Senin, 08 Juli 2024

ESSAY 6 PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI: IRFAN KUSUMA WARDANI (21310410187)

 ESSAY 6 PSIKOLOGI INOVASI

Melakukan Perubahan Diri

Psikologi Inovasi Essay 6 Perubahan Diri Secara Positif

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta., M.A.


 




Oleh:

Irfan Kusuma Wardani

21310410187

 

 

 

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

Psikologi inovasi perubahan diri merujuk pada studi tentang bagaimana individu mengadopsi dan menerapkan inovasi dalam kehidupan mereka, terutama ketika inovasi tersebut berkaitan dengan perubahan diri atau perubahan perilaku. Ini melibatkan pemahaman tentang faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi motivasi, persepsi risiko, penerimaan, dan implementasi perubahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Berlari adalah kegiatan fisik yang melibatkan pergerakan tubuh dengan kecepatan tertentu di atas tanah. Manfaat-manfaat berlari termasuk:

1.      Kesehatan Jantung : Berlari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

2.      Kebugaran Fisik : Membantu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

3.      Pengaturan Berat Badan : Berlari membantu membakar kalori sehingga dapat membantu pengaturan berat badan.

4.      Mengurangi Stres : Aktivitas fisik seperti berlari dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

5.      Meningkatkan Kualitas Tidur : Berlari secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

6.      Peningkatan Kondisi Mental : Berlari dikaitkan dengan peningkatan konsentrasi, fokus, dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

7.      Menjaga Kesehatan Tulang : Berlari dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada masa tua.

 


 

 Saya melakukan perubahan diri secara positif dengan melakukan olahraga lari secara teratur dengan waktu perubahan yang sudah saya tetapkan selama 9 minggu. Rute lari yang rutin dilalui bisa membuat bosan, maka mencari jalur acak yang menarik membantu memecahkan kebosanan. Rute lari dengan pemandangan yang indah, banyak pepohonan yang rimbun, dan hamparan sawah yang luas bisa menjadi pilihan yang tepat dalam memilih rute lari yang lain. Selama masa perubahan ini saya mencatat setiap akhir pekan.

Berikut hasil yang sudah saya lakukan dalam melakukan program pelatihan setiap akhir pekan. Pada minggu pertama saya berlari sejauh 2,5 km. Minggu kedua saya berhasil melalui target sejauh 3 km. Minggu ketiga sejauh 3,5 km. Minggu keempat menempuh 3,8 km. Pada minggu kelima memperoleh 4 km. Minggu keenam memperoleh jarak 4,5 km. Pada minggu ketujuh memperoleh 5 km. Minggu kedelapan memperoleh 5,6 km. Minggu kesembilan atau yang terakhir saya memperoleh jarak 6 km.

 

M 1

M 2

M 3

M 4

M 5

M 6

M 7

M 8

M 9

2,5 KM

3 KM

3,5 KM

3,8 KM

4 KM

4,5 KM

5 KM

5,6 KM

6 KM

 

0 komentar:

Posting Komentar