Minggu, 14 Juli 2024

Esai Ujian Akhir Semester Psikologi Inovasi : Wahyu Sukman (23310420012)

 

Tugas Essai UAS: Psikologi Inovasi

 

UAS PSIKOLOGI INOVASI

Oleh Wahyu Sukman

NIM: 23310420012

Ujian Akhir Semester

Psikologi Inovasi

Program Studi Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 


 


 

 

1.     Ada 2 tipe Mahasiswa ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.

·       Mahasiswa Yang Mengerjakan Tuags Seadanya:

-      Persepsi: Mahasiswa tersebut mungkin brpikir bahwa tugas yang diberikan oleh dosen hanyalah sekedar mendapatkan nilai saja dan hanya sebuah formalitas belaka, bukan sebagai peluang untuk berinovasi dan berpikir kreatif. Mungkin mereka melihat tugas tersebut sebagai beban tambahan yang harus dislesaikan dengan cepat dan seadanya saja.

-      Proses Kognitif: Mungin karena mereka melihatnya dengan cara yang pragmatis, cara berpikir mereka cenderung lurus lurus saja dan tidak terbuka pada ide ide baru. Mungkin mereka juga tidak melihat peluang kreatif dalam tugas tersebut dan cenderung memilih solusi yang paling gampang dan cepat.

-      Perilaku: Mungkin karena cara pandang dan cara berpikir mereka yang terbataas, akhirnya usaha mereka dalam mengerjakan tugas tersebut jadi minim. Mungkin mereka Cuma memakai bahan dan ide yang paling mudah dan gampang di temukan jadi lebih mudah untuk di akses, tanpa memikirkan kualitas dan keunikan dari hasil yang dia buat.

 

·       Mahasiswa Yang Mengerjakan Tugas Dengan Ketelitian & Lebih Kreatif:

-      Persepsi: Mahasiswa tersbut mungkin berpikir bahwa tugas yang diberikan oleh dosen adalah sebuah peluang untuk mendapatkan nilai yang tinggi dan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan berinovatif dan kreatifitas mereka.

-      Proses Kognitif: Dengan cara pandang yang lebih positif dan terbuka, cara berpikir mereka jadi lebih luas dan fleksibel. Mereka cenderung mencari berbagai solusi, mencoba ide ide baru, dan tidak takut gagal.

-      Perilaku: Karena cara pandang dan proses berpikir mereka yang terbuka dan positif, mereka jadi lebih teliti dan inovatif dalam mengerjakan tugas. Mungkin mereka mencari informasi tambahan, mencoba berbagai teknik, dan memastikan hasil akhirnya rapi dan menarik.

 

 

2.     Dalam film McGyver terdapat beberapa perilaku yang mendukung inovasi dan kreatif saat menghadapi beberapa situasi atau kesulitan, seperti:

·       Pikiran Lateral

MacGyver mampu berpikir dengan melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda dan mencari solusi yang tidak biasa. Dia selalu mencari cara baru dan kreatif untuk menyelesaikan masalah. Seperti, dia pernah menggunakan pnjepit kertas dan karet gelang untuk membuat alat yang kompleks dan berfungsi

·       Memanfaatkan Apa yang Ada

MacGyver juga hebat dalam menggunkan benda benda yang ada di sekitar untuk membuat alat atau solusi yang efektif. Dia dapat membuat alat dari bahan bahan yang ada di sekitarnya. Seperti, dia dapat membuat alat las darurat dengan baterai mobil dan kawat logam.

·       Pengetahuan yang Luas

MacGyver memiliki pengetahuan yang luas di bidang seperti kimia, fisika, biologi, dan teknik, itu dapat membuatnya bisa memahami dan memanaatkan prinip prinsip ilmiah untuk menciptakan solusi yang praktis. Seperti, dia tau cara membuat bahan peledak sederhana dari nahan bahan rumah tangga untuk membuka pintu yang terkunci.

·       Kreativitas dan Inovasi

Terlihat dari cara dia menggabungkan berbagai elemen untuk menciptakan alat yang tidak terduga dan efektif dari bahan bahan yang sederhana. Seperti, dia pernah membuat peluncur zip line darurat menggunakan tali dan kait.

·       Teliti dan Perhatian terhadap Detail

MacGyver sangat teliti dan memperhatikan hal hal kecil yang sering di abaikan oleh orang lain. Seperti, dia bisa melihat dan memanfaatkan celah kecil di struktur bangunan untuk melarikan diri.

·       Tetap Tenang Dalam Segala Situasi

MacGyver mampu tetap tenang dan fokus meskipun berada dalam situasi yang berbahaya dan menegangkan. Seperti, dia tetap tenang saat di hadapkan dengan bom waktu dan berhasil menjinakkannya.

·       Kerjasama dan Komunikasi

Meskipun Macgyver selalu melakukan sesuatu dengan sendirian,, namun dia juga dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan orang lain untuk mencapai tujuan. Seperti, dia bekerja sama dengan rekan rekannya untuk menggabungkan pengetahuan mereka dan mengatasi tantangan yang lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar