Senin, 08 Juli 2024

ESSAY 6 PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI: FAIS FIRMANSAH (21310410182)

 

BERAKTIVITAS JOGGING

Essay 6 Melakukan Perubahan Diri

Dosen pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 


 

 

Oleh :

Fais Firmansah

21310410182

 

 

 

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

 

 

 

Olahraga merupakan serangkaian olahraga gerak yang dilakukan seseorang secara sadar untuk meningkatkan kemampuan jasmaninya sesuai dengan tujuannya. Untuk menjaga kesehatan, kita harus sering melakukan olahraga secara rutin, olahraga yang tepat akan meningkatkan hormone endorfin, dan menurunkan kortisol, dimana hal ini sangat berdampak pada tingkat stress seseorang, rutinitas olahraga yang baik akan dapat menurunkan tingkat stress seseorang. Berolahraga  berasal  dari kata  olah yang  berarti  gerak  serta  kata  raga yang  berarti tubuh.  Banyak  sekali  khasiat  berolahraga  yang  dapat  diperoleh  contohnya  semacam melindungi kesehatan badan, menghindari bermacam penyakit, serta tingkatkan kesehatan fisik  tubuh  manusia  (Steve  et  al.,  2021).  Aktivitas  berolahraga  untuk  manusia  bisa melindungi badan dalam keadaan prima  serta fit, aktivitas berolahraga  pula membentuk jiwa sportif, karakter, serta sifat yang baik, yang pada kesimpulannya membentuk manusia yang bermutu ( Fadilah et al., 2023).

 

Jogging merupakan aktivitas fisik untuk mengacu kerja otot jantung, salah satu manfaat jogging yaitu untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.. Dengan banyaknya kesibukan dan gaya hidup yang tidak sehat, kita sering mengabaikan kesehatan jasmani dan rohani. Hal ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti, badan mudah lemas, kekurangan berat badan bahkan obesitas, nafsu makan berkurang, hipertensi, hormon tidak teratur ,diabetes, dan depresi.

 Untuk mengatasi masalah tersebut, kebanyakan orang memilih cara yang efektif dan mudah dilakukan dengan berjogging.

 

saya melakukan perubahan diri dan memulai aktivitas joging pertamakali setelah saya merasa tubuh saya berat, sering mengantuk, dan badan pegal pegal. Awalnya saya merasa malas dan ragu untuk melakukan jogging ini namun dengan tekat yang kuat akhirnya saya memutuskan untuk berjoging secara konsisten hingga 8 minggu kedepan.

Pada minggu pertama saya merasa kaki saya terasa berat untuk melangkah dan saya pun jenuh untuk meneruskan joging ini cuaca yang sangat panas ini membuat saya merasa lelah dan berniat untuk menghentikan joging kali ini. Setelah melakukan jogging pada minggu pertama ini saya mulai terbiasa untuk melakukan joging berikutnya. Saya melakukan jogging seminggu dua hingga tiga kali, tak jarang juga saya melakukan jogging dirumah menggunakan treadmill atau alat jogging.

berikut merupakan rincian joging saya pada minggu pertama hingga minggu kedelapan :

 

minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Jarak

2,5 km

2,7 km

3.0 km

3.0 km

3.2 km

3.5 km

3.5 km

3.6 km

waktu

20 menit

20 menit

25 menit

20 menit

17 menit

15 menit

15 menit

15 menit

 

 

Meskipun kegiatan joging yang telah saya lakukan selama delapan minggu ini belum mengalami perubahan yang signifikan, saya akan tetap berusaha terus menerus untuk menjaga pola hidup sehat untuk kesehatan saya.

 

 

 

 

Daftar pustaka

 

Fadilah, L. A., Azizah,  N., Nelson, F.  A., & Izzudin, D. A.  (2023). Mengenalkan Aktivitas Olahraga Rekreasi dengan Webinar Online kepada Remaja di Desa Sukamantri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 138–141.

 

steve, D., Amisi, M. D., & Punuh, M. I. (2021). Gambaran aktivitas fisik Mahasiswa Semester II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam RatuIangi  saat pembatasan sosial masa  Pandemi    Covid-19.  Jurnal  KESMAS,  10(1),  95–104. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/32228

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar