Minggu, 07 Juli 2024

Esai 6 Psikologi Inovasi : Melakukan Perubahan Diri Prabawati Tresnaning Jati (21310410175)

 

Esai Perubahan Diri



INOVASI OLAHRAGA UNTUK JIWA YANG SEHAT

Prabawati Tresnaning Jati

21310410175 / SP

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

 

Meningkatkan kualitas hidup dapat dilakukan dengan berbagai, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Kegiatan olahraga merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam aktivitas perubahan diri yang positif. Perubahan diri melalui olaharaga dalam memberikan manfaat kompleks bagi kehidupan seperti, meningkatkan kekuatan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh, menjaga berat badan tetap ideal karena pembakaran kalori akan membantu mengurangi jaringan lemak tubuh, menjaga imun tubuh sehingga tudak mudah sakit, meningkatkan mood positif sehingga dapat membantu mengurangi stress, dsb.

Kegiatan perubahan diri ini tentu berhubungan dengan psikologi inovasi, sebab dalam psikologi inovasi individu akan didorong untuk melakukan berbagai hal kreatif yang memberikan dampak posirif. Pada kesempatan kali ini, saya melalukan kegiatan inovasi dengan melakukan kegiatan perubahan diri melalui olahraga jogging yang saya lakukan selama 9 minggu. Saya menganggap ini adalah tantangan baru bagi saya, karena sebelumnya saya pernah men challenge diri saya sendiri untuk melakukan olahraga rutin (cardio) 15 menit sehari dalam jangka waktu 1 bulan. Tetapi kali ini yang saya lakukan adalah jogging selama 9 minggu dengan durasi waktu minimal 60 menit.

Pada minggu pertama saya memulainya pada hari Jumat, 5 April 2024 pada pukul 05.00 - 06.02 dengan jarak 3,4 km. Jujur, awalnya sangat berat melakukan ini karena saya tidak melakukan jogging dalam setengah tahun terakhir. Pada malam harinya saya merasakan bagian pinggul hingga jari kaki saya rasanya pegal dan sedikit kaku di bagian betis, mungkin karena efek saya sebelum jogging tidak melakukan pemanasan.

Minggu kedua saya Sabtu, 20 April 2024 dengan durasi waktu 65 menit dengan jarak 3,5 km. Sedikit ada peningkatan dari minggu sebelumnya. Pada jogging kali ini saya tidak sendirian, tetapi saya melakukannya bersama dengan tetangga saya. Saya memilih melakukannya pagi hari karena udaranya masih sangat sejuk dan fresh.

Minggu ketiga saya melaukan di hari Minggu, 27 April 2024. Pada minggu ini saya melakukan jogging dengan durasi waktu 64 menit. Saya memulainya pukul 06.00, saya hanya jogging memutari lapangan yang ada di desa sebelah. Pada minggu ini saya sudah cukup enjoy dan menikmati melakukan jogging.

Minggu ke empat pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 dengan durasi waktu 68 menit dan jarak tempuh 3,7 km. Saya mulai mengatur ritme yang sesuai dengan kondisi tubuh saya, karena di minggu sebelumnya saya tidak pernah mengatur ritme. Peningkatan waktu hanya 4 menit dari minggu lalu, tetapi jarak tempuhnya cukup meningkat karena sekitar 0,3 km.

Minggu kelima pada 10 Mei 2024 saya sudah merasakan manfaat dari olahraga ini. Saya merasa metabolisme saya lancar, badan saya terasa ringan, dan mood saya bisa terkendali. Pada minggu ke-5 ini saya melakukannya selama 70 menit.

Minggu keenam Sabtu, 18 Mei 2024 pagi hari sebelum jogging saya sempat untuk menimbang berat badan. Dalam 2 bulan terakhir berat badan saya 46 kg dan pagi itu menyentuh 44 kg. Saya senang karena itu adalah berat badan impian saya walaupun angkanya nyaris di bawah BMI. Mungkin pada hari itu adalah jogging ter-enjoy yang saya lakukan selama ini. Saya akhirnya menyentuh jarak 4 km.

Minggu ketujuh Jumat, 24 Mei 2024 saya pagi itu merasa cukup berat saat akan melakukan jogging, tetapi saya berfikir jika hari itu saya tidak memaksakan diri untuk bergerak maka besok saya akan begitu lagi. Akhirnya pagi itu saya melakukan cardio dan sore hari saya baru melakukan jogging.

Minggu ke delapan, Minggu 2 Juni 2024 saya kembali melakukan jogging. Jogging kali ini saya lakukan saat saya sedang berlibur ke rumah nenek saya. Beberapa keluarga saya cukup heran mendengar saya berpamitan ingin melakukan jogging. Saya merasa cukup puas karena jogging kali ini saya berhasil mencapai 5 km.

Minggu ke sembilan, Sabtu 8 Juni 2024 saya kembali melakukan jogging di pagi hari dan sore hari saya bersepeda mengelilingi desa sambil melihat sawah-sawah. Pada minggu ini saya merasa ini adalah jogging terlama saya, mungkin karena saya ditemani oleh beberapa teman sehingga tidak terasa saya melakukan jogging selama 90 menit.

Selama sembilan minggu melakukan tantangan ini, saya merasa sangat puas dan senang dengan hasil keseluruhannya. Saya berharap saya bisa selalu konsisten melakukan olahraga sebagai investasi untuk kehidupan saya kedepannya.

 

Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Waktu

62

65

64

68

70

72

76

80

90

Jarak

3,4

3,5

3,4

3,7

3,9

4,1

4,5

5

5,7





 

0 komentar:

Posting Komentar