Jumat, 12 Juli 2024

Esai 5 Psikologi Inovasi : Partisipasi Lomba Adip Norman Fatkuri (21310410176)

 

ESSAY 5 PSIKOLOGI INOVASI – PARTISIPASI LOMBA

Adip Norman Fatkuri / 21310410176

 



Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Pengalaman Berpartisipasi dalam Artisan Fragrance Exhibition

Dalam kegiatan ini saya ikut serta dalam Artisan Fragrance Exhibition lokal yang diadakan di Solo oleh salah satu mentor fragrance “MULLEN” . Meskipun hanya berpartisipasi sekali, pengalaman ini memberikan banyak manfaat yang berharga. Dalam kegiatan tersebut, berbagai kegiatan menarik terkait wewangian berlangsung. Para peserta dapat melihat dan mencoba berbagai jenis parfum yang dipamerkan, mulai dari aroma klasik hingga yang lebih eksperimental. Selain itu, ada sesi workshop di mana peserta dapat belajar tentang proses pembuatan parfum, mulai dari pemilihan bahan, teknik pencampuran, hingga cara menghasilkan aroma yang unik.

Saya juga mengikuti pelatihan intensif dalam meracik parfum dengan aroma yang beragam. Dalam pelatihan ini, saya belajar tentang berbagai jenis bahan dasar parfum, seperti esens bunga, buah, kayu, dan rempah-rempah. Mentor fragrance yang berpengalaman memberikan penjelasan mendalam tentang karakteristik setiap bahan, bagaimana mereka dapat saling melengkapi, dan bagaimana menciptakan harmoni dalam komposisi parfum.

Sesi praktek meracik parfum adalah bagian paling menarik. Saya diberi kesempatan untuk mencoba mencampur berbagai esens dan bahan, mengikuti panduan dari mentor. Dari proses ini, saya belajar tentang pentingnya proporsi dan keseimbangan dalam menciptakan aroma yang menyenangkan. Saya juga diberi kebebasan untuk bereksperimen dengan kombinasi bahan yang berbeda, hal ini membantu saya memahami bagaimana setiap bahan dapat mempengaruhi aroma akhir parfum. Dalam acara ini menyediakan sesi tanya jawab dengan para expert dalam bisnis wewangian. Saya mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para perfumer profesional, mendengarkan cerita dan pengalaman mereka, serta mendapatkan saran dan tips dalam menciptakan parfum yang berkualitas. Pertemuan ini sangat berharga bagi saya yang sedang mendalami dunia fragrance.

Salah satu momen yang paling mengesankan adalah saat saya mengikuti lomba trivia seputar parfum. Lomba ini menguji pengetahuan saya tentang sejarah parfum, bahan-bahan yang digunakan, dan pengetahuan lain. Melalui lomba ini, saya menyadari seberapa luas pengetahuan tentang komditi ini dan seberapa banyak lagi yang masih bisa saya pelajari. Lomba ini juga menambah semangat kompetitif dan rasa ingin tahu saya tentang dunia wewangian. Kegiatan ini juga membuka peluang jaringan. Saya bertemu dengan banyak individu yang memiliki minat dan passion yang sama dalam dunia wewangian. Mereka yang berangkat dari latar belaka yang berbeda-beda dan dipertemukan dengan minat yang sama. Pertukaran ide dan pengalaman dengan mereka memberi saya perspektif baru dan memperluas jaringan yang lebih profesional bagi saya. Partisipasi dalam acara seperti Artisan Fragrance Exhibition memiliki hubungan yang erat dengan konsep psikologi inovasi. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan hubungan tersebut:

1.     Partisipasi dalam acara ini menuntut peserta untuk berpikir kreatif dalam menciptakan dan mengembangkan aroma baru. Psikologi inovasi menekankan pentingnya kreativitas sebagai elemen kunci dalam proses inovasi. Dalam pameran ini, saya belajar meracik berbagai esens dan bahan parfum untuk menciptakan kombinasi yang unik, yang merupakan bentuk aplikasi nyata dari kreativitas.

