Sabtu, 13 Juli 2024

ESSAY UAS PSIKOLOGI INOVASI: DIAN FADJARINI (21310410011)

 ESAI UAS

JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI, JULI 2024

“Coping Stress Sebagai Hasil Dari Persepsi Mahasiswa Dalam Penyelesaian Tugas Inovatif”

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


 

 

Oleh:

Nama: Dian Fadjarini

NIM: 21310410011

Kelas: Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

Persepsi merupakan tahap pertama dalam penerimaan informasi, sehingga menjadi dasar bagaimana seseorang bisa merespon lingkungannya. Persepsi juga merupakan proses kognisi dasar, kognisi tersebut perlu dikelola untuk merespon lingkungan (Mira & Real, 2005).  

Adapun skema persepsi menurut Paul A. Bell:



Persepsi individu dimulai dari adanya objek sebagai stimulus. Setelah individu menerima stimulus tersebut maka terbentuklah persepsi. Ada dua jenis persepsi yaitu dalam ambang batas dan diluar batas optimal. Apabila individu merasa bahwa persepsi tersebut masih dalam ambang batas maka akan terbentuk sikap homeostatis dimana individu berusaha menyeimbangkan diri serta beradaptasi dengan lingkungan. Namun apabila dirasa persepsi tersebut diluar batas optimal, maka akan menimbulkan stress pada individu. Stress juga akan berkelanjutan menciptakan coping atau strategi. Ada dua kemungkinan yang akan Nampak, yaitu 1. adaptasi beserta efek lanjutannya atau 2. Stress berkelanjutan beserta seluruh efek lanjutannya.

Individu dalam menampilkan persepsi mempengaruhi sikapnya untuk mengambil sikap kreatif atau tidak kreatif. Menurut Edward De Bono, berpikir kreatif merupakan upaya proses kognitif yang ditandai dengan cara mencari solusi pemecahan yang tepat terhadap suatu masalah yang sangat urgent (penting dan mendesak) dalam kehidupan seseorang. Sikap kreatif dan inovatif dapat menolong seseorang untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki. kemampuan manusia untuk mengatasi segala kelemahannya merupakan perwujudan dari pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization) sesuai dengan pendapat Abraham Maslow (Hall, Lindzay & Campbell, 1998). Dalam hal ini, mengaktualisasikan diri berarti memberdayakan seluruh potensi, bakat, intelektual, kreativitas dan minat. Dalam efikasi diri kreatif milik Bandura (1997), berarti bahwa keyakinan individu atas kemampuannya untuk mengerahkan motivasi, sumberdaya kognitif, tindakan, agar bisa memenuhi tuntutan pada situasi tertentu untuk memproduksi sesuatu yang kreatif atau melakukan tugas dalam proses inovasi (Hsu et al., 2011; Slåtten, 2014; Tierney & Farmer, 2002). Sejalan dengan itu, menurut Tierney dan Farmer (2002) efikasi diri kreatif merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk memproduksi hasil yang kreatif, baru, dan berguna.

           Persepsi merupakan dasar terbentuknya perilaku. Apabila skema Paul A. Bell dikaitkan dengan cara mahasiwa merespon tugas inovatif terhadap sampah, maka akan ada dua jenis mahasiswa yaitu:

a.       Mahasiswa yang cenderung melakukan atau menyelesaikan tugas tersebut alakadarnya hanya untuk memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa. Tugas yang diberikan adalah sebagai objek yang menimbulkan persepsi. Mungkin saja persepsi tersebut diluar batas optimal lalu menimbulkan stress pada mahasiswa. Stress ini diikuti oleh coping yang negatif misalnya mahasiswa merasa tugas tersebut sangat sulit dan akhirnya mahasiswa hanya melakukan tugas alakadarnya.  

b.      Mahasiswa yang mampu tampil out of the box dalam penyelesaian tugas. Respon yang berbeda ini dipengaruhi oleh tingkat kreatifitas serta niat mahasiswa. Pikiran ini dapat berawal dari persepsi yang menimbulkan stress,namun mahasiswa mampu memilih respon positif sehingga memiliki strategi coping yang bagus. Strategi coping yang bagus ini menimbulkan efek berkelanjutan misalnya, dalam kondisi stress terhadap tugas mahasiswa mampu beradaptasi dengan tugas yang ada, lalu mahasiswa memikirkan ide-ide kreatif untuk penyelesaian masalah, setelah itu mahasiswa memilih cara paling tepat dari pemikiran-pemikiranya, selanjutnya cara itu ia realisasikan dalam pembuatan karya inovatif dalam pemanfaatan sampah. Efek yang paling jelas adalah tentu nilainya akan bagus dan optimal. Dengan kata lain, persepsi yang membentuk perilaku positif apabila diikuti strategi coping yang positif ketika menghadapi stress.

Jika dihubungkan dengan film Macgyver, ada perilaku yang mendukung inovasi-inovasi dalam film MacGyver sehingga tokoh utama mampu menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang menghadangnya. Tokoh tersebut dalam keadaan terdesak saat menjadi tawanan namun memiliki sikap yang tidak mudah menyerah sehingga menimbulkan keyakinan untuk keluar dari penjara. Keyakinan ini mendorong pemikiran homeostatis yaitu untuk bertahan dalam kondisi tersebut dan sembari memanfaatkan apa yang ada diruangan. Tokoh dalam MacGyver mampu membuat tepung untuk bhn peledak, memperbaiki keyboard pengatur waktu peledakan bom dengan kawat, memecahkan lampu untuk membuka pintu, menciptakan mesin mobil dan mempersenjatai untuk lolos dari penjara. Semua itu adalah hasil dari perilaku kreatif, dan hal inilah mendukung adanya inovasi. Dengan memanfaatkan segala yang ada disekitar atau yang dilihatnya menjadi barang-barang yang berguna. Perilaku kreatif inovatif ini akhirnya mampu membuat tokoh tersebut keluar dari permasalahannya dan berhasil melarikan diri.

 

 

 

Dariyo, Agus. 2003. Menjadi Orang Kreatif Sepanjang Masa. Jurnal Psikologi, 1(1), 29-37. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4949-kreatifseumurhidup.pdf

 

Sari, Erita Yuliasesti Diah. 2020. Paradigma Baru Psikologi Lingkungan. Yogyakarta: UAD Press.

https://www.google.co.id/books/edition/Paradigma_Baru_Psikologi_Lingkungan/BI0TEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skema+persepsi+dari+paul+a.+bell&pg=PA31&printsec=frontcover

 

Firdausiah, Salsabiah., & Etikariena, Arum. 2021. Perilaku Kerja Inovatif dan Efikasi Diri Kreatif pada Mahasiswa. Jurnal Psikologika, 26(1), 57-84.

                            https://www.researchgate.net/profile/Salsabiah-Firdausiah/publication/349433597_Perilaku_Kerja_Inovatif_dan_Efikasi_Diri_Kreatif_pada_Mahasiswa/links/6062b63692851cd8ce762e6a/Perilaku-Kerja-Inovatif-dan-Efikasi-Diri-Kreatif-pada-Mahasiswa.pdf

 

Link Film MacGyver :

     https://www.youtube.com/watch?si=LlRTP0ut878_FY1C&v=uZ0dXZOfekA&feature=youtu.be&themeRefresh=1

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar