Rabu, 03 Juli 2024

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Edukasi Kesehatan Mental - di ‘’Omah Ngaji‘’

Dosen Pengampu :

Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA.


Disusun oleh :

1. Ramlah Asiyah Ikramalina / 22310410178

2. Maria Laras Wati Candra Sari / 22310410188

3. Ibnu Abdul Aziz / 22310410165

4. Asna Khoirunisa / 22310410153


Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2024


Resep untuk Sebuah Persahabatan: Meningkatkan Kesadaran Mental pada Anak-Anak di Omah Ngaji

Panti Asuhan Omah Ngaji adalah sebuah tempat yang kaya dengan suasana hangat dan ramah. Namun, sebagai salah satu institusi yang berfokus pada pendidikan dan kesejahteraan anak-anak, penting untuk memastikan bahwa anak-anak yang berada di sini memiliki kesadaran mental yang seimbang dan kuat. Dalam kehidupan sehari-hari, persahabatan merupakan komponen yang sangat penting bagi anak-anak. Persahabatan dapat membantu meningkatkan kesadaran mental, meningkatkan kepercayaan diri, dan membantu anak-anak menjadi lebih fleksibel dalam menghadapi tantangan. Persahabatan adalah kunci untuk membangun kesadaran mental yang seimbang. Dalam artikel ini, kita akan berbagi resep untuk sebuah persahabatan yang seimbang dan harmonis.

Pada hari Minggu, 16 Juni 2024, kami yang merupakan tim mahasiswa kampus UP 45, memilih Panti Asuhan Omah Ngaji yang berlokasi di Jl. Sunten No.RT 08/32, Sorowajan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai salah satu lokasi kunjungan. Kunjungan dimulai dengan perkenalan tim mahasiswa dengan anak-anak dan staf Panti Asuhan Omah Ngaji. Setelah itu, kami memaparkan materi tentang "Resep untuk sebuah persahabatan", dengan faktor pembahasan yang berfokus pada pentingnya komunikasi efektif, kesadaran diri, kepercayaan diri, kepercayaan antar teman, kebaikan, sikap empati, berbagi, pemaaf, saling mendukung satu sama lain, menerima, setia, dan bagaimana cara menghandle konflik. Kami juga memaparkan bahwa resep persahabatan juga merupakan perpaduan bahan-bahan yang jika dicampurkan akan menghasilkan sebuah masakan yang tidak hanya nikmat tetapi juga menyehatkan jiwa, sama seperti resep. Resep yang baik adalah resep yang membutuhkan keseimbangan bahan-bahan yang tepat, persahabatan yang kuat, juga membutuhkan keseimbangan elemen yang tepat agar bisa berkembang. Kesadaran diri juga menjadi unsur penting lainnya dalam resep persahabatan. Ketika kita menyadari pikiran, perasaan, dan tindakan kita sendiri, kita lebih siap untuk memahami dan menghargai pikiran, perasaan, dan tindakan orang lain. Kesadaran diri membantu kita menjadi lebih berempati dan penuh kasih sayang, yang merupakan kualitas penting dalam hubungan yang bermakna. Dan bersama dengan hadirnya kurang lebih 25 anak, tim kami bertujuan untuk berbagi ilmu dan keterampilan dengan mereka di bidang tersebut.

Pada penghujung acara, kami mengajak anak-anak untuk menonton film kartun dengan tema “sahabat” sebagai contoh konkrit menuju persahabatan yang positif, dan saling membantu. Anak-anak Panti Asuhan Omah Ngaji sangat antusias dan aktif dalam mengikuti materi yang dibagikan. Mereka juga berpartisipasi dalam kegiatan, dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim mahasiswa, sehingga terciptalah komunikasi efektif. 

Pada hakikatnya, persahabatan sangat penting bagi perkembangan anak-anak di Panti Asuhan Omah Ngaji, yang memiliki minim kepercayaan. Dengan menerapkan resep-resep di atas, kita dapat meningkatkan kesadaran mental pada anak-anak. Oleh karena itu, mari kita ambil bagian aktif dalam membangun persahabatan yang seimbang. 


0 komentar:

Posting Komentar