Senin, 01 Juli 2024

Essay 6 Psikologi Inovasi : Melakukan Perubahan Diri - Afizain Azidzaki Naufal - 21310410186 - SJ

 

Melakukan Perubahan Diri

Psikologi Inovasi Essay 6 Perubahan Diri Secara Positif

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 




 

Afizain Azidzaki Naufal

21310410186

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

2024

 

 

Renang adalah olahraga yang tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga memberikan relaksasi bagi pikiran. Selama sembilan minggu terakhir, saya berkomitmen untuk berenang setiap hari Sabtu atau Minggu selama satu jam. Tujuan saya adalah untuk meningkatkan keterampilan renang, terutama dalam gaya dada, gaya katak, dan teknik pernapasan. Setiap minggu, saya melakukan variasi latihan untuk memastikan seluruh aspek renang dapat diasah dengan baik.

Minggu 1-3: Memulai Perjalanan

Pada tiga minggu pertama, fokus utama saya adalah menguasai dasar-dasar setiap gaya renang. Minggu pertama saya mulai dengan gaya dada. Saya berlatih gerakan dasar, memastikan posisi tubuh yang benar dan ritme pernapasan yang tepat. Di minggu kedua, saya beralih ke gaya katak. Awalnya cukup sulit, terutama koordinasi gerakan kaki dan tangan. Minggu ketiga saya fokus pada teknik pernapasan. Saya berlatih menahan napas lebih lama dan mengatur ritme pernapasan saat berenang.

Minggu 4-6: Peningkatan Teknik dan Ketahanan

Memasuki minggu keempat hingga keenam, saya mulai melihat peningkatan yang signifikan dalam teknik dan ketahanan saya. Gaya dada menjadi lebih efisien, gerakan kaki dan tangan lebih sinkron. Di gaya katak, saya mulai merasa lebih nyaman dan bisa berenang lebih jauh tanpa merasa cepat lelah. Latihan pernapasan membantu saya mengatur napas dengan lebih baik, memungkinkan saya berenang lebih lama tanpa kehabisan napas.

Minggu 7-9: Mengasah Keterampilan dan Menantang Diri

Pada tiga minggu terakhir, saya mulai menggabungkan semua teknik yang telah dipelajari. Saya membuat variasi latihan, seperti berenang dengan interval, untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan. Gaya dada dan katak semakin halus, dan teknik pernapasan saya sudah sangat baik. Saya juga menambahkan beberapa latihan kekuatan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot yang digunakan saat berenang.


Data Tabel dan Grafik Progres Renang Saya Selama 9 Minggu

Minggu

Gaya Renang yang Dilatih

Fokus Latihan

Peningkatan yang Terjadi

1

Dada

Posisi tubuh, pernapasan

Memahami dasar-dasar gaya dada

2

Katak

Koordinasi gerakan

Peningkatan koordinasi kaki dan tangan

3

Pernapasan

Ritme pernapasan

Mengatur pernapasan dengan lebih baik

4

Dada

Sinkronisasi gerakan

Gerakan lebih efisien dan sinkron

5

Katak

Ketahanan

Bisa berenang lebih jauh tanpa lelah

6

Pernapasan

Ketahanan pernapasan

Meningkatkan durasi menahan napas

7

Dada, Katak

Interval training

Peningkatan kecepatan dan daya tahan

8

Dada, Katak

Kombinasi teknik

Teknik semakin halus dan efisien

9

Dada, Katak, Pernapasan

Latihan kekuatan

Kekuatan otot meningkat, pernapasan stabil

 


0 komentar:

Posting Komentar