Kamis, 04 Juli 2024

Mengenal lebih dekat dengan Tunanetra Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta ( YAKETUNIS)

 

Mengenal lebih dekat dengan Tunanetra

Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta ( YAKETUNIS)

Tugas Psikologi Abnormalitas

Dosen Pengampu : FX.Wahyu Widiantoro S.Psi., MA


Disusun oleh :

Rhicard Geovadri Layarda 21310410002

M.Ilham Janu N S 2231040007

Rosita 22310410108

Rifki Bachtiar Lisandra 22310410011

Mico Alan Sebastian 22310410013

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Tunanetra masuk ke dalam kategori abnormalitas sensorik, lebih spesifik lagi adalah gangguan penglihatan. Gangguan ini mencakup kondisi dari penglihatan yang sangat rendah hingga total kebutaan. Tunanetra dapat terjadi akibat berbagai penyebab, termasuk kelainan genetik, penyakit, cedera, atau kondisi yang berkembang seiring waktu.

Dalam kegiatan Field Study kali ini , kelompok kami yang beranggotakan 5 orang memilih sebuah lokasi yang menarik yang tidak lain adalah Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta ( YAKETUNIS) yang beralamat Jl. Parangtritis No.46, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143.

Selama berada di Yaketunis kami di temani oleh Bapak H.Wiyoto selaku ketua Yaketunis untuk observasi dan wawancara serta mengitari semua ruang bagian Yaketunis.

Ide awal pendirian yayasan adalah pada awal januari 1964. Ide tersebut dari seorang tuna netra bernama Bapak Supardi. Alasan ingin mendirikan yayasan karena ingin menaikkan harkat martabat tuna netra. 12 mei 1964 diadakan rapat yg memutuskan berdirinya yayasan yg diberi nama yaketunis Yayasan kesejahteraan tuna netra islam.  7 juni 1964 didirikannya SLB ketika itu mendapat tenaga bantuan 3 org dr pemerintah, kemudian ditarik kembali krn ada peraturan.

Lulusan MTS yaketunis melanjutkan ke MAN 2 sleman krn dulu yg mendirikan sekolah tersebut adalah yaketunis yaitu pada 9 januari 1968 ketika PGALBANA belum mnjdi MAN. Siswa2 yaketunis memiliki prestasi seperri kejuaraan2 catur, paralimpic, dan salah satu siswa berprestasinya adalah Putri Ariani .Anak panti ad 30 org yang berasal dar jawa maupun luar jawa.

Yayasan melibatkan masyarakat setempat dan dilibatkan dlm kegiatan masyarakat seperti ketika ad acara anak2 diminta untuk hadroh.Sehingga penerimaan masyarakat sekitar kepada anak anak Tunanetra sangat baik

Banyak lulusan Yaketunis yang sudah diterima juga di beberapa perkuliahan seperti UIN,UNY, IKIP PGRI hinggah UGM. Anak dapat menyesuaikan diri dengan teknologi sekarang dengan bantuan para pendidik dengan pembekalan penggunaan komputer dan smartphone yang baik dan bijak.

Yaketunis telah berhasil mencetak banyak lulusan Tunanetra yang berbakat dan berprestasi. Kekurangan bukanlah penghalang seseorang untuk berusaha untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan keikutsertaan dalam masyarakat  , selama adanya niat dan usaha maka semua akan bisa terjadi

0 komentar:

Posting Komentar