Selasa, 02 Juli 2024

Esai 5 Psikologi Inovasi : Partisipasi Lomba Deni Mulyanto (21310410185)

 

PARTISIPASI LOMBA

ESSAY 5

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2024

 

 

Lomba pertama

 



Lomba yang saya ikuti adalah lomba fashionshow costum karakter fiksi yang sering di adakan oleh berbagai komunitas jejepangan, lomba ini di adakan sebagai ajang penyaluran kreatifitas dari berbagai individu yang menggemari jejepangan. Mengapa disebut demikian? Karena kebanyakan costum yang di ikut sertakan adalah hasil karya pribadi maupun hasil karna dari orang-orang yang saling bekerja sama untuk membuat costum tersebut. Saya kira event dari komunitas ini hanya biasa-biasa saja, namun Ketika saya mencoba untuk ikut andil di dalamnya ternyata jauh dari bayangan awal saya. Dari yang saya piker biasa-biasa saja ternyata dipenuhi oleh orang-orang yang mempunyai inovasi dan kreatifitas yang tinggi. Banyak hasil karya costum yang sangat menakjubkan, kemudian mereka mampu ber inovasi dengan membuat bermacam-macam costum yang menarik. Lomba ini sendiri di saya lakukan pada 19 april 2024 dan berperan sebagai orang yang memperagakan costum tersebut, tentu saja saya juga ikut andil dalam pembuatan costum tersebut (membuat armor contohnya).

Lomba kedua

 


Lomba kedua dilakukan pada tanggal 5 May 2024, selain yang saya jelaskan diatas mengenai kreatifitas dan inovasi pembuatan costum. Hal lain yang menuntut perilaku inovatif adalah keharusan untuk belajar makeup baik untuk perempuan maupun laki-laki, keharusan itu muncul karena adanya tuntutan untuk semirip dan sebagus mungkin dengan kararter aslinya yang sedang dicosplaykan. Cosplay sendiri adalah kegiatan di mana seseorang mengenakan kostum, riasan wajah, dan berperan menyerupai karakter fiksi, seperti anime, manga, video game hingga film favorit mereka. Tak hanya tentang berdandan dan berpakaian, cosplay juga melibatkan seni, bakat dan ekspresi diri. Sedangkan lombanya sendiri bernama coswalk, lomba modelling dengan kostum-kostum ala karakter kartun Jepang. Kata coswalk berasal dari costume player dan catwalk yang kemudian disatukan sebagai nama lomba ini. Kemudian disetiap event ini pasti selalu ramai orang-orang yang turut andil didalamnya, satu hal yang pasti adalah bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang positif karenan mampu memngembangkan kreatifitas seseorang dan dapat membuat orang tersebut terus berperilaku inovatif guna menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Pustaka :

 

Rahman, Osmud., Wing-sun, Liu & Hei-man Cheung, Brittany. 2012. “Cosplay”: Imaginative Self and Performing Identity, Fashion Theory. 16 (3). DOI: 10.2752/175174112X13340749707204.

 

0 komentar:

Posting Komentar