Kamis, 11 Juli 2024

Esai 6 Psikologi Inovasi : Melakukan Perubahan Diri Vina Milatul Azka (21310410181)

 

Esai 5 : Lakukan Perubahan Diri

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen : Dr. Arundati Shinta, MA


Judul : Perubahan Diri untuk Menjadi Sehat Saat Ini dan Nanti

Vina Milatul Azka

21310410181

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

            Olahraga bukan hanya tentang menjaga bentuk tubuh atau memperbesar otot. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik, menurunkan berat badan, bahkan memperpanjang usia. Namun bagi sebagian orang, keuntungan tersebut bukan menjadi kunci motivasi utama untuk melakukan olahraga. Sebagian orang termotivasi untuk rutin olahraga karena merasakan perubahan mental yang lebih baik. Orang yang rutin olahraga akan merasa lebih energik, tidur lebih nyenyak, ingatan lebih tajam, pikiran lebih rileks dan positif. Oleh sebab itu, olahraga menjadi obat yang paling ampuh bagi orang yang mengalami tantangan kesehatan mental.

            Salat satu manfaat olahraga untuk kesehatan mental yaitu dapat mengurangi stres. Stres tubuh dapat terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol, sehingga menyebabkan beberapa bentuk emosi, seperti cemas, gelisah, marah, takut, dan bahkan panik. Olahraga juga dapat mengatasi cemas dan depresi, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan fungsi otak.

            Dalam waktu 9 Minggu ini, saya melakukan perubahan diri dengan olahraga rutin setiap Minggunya. Jenis olahraga utama yang saya pilih adalah jogging. Jogging adalah aktivitas fisik yang melibatkan gerakan berlari atau lari santai dengan kecepatan sedang. Jogging termasuk dalam kategori olahraga aerobik, tubuh menggunakan oksigen secara efisien untuk memberikan energi pada otot-otot selama latihan. Aktivitas jogging adalah kombinasi antara berjalan dan berlari, sehingga lebih lambat daripada berlari namun lebih cepat daripada berjalan. Selain jogging, saya juga melakukan olahraga lain sebagai tambahan seperti berenang, bersepeda, senam, dan olahraga lantai seperti push up, plank, sit up, dan lain-lain.

            Berikut ini adalah data olahraga yang saya lakukan selama 9 Minggu :

No

Tanggal

Olaraga Utama

Waktu

Jarak (KM)

1

5 Mei

Jogging

60  Menit

3,4

2

12 Mei

Jogging

65 Menit

3,5

3

19 Mei

Jogging

75 Mneit

4

4

26 Mei

Jogging

60 Menit

3,5

5

2  Juni

Jogging

70 Menit

3,8

6

9 Juni

Jogging

60 Menit

3,6

7

16 Juni

Jogging

65 Menit

3,7

8

23 Juni

Jogging

60 Menit

3,5

9

30 Juni

Jogging

70 Menit

4

           

Dari data dan grafik di atas menunjukkan bahwa saya sudah melaukan pengubahan diri melalui kegiatan jogging selama 9 minggu. Pada minggu pertama saya mampu menempuh jarak 3,4 KM dalam waktu 60 menit. Pada minggu ke-9, jarak yang saya temph 4 KM dengan waktu 70 menit. Hal ini menunjukkan bahwa ada usaha saya untuk menambah jarak tempuh dan berusaha lebih baik setiap minggunya.

            Hal positif yang saya rasakan setelah melakukan perubahan diri dengan rutin berolahraga setiap minggunya yaitu badan terasa lebih sehat, suasana hati menjadi lebih tenang dan bahagia. Saya percaya, bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk diri tidak hanya untuk saat ini namun juga untuk masa depan nanti. Olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya, serta meningkatkan kebugaran fisik. Olahraga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan fleksibilitas. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mencegah berbagai penyakit. Olahraga dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, kanker, dan osteoporosis.

0 komentar:

Posting Komentar