Rabu, 03 Juli 2024

Esai 6 Psikologi Inovasi : Melakukan Perubahan Diri Deni Mulyanto (21310410185)

 

PERUBAHAN DIRI

ESSAY 6

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2024

 




KONSISTEN MELAKUKAN OLAHRAGA

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangusngan hidup manusia, banyak cara untuk tetap menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat meskipun sudah mencapai usia tua. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tersebut adalah dengan berolahraga. Akan tetapi untuk beberapa orang berolahraga terasa sangat membosankan dan males untuk melakukannya, hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya motivasi dari dalam diri orang tersebut serta mereka cenderung langsung melakukan olahraga berat yang kemudian akan membuat badan mereka terasa pegal dan lemas di kemudian hari. Hal tersebutlah yang membuat beberapa orang merasa enggan untuk melanjutkan aktivitas tersebut, padahal seharusnya jika mereka baru memulai untuk berolahraga seharusnya mereka dapat memulainya dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu.

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan kegiatan olahraga adalah komitmen, seberapa besar kesungguhan seseorang untuk melakukan hal tersebut. Apakah hanya keinginan sesaat atau memang punya ambisi yang besar untuk merubah diri. Seseorang bisa memperkuat komitmen tersebut ketika ia memiliki tujuan yang jelas dan ia dapat terus memotivasi dirinya sendiri setiap hari di pagi hari saat berada didepan cermin, Selanjutnya ketika orang tersebut sudah terbiasa melakukan kegiatan tersebut maka tanpa punya komitmen atau tujuan pun ia akan tetap melakukannya secara rutin.

Dalam essay 6 memuat tentang tugas melakukan perubahan diri dengan berolahraga apapun itu, namun saya sendiri dalam 6 tahun ini sudah rutin melakukan kegiatan bermacam-macam olahraga. Seperti halnya sepakbola, futsal, silat, lari, jogging, boxing, taekwondo, basket dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena saya memang menyukai olahraga, namun dalam 1 tahun terakhir saya lebih fokus ke boxing. Mengapa demikian? Karena dalam boxing sendiri sudah memuat beberapa macam Latihan seperti kardio, peningkatan masa otot dan ketahanan otot. Dalam boxing ini juga sudah memuat jogging dan lari yang sudah menjadi rutinitas setiap pagi sepanjang 5km. Kemudian dalam melakukan kegiatan tersebut saya melakukannya sebanyak 2x sehari yaitu pagi dan sore atau pagi dan malam.

Kemudian selama melakukan kegiatan tersebut adakah hal yang menghalangi atau menjadi penghambat? Ya, tentu saja ada. Ada beberapa hal yang menjadi penghambat dalam melaksanakan kegiatan tersebut :

a.     Rasa malas, selalu ada rasa malas dalam melakukan apapun tidak hanya saat berolahraga. Bagaimana cara agar tidak kalah dengan rasa malas tersebut adalah saya selalu membayangkan wajah orang-orang yang selalu merendahkan dan menghina saya. Bagaimana saya akan membalas dendam kepada mereka dan menghancurkan mereka semua.

b.     Rasa jenuh, jujur saja saya sering merasakan hal ini ketika melakukan rutinitas kegiatan. Cara saya mengatasi rasa jenuh adalah dengan terus memotivasi diri saya sendiri dan kemudian berlatih atau melakukan olahraga ditempat lain agar mendapat suasana baru dan mencegah rasa jenuh atau bosan.

M

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

W

30

60

120

120

120

120

240

240

240

240

240

240

240

240

240

240

240

 

Dari table tersebut dapat dikatakan bahwa saya selalu meningkatkan intensitas latihan guna mencapai target fisik yang ditentukan, kemudian dalam kurun waktu tertentu saya juga akan menurukan intensitas latihan guna menjaga kebugaran tubuh dan mencegah tubuh mengalami kelelahan berlebih yang malah bisa menghambat letihan itu sendiri, 

Melakukan perubahan diri, olahraga utamanya memang cukup berat dan memiliki tantangan tersendiri. Namun ketika sudah rutin melakukannya maka hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan yang mana jika ditinggalkan sehari saja pasti akan membuat diri kita berpikir ada yang kurang dihari itu.

0 komentar:

Posting Komentar