Jumat, 12 Juli 2024

 

ESSAY 6 TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI INOVASI

Transformasi Positif Melalui Konsistensi Olahraga


Dosen Pengampu: Dr.,Dra Arundati Shinta MA.

 

 

 

                                                                                     


 

Nama    : Muhammad Bahrori Rohza

NIM      : 21310410201

Kelas     : SJ

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Tanggal Kegiatan:

5 Maret 2024: Mulai pelaksanaan kegiatan

28 April 2024: Penyelesaian periode 8 minggu

 

Suka dan Duka Proses Transformasi

Transformasi positif dalam diri dimulai dari langkah-langkah kecil yang konsisten, dan olahraga menjadi pilihan utama untuk mencapai tujuan ini. Meskipun menantang, konsistensi adalah kunci untuk mencapai perubahan yang signifikan. Dalam essay ini, saya akan memaparkan pengalaman serta dampak dari kegiatan olahraga rutin yang saya lakukan selama 8 minggu.

Setiap Minggunya: Penambahan dan Dampak Terukur.

Setiap minggu, saya meluangkan waktu minimal 1 jam untuk berolahraga, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Kegiatan ini dimulai pada 5 Maret 2024, dan berlanjut hingga 28 April 2024. Berikut adalah pencapaian dan perjalanan saya dalam 8 minggu tersebut:

 

Minggu 1-2:

Kegiatan: Berlari di lapangan selama 1 jam, 3 kali seminggu.

Dampak: Peningkatan stamina dan mood yang lebih stabil.

Minggu 3-4:

Kegiatan: Berlari dan berenang kombinasi, 2 kali seminggu.

Dampak: Perbaikan dalam tidur dan fokus yang lebih baik.

Minggu 5-6:

Kegiatan: Bersepeda di jalur pegunungan setiap akhir pekan.

Dampak: Penurunan berat badan sebesar 2 kg dan peningkatan energi.

Minggu 7-8:

Kegiatan: Berlari dan Berenang, setiap hari Senin dan Kamis.

Dampak: Penurunan tingkat stres dan perasaan lebih tenang.

 

Analisis Psikologi Inovasi

Psikologi inovasi menyoroti pentingnya perubahan positif dalam hidup individu melalui langkah-langkah kecil yang konsisten. Proses ini tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada kesejahteraan mental. Dengan melakukan olahraga secara teratur, kita tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik kita, tetapi juga mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

Dampak Kegiatan Olah Raga

Dampak kegiatan olah raga saya sangat signifikan. Berikut adalah beberapa contoh dampak yang saya alami:

Meningkatkan Mood: Kegiatan olah raga saya membantu meningkatkan mood dan energi.

Meningkatkan Kesadaran Diri: Yoga dan kegiatan olah raga lainnya membantu meningkatkan kesadaran diri dan konsentrasi.

Mengurangi Stres: Berenang dan kegiatan olah raga lainnya membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

 

Sebagai bukti komitmen saya terhadap transformasi ini, saya akan menyertakan foto-foto diri saya sedang melakukan berbagai jenis olahraga yang telah saya lakukan selama 8 minggu ini. Essay ini akan dipublikasikan di blogger, tugas psikologi kami.

 

 

Kesimpulan

Melalui konsistensi dalam olahraga, saya telah merasakan manfaat langsung dalam kesehatan dan kesejahteraan saya. Psikologi inovasi mengajarkan kita bahwa perubahan positif dapat dimulai dari kebiasaan kecil yang dilakukan secara teratur. Dengan tekad dan disiplin, siapa pun dapat mencapai perubahan yang signifikan dalam hidup mereka, baik secara fisik maupun mental.

Dengan demikian, melalui esai ini, saya berharap dapat menginspirasi orang lain untuk memulai perjalanan transformasi positif mereka sendiri melalui konsistensi dalam kegiatan sehari-hari, seperti olahraga.

 

Daftar Pustaka

American Psychological Association. (2020). Exercise fuels the brain's stress buffers. Centers for Disease Control and Prevention. (2023). Physical Activity Basics.

0 komentar:

Posting Komentar