PARTISIPASI
LOMBA
ESSAY
5
Dosen
Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
2024
Lomba
pertama
Lomba yang saya ikuti adalah lomba fashionshow costum karakter fiksi yang sering di adakan oleh berbagai komunitas jejepangan, lomba ini di adakan sebagai ajang penyaluran kreatifitas dari berbagai individu yang menggemari jejepangan. Mengapa disebut demikian? Karena kebanyakan costum yang di ikut sertakan adalah hasil karya pribadi maupun hasil karna dari orang-orang yang saling bekerja sama untuk membuat costum tersebut. Saya kira event dari komunitas ini hanya biasa-biasa saja, namun Ketika saya mencoba untuk ikut andil di dalamnya ternyata jauh dari bayangan awal saya. Dari yang saya piker biasa-biasa saja ternyata dipenuhi oleh orang-orang yang mempunyai inovasi dan kreatifitas yang tinggi. Banyak hasil karya costum yang sangat menakjubkan, kemudian mereka mampu ber inovasi dengan membuat bermacam-macam costum yang menarik. Lomba ini sendiri di saya lakukan pada 19 april 2024 dan berperan sebagai orang yang memperagakan costum tersebut, tentu saja saya juga ikut andil dalam pembuatan costum tersebut (membuat armor contohnya).
Lomba kedua
Lomba
kedua dilakukan pada tanggal 5 May 2024, selain yang saya jelaskan diatas
mengenai kreatifitas dan inovasi pembuatan costum. Hal lain yang menuntut
perilaku inovatif adalah keharusan untuk belajar makeup baik untuk perempuan
maupun laki-laki, keharusan itu muncul karena adanya tuntutan untuk semirip dan
sebagus mungkin dengan kararter aslinya yang sedang dicosplaykan. Cosplay
sendiri adalah kegiatan di mana seseorang
mengenakan kostum, riasan wajah, dan berperan menyerupai karakter fiksi,
seperti anime, manga, video game hingga film favorit mereka. Tak hanya tentang
berdandan dan berpakaian, cosplay juga melibatkan seni, bakat dan ekspresi
diri. Sedangkan lombanya sendiri bernama coswalk, lomba modelling dengan
kostum-kostum ala karakter kartun Jepang. Kata coswalk berasal dari costume player dan
catwalk yang kemudian disatukan sebagai nama lomba ini. Kemudian
disetiap event ini pasti selalu ramai orang-orang yang turut andil didalamnya,
satu hal yang pasti adalah bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang positif
karenan mampu memngembangkan kreatifitas seseorang dan dapat membuat orang
tersebut terus berperilaku inovatif guna menjadi yang terbaik dalam lomba
tersebut.
Pustaka
:
Rahman,
Osmud., Wing-sun, Liu & Hei-man Cheung, Brittany. 2012. “Cosplay”:
Imaginative Self and Performing Identity, Fashion Theory. 16 (3). DOI:
10.2752/175174112X13340749707204.
0 komentar:
Posting Komentar