Senin, 08 Juli 2024

Esai 6 Psikologi Inovasi : Melakukan Perubahan Diri Pascalin Sari asih (21310410192)

 

Esai 6 Psikologi Inovasi: Lakukan Perubahan Diri

Pascalin Sari Asih (21310410192)

 

Esai 6 Psikologi Inovasi: Lakukan Perubahan Diri

JADI LEBIH BAIK MULAI DARI DIRI SENDIRI


Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Seiring bertambahnya usia, pengalaman dan persoalan yang sudah kita lalui harusnya bisa menjadi sebuah pembelajaran. Buat kamu yang merasa belum berubah bukankah harus segera kalian pikirkan. Perubahan yang kamu lakukan pasti adalah hal baik bukan ? Perubahan kecil juga punya dampak yang baik buat hidup kamu, asalkan konsisten. Keenganan untuk berubah karena kurangnya motivasi dalam diri, kurangnya kewaspadaan tentang perubahan karena keterbatasan seseorang dalam melakukan presepsi. Jangan bandingkan dengan orang lain dan buatlah standar sendiri, fokus pada perubahan diri jangan melihat orang lain ketahui batasan sendiri karena ketidakfokusan akan akan menganggu konsentrasi dan konsistenitas kita

Perubahan diri akan membawa kita ke arah yang lebih baik dengan cara konsisten.  Memulai sesuatu lebih mudah jika dari diri sendiri, contohnya kamu mau membiasakan olahraga setiap hari, sehari dua hari masih semangat, selanjutnya ? Malas? Pasti semangat mulai loyo, motivasi diet tapi pengen makan enak dan gak olahraga, Konsisten itu memang sulit, cara menjalaninya adalah dengan mengingat kembali tujuan kamu di awal, apa yang mau kamu capai. Hadapi setiap rintangan yang ada jangan malah menghindar dan menyerah begitu saja.

Tapi yang perlu di ingat adalah perubahan diri tidak harus memaksa, jangan langsung mendorong pada batas kemampuan perlahan, tekuni dan terus konsisten. Pilih olahraga yang masuk akal yang bermanfaat bagi diri kita dan bisa diukur sesuai kemampuan kita. Sebagai contoh, saya berolahraga disela kesibukan saya ketika bekerja, ditempat saya bekerja ada tangga dengan jumlah 29 anak tangga. Saya berolahraga dengan naik turun tangga setiap hari secara konsisten bahkan ketika tidak ada keperluan saat senggang saya akan melewati tangga tersebut. Saya memulai kegiatan ini pada 15 maret 2024 sampai bulan mei kurang lebih selama 8 minggu, hal ini berefek pada stamina, kekuatan kaki dan berat badan turun 3 kg dari bb 68 kg menjadi 65 kg.

Berikut tabel perubahan diri yang saya lakukan

 

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

8

8

8

8

8

8

8

8

J

22

19

15

24

18

20

35

40

Keterangan :

M : Minggu

W : Waktu dalam jam



J : Jumlah, berapa kali dalam sehari naik turun tangga

0 komentar:

Posting Komentar