perubahan diri ini awalnya saya akan melakukan olahraga jogging, namun pada saat pertama kali jogging karna pemasanan yang kurang mengakibatkan saya semaaput dan saya memutuskan untuuk mengganti olahraga menjadi skiping saja. Pada saat minggu pertama skiping hasil lompatan yang saya dapatkan tudak terlalu banyak karena saya belum terbiasa dan belum bisa mengatur pernafasan. Sebelum saya melakukan skiping biasanya saya jalan kaki terlebih dahulu mengelilingi lapanan soka dana songgom sebanyak dua putaran namun jika saya melakukan kegitan berubahan diri ini di rumah maka saya akan jalan santai beberapa langakah di depan rumah saja. Pada minggu-minggu kedepannya lompatan saya mulai bertambah dan waktunya juga bertambah mingga minggu kedelapan. Pada saat melakukan kegitan perubahan diri ini banyak sekali halangan rintangan ,mulai dari males, cape dan merasa tidak ada waktu namun dapat saya selesaikan hingga minggu kedelapan. Alasan saya memillih olahraga ini karena olahraga ini dapat dilakuakn Dimana saja, dan tanpa teman pun masih tetap bisa dilakukan. Biasanya saya melakukan kegitan ini di mulai dari jam tujuh pagi sampe jam delapanan atau bahkan jam Sembilan, dan jika pada sore hari saya melakukan pada jam empat sore sampe jam lima.

Banyak sekali manfaat olahraga skiping  yang pertama yaitu membakar kalori didalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan, melatih otot kaki, dapat meningkatakan keseimbangan otot tubuh, dapat melatih focus, dengan skiping kita dapat menjaga Kesehatan jantung, menjaga kesehtan mental dan pikiran, dapat pula untuk menguatkan tulang, melatih pernafasan agar stabil, menyehatkaan kulit karena terkena sinar matahari pagi, serta dapat meningkatkan Kesehatan seluruh tubuh



0 komentar:

Posting Komentar