Senin, 08 Juli 2024

Esay 6 - Melakukan Perubahan Diri - RIZKY PRATAMA

 MELAKUKAN PERUBAHAN DIRI

Esai 6 Psikologi Inovasi: Lakukan Perubahan Diri

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA



RIZKY PRATAMA

NIM 21310410205

Fakultas Psikologi Universitas Prolamasi 45

Yogyakarta


Perubahan diri adalah sebuah proses dimana seorang individu melakukan suatu hal yang baru dalam dirinya, hal kebanyakan dicondongkan dalam perubahan diri adalah hal positif. Bagaimana Individu tersebut dapat membuat perubahan dalam dirinya menjadi lebih baik. Salah satu perubahan diri yang saya lakukan adalah aktivitas Lari. 

Berlari adalah olahraga yang mudah untuk dilakukan kapan pun, dimana pun, dan oleh siapa pun. Lari merupakan salah satu olahraga yang akhir-akhir ini diminati oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini baik untuk kesehatan fisik dan mental. Saat berlari, kita akan mengeluarkan hormone endorfin yaitu hormone yang membuat kita bahagia. Dengan rutin berlati, kesehatan jantung terjaga dengan baik karena melatih kekuatan jantung agar lebih kuat. Stamina bisa lebih baik dengan berlari secara rutin.




PERUBAHAN KE 1

 

Pada hari Minggu, 21 April 2024. Pada jam 15.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 3 putaran, dikarenakan masih awal dari kegiatan saya.

 

Perubahan ke2

 

Dilakukan pada hari Minggu,28 April 2024. Pada pukul 16.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 3,5 putaran.

 

Perubahan ke 3

 

Dilakukan pada hari Minggu, 05 Mei 2024. Pada pukul 15.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 3.5 putaran.

 

Perubahan ke 4

 

Dilakukan pada hari Minggu, 12 Mei 2024. Pada pukul 15.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 4 putaran.

 

Perubahan ke 5

 

Dilakukan pada hari Minggu, 19 Mei 2024.Pada pukul 16.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 4 seperem 4 putaran.

 

Perubahan ke 6

 

Dilakukan pada hari Minggu, 26 Mei 2024. Pada pukul 15.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 4.5 putaran.

 

Perubahan ke 7

 

Dilakukan pada hari Minggu, 02 Juni 2024. Pada pukul 15.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 4.5 putaran.

 

Perubahan ke 8

 

Dilakukan pada hari Minggu, 09 Juni 2024. Pada pukul 16.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 5 putaran.

 

Perubahan ke 9

 

Dilakukan pada hari Minggu, 16 Juni 2024. Pada pukul 15.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 5.5putaran.

 

Perubahan ke 10

 

Dilakukan pada hari Minggu, 23 Juni 2024. Pada pukul 16.00, Saya berlari mengelilingi lapangan banyurejo sebanyak 5.5 putaran.


Dari semua proses dalam melakukan perubahan diri yang sudah dilakukan 10 kali dalam 10 minggu saya mendapatkan peningkatan kebugaran fisik tetapi juga mengembangkan ketahanan mental yang lebih kuat. Mental untuk maju, mental untuk membangkitkan inovasi motivasi. Serta manfaat itu mengikuti seiring berjalannya waktu, menjadi bugar, badan terasa lebih ideal, dan hal hal positif lain pun mengikuti seperti menjadi lebih meningkatkan makan makanan yang bernutrisi serta keinginan merokok pun menjadi mereda.






0 komentar:

Posting Komentar