Jumat, 12 Juli 2024

Esai 6 Psikologi Inovasi : Melakukan Perubahan Diri Adip Norman Fatkuri (21310410176)

 

ESSAY 6 PSIKOLOGI INOVASI – PERUBAHAN DIRI

Adip Norman Fatkuri / 21310410176

 



Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Tabel Joging

MINGGU

1

2

3

4

5

6

7

8

WAKTU (menit)

30

45

60

80

90

90

100

100

JARAK (KM)

4,2

5,1

8,2

10,7

11,5

12,7

13,8

15

 

Mata kuliah Psikogi adalah matakuliah yang menarik dan menantang, di balik ibu dosen pengampu yang begitu esentrik beliau memrancang strategi sedemukian rupanya untuk kami melakukan inpvasi yang bermanfaat untuk diri sendiri bahkan lingkungan. Salah satu strateginya adalah essay perubahan diri yang sedikit memicu mahasiswa untuk memaksa diri sendiri untuk melatih kebiasaan dan kedisiplinan yang akan memberikan dampak positip untuk kesehatan dan pola hidup yang baik dan berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini kami mahasiswa harus memilih kegiatan fisik yang mungkin kami lakukan disela-sela aktifitas dan harus dilakukan secara rutin seminggu sekali hingga 8 minggu kedepan, hal ini sekilas adalah hal yang mudah sekali untuk dilakukan.

Dalam kegiatan ini saya memilih untuk melakukan kegiatan joging yang berhasil saya lakukan hingga 8 minggu. Minggu pertama saya melakukan joging selama 30 menit dengan jarak tempuh 4,2 km dan mengalami peningkatan menjadi sekitar 100 menit dan jarak temuh 15 km pada minggu 8. Kemajuan ini saya dapatkan dengan sedikit demi sedikit dan berusaha melakukan yang lebih baik pada minggu – minggu selanjutnya.

Kegiatan ini berhasil mencapai minggu ke-8 bukan tidak melewati beberapa drama dan cobaan, dan cobaan paling besar adalah pada diri sendiri. Berbagai macam alasan selalu mewarnai ketika akan melakukan kegiatan rutin, seperti sekedar menunda-munda atau alasan capek dan hal lain. Lalu apa strategi yang biasa saya lakukan untuk pada akhirnya tetap melakukannya? Berikut strategi yang bisa membantu saya tetap termotivasi dan mengatasi tantangan:

1.       Tentukan Tujuan yang Jelas dan Terjangkau: Pecah tujuan besar jadi target mingguan yang lebih kecil. Tidak teralu terobsesi dengan perubahan diri dan mengambil tujuan untuk diri sendiri yaitu menjaga kesehatan diri. Ini bikin tugas terasa lebih ringan dan saya bisa merayakan pencapaian kecil setiap minggu.

2.       Buat Rutinitas: Konsistensi itu penting. Tetapkan waktu tertentu buat joging , biar jadi kebiasaan. Dalam hal ini saya memilih waktu pada hari jumat sore atau sabtu pagi, karena kadang saya masih lupa saya meminta keluarga saya untuk mengingatkannya. Ini bikin saya nggak perlu mikir kapan harus joging.

3.       Catat Kemajuan: Simpan pakai aplikasi buat mencatat waktu joging, jarak tempuh, dan perasaan saya setelah setiap sesi. Melihat peningkatan dari minggu ke minggu bisa banget memotivasi saya.

4.       Joging Bareng Teman: Joging bareng teman bisa bikin kegiatan lebih seru dan saya jadi lebih bertanggung jawab. Saya nggak akan gampang melewatkan sesi joging kalau ada teman yang ikut.

5.       Variasikan Rute dan Rutinitas: Biar nggak bosen, coba rute joging yang berbeda atau tambahkan latihan interval. Ini bikin sesi joging tetap menarik dan menantang.

6.       Berbicara Positif dan Visualisasi: Kasih afirmasi positif ke diri sendiri dan bayangkan kesuksesan saya. Ingatkan diri kenapa saya mulai dan seberapa jauh saya sudah berjalan. Ini bisa bantu saya melewati momen-momen sulit.: 

 

Menjalani rutinitas joging selama delapan minggu ini benar-benar menjadi pengalaman yang membuka mata. Dari awal yang penuh tantangan hingga akhirnya mencapai jarak yang lebih jauh dan waktu yang lebih lama, perjalanan ini telah mengajarkan saya banyak hal tentang disiplin, ketekunan, dan komitmen. Tidak hanya fisik saya yang lebih bugar, tapi mental saya juga semakin kuat. Melalui berbagai strategi yang saya terapkan, saya belajar bahwa perubahan besar bisa dicapai dengan langkah kecil yang konsisten.

Perjalanan ini bukan hanya tentang berlari, tetapi juga tentang menemukan kekuatan dalam diri sendiri untuk terus maju meski ada hambatan. Saya bangga dengan apa yang telah saya capai dan semakin termotivasi untuk terus berusaha menjadi versi terbaik dari diri saya. Ini baru permulaan, dan saya tidak sabar untuk melihat sejauh mana saya bisa melangkah ke depannya.

0 komentar:

Posting Komentar