Jumat, 12 Juli 2024

Esai 5 Psikologi Inovasi : Partisipasi Lomba Risky Candra Heryana (21310410155)

 

Mencoba Keberuntungan dalam Kejuaraan Silat dan Turnamen PS3

Esai 5  Partisipasi Lomba

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Oleh:

Risky Candra Heryana (21310410155)

 



Partisipasi dalam berbagai kompetisi dapat menjadi sarana efektif untuk merancang keberuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Pada bulan Juni 2024, saya mengikuti dua kompetisi: lomba silat satu perguruan "IKSPI Cup Gunungkidul" dan lomba sepak bola PS3. Kedua pengalaman ini tidak hanya memperkaya keterampilan saya tetapi juga mengajarkan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam mencapai keberhasilan.

 

Lomba Silat Satu Perguruan "IKSPI Cup Gunungkidul"

Lomba silat "IKSPI Cup Sleman" adalah ajang yang diadakan di Wonosari oleh ketua cabang Gunungkidul pada 29 Juni 2024 untuk memeriahkan acara pengesahan warga baru serta mempererat tali kekeluargaan antar warga IKSPI di Yogyakarta. Saya ikut serta dalam pertandingan itu melawan beberapa warga lainnya. Persiapan saya untuk lomba ini melibatkan latihan fisik yang intensif, teknik serta strategi bertarung yang dipelajari di perguruan ini. Saya terus berlatih untuk meningkatkan stamina, kekuatan, dan keterampilan teknik.

Selama latihan, banyak tantangan yang harus dihadapi, seperti menyesuaikan teknik bertarung dengan karakteristik lawan yang berbeda. Untuk mengatasi ini, saya harus berpikir kreatif dan mencari solusi inovatif, seperti menggabungkan beberapa teknik menjadi satu strategi yang efektif. Kreativitas ini penting untuk dapat beradaptasi dengan cepat terhadap situasi di lapangan. Walaupun akhirnya saya juga harus mengalami kekalahan karena kehabisan tenaga.

 

Dalam lomba ini, saya belajar bahwa inovasi dapat muncul dari kebutuhan untuk menyesuaikan teknik dan strategi bertarung dengan karakteristik lawan yang berbeda. Proses ini mengajarkan saya untuk berpikir kreatif dan mencari cara-cara baru untuk mengatasi tantangan. Walaupun saya mengalami kekalahan, pengalaman ini tetap memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya inovasi dalam mencapai keberhasilan.





 

Lomba Sepak Bola PS3

Kompetisi kedua yang saya ikuti adalah lomba sepak bola PS3. Kompetisi ini diadakan pada 12 Juni 2024 di Seturan dalam rangka pembukaan tempat PS baru dan juga sebagai sarana promosi mereka. Peserta dari kompetisi ini cukup banyak, dengan menggunakan 3 PS secara bergantian. Kompetisi ini menuntut keterampilan dalam bermain game, memahami mekanisme permainan, dan mengembangkan strategi yang efektif. Untuk mempersiapkan diri, saya meluangkan banyak waktu untuk berlatih, menonton tutorial, dan berdiskusi dengan teman-teman sesama pemain.

Kreativitas dalam bermain game muncul saat saya harus membuat keputusan cepat dan tepat selama pertandingan. Dalam situasi tertentu, saya harus memilih formasi dan strategi yang tepat untuk mengalahkan lawan. Proses ini melibatkan pemikiran kritis dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan situasi. Akan tetapi saya juga belum bisa memenangkan kompetisi ini karena ternyata masih ada yang lebih dan lebih hebat dari saya, akhirnya saya harus mengakuinya.

Dalam lomba ini, saya belajar untuk mengembangkan strategi yang efektif dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan situasi dalam permainan. Kegagalan dalam kompetisi ini mengajarkan saya untuk terus mencoba dan tidak takut menghadapi kegagalan. Inovasi sering kali berasal dari keberanian untuk mengambil risiko dan belajar dari setiap pengalaman.

 

Berpartisipasi dalam kedua lomba ini memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Melalui latihan dan persiapan yang intensif, saya belajar untuk berpikir kreatif dalam menghadapi tantangan dan beradaptasi dengan situasi baru. Psikologi inovasi membantu saya untuk terus mencoba dan mengembangkan keterampilan saya, bahkan ketika menghadapi kegagalan. Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa keberuntungan dalam kehidupan sehari-hari dapat dirancang melalui usaha, latihan, dan keberanian untuk mencoba hal-hal baru.

 

Daftar Pustaka:

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

0 komentar:

Posting Komentar