2.     Mengikuti acara ini memberikan tantangan dan tujuan yang spesifik, meningkatkan motivasi intrinsik saya untuk belajar dan berkembang. Hadiah atau pengakuan dari lomba trivia juga berfungsi sebagai motivasi ekstrinsik yang mendorong saya untuk berusaha lebih keras dan lebih inovatif. Psikologi inovasi menunjukkan bahwa kombinasi motivasi intrinsik dan ekstrinsik dapat sangat efektif dalam mendorong inovasi.

3.     Melalui partisipasi dalam pelatihan meracik parfum dan sesi tanya jawab dengan para ahli, saya mendapatkan pengetahuan yang mendalam dan terus belajar tentang berbagai aspek dalam pembuatan parfum. Psikologi inovasi menekankan pentingnya pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan keterampilan untuk menjadi inovatif. Pengalaman ini memperkaya pengetahuan saya dan meningkatkan kemampuan saya dalam menciptakan aroma baru.

4.     Pameran ini memberikan kesempatan untuk bertemu dan berkolaborasi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dalam dunia wewangian. Psikologi inovasi mengakui pentingnya lingkungan yang mendukung kolaborasi dan pertukaran ide untuk memfasilitasi inovasi. Interaksi dengan para perfumer profesional dan peserta lainnya membuka peluang untuk bertukar ide dan mendapatkan inspirasi baru.

5.     Selama berpartisipasi, saya didorong untuk bereksperimen dengan berbagai kombinasi bahan parfum dan menguji hasilnya. Psikologi inovasi mendorong eksperimen sebagai cara untuk menemukan solusi baru dan inovatif. Melalui proses ini, saya belajar bagaimana setiap bahan dapat mempengaruhi aroma akhir dan bagaimana menciptakan harmoni dalam komposisi parfum.

6.     Mengikuti lomba trivia dan menghadapi tantangan dalam meracik parfum mengajarkan saya untuk menghadapi dan mengatasi berbagai rintangan. Psikologi inovasi menunjukkan bahwa kemampuan untuk mengatasi tantangan dan belajar dari kegagalan adalah bagian penting dari proses inovasi. Pengalaman ini membantu saya menjadi lebih resilien dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

Secara keseluruhan, partisipasi dalam Artisan Fragrance Exhibition membantu saya berkembang secara personal dan profesional. Psikologi inovasi menekankan pentingnya pertumbuhan pribadi sebagai dasar untuk inovasi. Melalui pameran ini, saya tidak hanya belajar tentang teknik dan bahan, tetapi juga mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk menjadi inovatif. Partisipasi dalam Artisan Fragrance Exhibition memberikan banyak manfaat yang dengan prinsip-prinsip psikologi inovasi, membantu saya untuk terus belajar, berkembang, dan berinovasi dalam dunia wewangian.

Pengalaman ini membuat saya semakin bersemangat untuk terus mendalami dunia wewangian dan berharap dapat berpartisipasi dalam lebih banyak acara serupa di masa mendatang. Ini adalah awal dari perjalanan saya dalam menciptakan parfum yang tidak hanya harum, tetapi juga memiliki cerita dan karakter yang khas.

 

Daftar Pustaka:

Anderson, J., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh kreativitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja UKM. Jurnal Manajemen, 22 Agustus 2022. https://doi.org/[DOI]

Noor, A. (2024, 6 Maret). Mengapa parfum mampu mempengaruhi psikologi seseorang? Blog. Diakses dari Fakta Hubungan Antara Psikologi Manusia dengan Parfum (uchiparfume.com)

Permana Siregar, A. S. (2024). Psikologi kreativitas meningkatkan inovasi dalam dunia pekerjaan. Psikologi Kreativitas, 1(1), 27 Maret 2024.

Pamungkas, G. (2024, 13 Maret). Inovasi dan pengaruhnya terhadap psikologi manusia: Memahami perubahan mental di era teknologi. Fakta Psikologi. Diakses dari Inovasi dan Pengaruhnya terhadap Psikologi Manusia: Memahami Perubahan Mental di Era Teknologi – Psike

0 komentar:

Posting Komentar